Langsung ke konten utama

Kegiatan Teras Literasi dimasa PPKM

 

Anak TL Menulis Kitir Cerita Sebelum Kegiatan di Mulai

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah sudah resmi menetapkan pemberlakukan PPKM atau PPKM darurat sejak 3 Juli sampai 20 Juli 2021. PPKM adalah singkatan dari Perberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat. PPKM diberlakukan untuk membendung laju kenaikan angka positif virus corona atau Covid-19. Awalnya, PPKM diberlakukan di wilayah Jawa dan Bali

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "PPKM Adalah Singkatan dari Perberlakukan Pembatasan Kegiatan", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2021/07/10/092118826/ppkm-adalah-singkatan-dari-perberlakukan-pembatasan-kegiatan. Penulis: Muhammad Idris

Editor. 

Diminggu kedua masa PPKM tepatnya dihari Minggu 10 Juli 2021 ini kegiatan rutin di Teras Literasi tetap dilaksanakan dengan tetap menerapkan protocol kesehatan yang berlaku di Tegal Literasi. Ada enam belas anak-anak Teras Literasi yang hadir pada kegiatan hari ini dan semua anak yang hadir mengunakan masker baik yang bawa dari rumah maupun dikasih oleh crew Teras Literasi. . Untuk tema kegiatan hari ini adalah “Membaca dan menceritakan kembali apa yang telah dibacanya”, Seperti biasa kegiatan hari ini dimulai dengan membaca surat surat Al-fatihah dan yel-yel Teras Literasi secara bersama-sama. Sebelum berkegiatan “Membaca dan menceritakan kembali apa yang telah dibacanya” semua anak-anak Teras Literasi yang hadir menulis cerita bebas dikitir cerita yang telah disiapkan oleh crew Teras literasi dan diikuti oleh 15 anak Teras Literasi.


Adapun tujuan dari kegiatan “Membaca dan menceritakan kembali apa yang telah dibacanya” adalah membiasakan anak-anak Teras Literasi untuk gemar membaca sekaligus melatih anak-anak Teras literasi untuk mengingat apa yang telah dibacanya. Karena hanya dengan membaca anak-anak Teras Literasi akan bisa menceritakan kembali apa yang telah dibacanya. Adapun bahan yang dibacanya bebas dari buku cerita koleksi perpustakaan IQRO’ dengan judul cerita yang tidak ada ketentuan atau bebas. Setelah hampir sepuluh menit anak-anak Teras literasi diberikan kesempatan untuk membaca dan mengingat Kembali apa yang telah dibacanya, kemudian secara bergiliran anak-anak Teras Literasi diberikan kesempatan untuk menceritakan kembali apa yang telah dibacanya. Tidak hanya anak-anak Teras Literasi saja yang membaca dan menceritakan Kembali apa yang telah dibacanya Pakdhe Eko dan Budhe Yanti juga melakukan hal yang sama.


Seperi hari Minggu kemarin (4 Juli 2021) kegiatan di Teras Litarsi hari diakhiri lebih awal yang mestinya berkegiatan selama dua jam hari kegiatan Teras Literasi hanya dilakukan selama satu jam. Sebelum kegiatan ini diakhiri Pakdhe Eko memberikan satu ice breaking mana semangatmu dan bagikan semangatmu. Kalau Pakdhe Eko bilang mana semangatmu maka anak-anak Teras Literasi akan bilang INI sambil sambil mengarahkan telapak dua tangan kedada, berikutnya kalau Pakdhe Eko bilang bagikan semangatmu maka anak-anak Teras Literasi akan membagikan semangatnya dengan bilang NYOH sambil mengarahkan dua telapak tangan kedepan dan ini dilakukan oleh Pakdhe Eko secara berulang-ulang dengan penuh semangat.

Seperti biasa kegiatan hari ini diakhiri dengan membaca bacaan Hamdalah bersama-sama, foto dan pembuatan video secara bersama-sama dengan menikmati cilok Pawon yang mempunyai saos khas Pawon yang tidak ada dua enaknya. Semoga kegiatan hari ini mnjadikan manfaat bagi anak-anak Teras Literasi kedepannya. Aamiin

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lepas rindu crew TL

  Kau Datang Dalam Aksi MSIB #4 M asa S ejenak I de B ersama Kata orang kita  G I L A, kita memang G I L A G iat I de L anjut A ksi Selalu ada dimanapun dan untuk siapapun Saat itu ada informasi untukku Ku terima ada koordinasi dulu Namun aku bingung kenapa ke aku Apa karena ada ikatan atau hanya kebetulan Ya .. aku yang saat ini bisa membantu mu Aku, Kau, dan Kita bisa menyatu Walau kau berasal dari daerah jauh   Aku hanya mendengar dan tak tau tentangmu Dunia baru yang hadirkan sebuah rasa bagiku Begitu ceria dan penuh warna Hingga pahitnya terbang entah kemana Siapa kau dan kau sebenarnya Pikirku terus menerka-nerka Akhirnya aku tahu dari perkenalanmu Waktuku habis bersamamu Tapi lama baru ku tahu Ada cerita ada gembira ada haru Ada gaya ada pesona ada lemah Ada gerak ada proses ada lambat Ada respon ada tanggap ada acuh Semua ada sebagai bumbu bersama Beberapa bulan kau dan aku alami itu Memantapkan asa untuk satu tujuan  Meski ku tahu keras kepalamu itu Tak pernah rendahkan ego

Meong Literasi di pisah kenang MSIB#4

  Aksi asik malam ini crew TL berkunjung ke acara pelepasan mahasiswa magang MSIB #4 RBA_Kampus Merdeka Kemenristek bertempat di obyek wisata Wonosari kebun teh Lawang. Tepat jam 16.30 wib crew TL Sampai dilokasi,melihat semua mahasiswa magang Independen Bersertifikat sedang berkegiatan kolaborasi dengan penempatan daerah lain di Aula wisata. Crew TL menunggu sambil menikmati pemandangan kebun teh Wonosari Lawang hingga jam istirahat isoma, crew TL hampiri lagi crew TL MSIB#4 kami bangun  refleksi cerita kebersamaan, ada senyum sipu,tawa dan canda dan ada tangis melepas perpisahan dengan peluk sayang dari Crew TL terutama dengan pakdhe Eko dan budhe Yanti. Surprise dari crew TL buket meong tersampaikan pada setiap crew TL MSIB4, sorak tawa haru menerimanya, oooo Kiki kata kak Yayang ,nama kucing kesayangan yang akan ikut serta ke daerah asalnya. Buket meong telah disiapkan oleh Crew TL dalam waktu sehari membuat enam buket meong, hasil praktik nyata dari pelatihan yang diikuti Minggu l

Diferensiasi di Ujian Praktek Relicmandaya

  Pembelajaran diferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar individu, termasuk kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajar mereka. Pendekatan ini memungkinkan guru untuk menggunakan berbagai metode dan strategi untuk memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda di antara siswa.  Terdapat tiga jenis diferensiasi yang dapat diterapkan, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk,  di SMPN 27 Malang  selama empat hari mulai tanggal 29 Januari hingga 1 Febuari 2024 telah dilaksanakan ujian praktek kelas 9 dengan Pendekatan diferensiasi, ini bertujuan untuk menciptakan kesetaraan dalam pembelajaran dan memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan untuk berkembang sesuai dengan potensinya Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat digunakan antara lain 1. Diferensiasi konten: menyediakan materi dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. 2. Diferensiasi proses: tekanan pada bagaimana si