Langsung ke konten utama

Literasi origami


Kegiatan rutin TL hari ini Minggu 13 Juni 2021di Tegal Literasi dengan materi literasi origami dengan dengan tutor pemateri kakak-kakak mahasiswi dari universitas Negeri Malang semester Iima yang kebetulan mengambil data untuk penyusunan skripsi di teras literasi. Kegiatan literasi origami hari ini sendiri dihadiri sekitar empat puluh anak Teras Literasi, tiga kakak-kakak mahasiswi dan  empat crew  Teras Literasi. Seperti biasa kegiatan hari ini dibuka oleh Pakhe Eko dilanjutkan dengan membaca surat Al fatihah bersama-sama tidak lupa yel-yel anak Teras Literasi. 


Setelah pembukaan kegiatan dilanjutkan oleh kakak-kakak mahasiswi dengan membagi anak-anak Teras Literasi menjadi dua kelompok yaitu kelompok laki-laki dan kelompok wanita dan masing-masing kelompok ada satu kakak mahasiswi sebagai pembimbingnya. Adapun teknik kegiatan hari ini adalah masing-masing anak diberikan satu lembar kertas origami untuk dijadikan burung bangau tentunya dengan bimbingan kakak-kakak mahasiswi. Karena baru pertama kali berkreasi dengan kertas origami untuk membuat satu kreasi burung bagau di butuhkan waktu dan kertas origami yang tidak sedikit. 


Selain berkreasi dengan kertas origami kegiatan anak-anak Teras Literasi hari ini adalah menulis cerita bebas di kitir cerita membaca buku-buku koleksi perpustakaan mini iqro' dan  bermain ditaman yang ada di Tegal Literasi sambil menikmati roti bakar atau robar khas pawon. Disela-sela berkegiatan kakak-kakak mahasiswi menyempatkan diri untuk menuliskan satu dua baris apresiasi kegiatan di Tegal literasi hari ini.



Dari kakak  "Ratna Septya Sundari : kegiatan hari ini untuk membantu anak-anak mengasah konsentrasi dan kreatifitas karena hari ini kita membuat origami berbentuk bangau. Anak-anak hari ini antusias karena pengalaman pertama untuk membuat origami bersama dengan teman-teman." 


Sedangkan kakak "Lituhayu pinasthika : kegiatan kegiatan yang ada disini seru karena adek adek yang variatif. Sangat inovatif dan menginspirasi untuk saya menggiatkan Literasi kepada anak2." 


Untuk kakak "Metta Purnamasari : sangat seru dan keren. Adik-adiknya sangat kreatif dan antusias dalam belajar membuat origami bangau hari ini. Mengisi kegiatan di Teras Literasi sangat seru dan senang bermain bersama anak-anak. Semoga dilain waktu bisa bermain kembali bersama adik-adik Teras Literasi." 


Tepat pukul 10.00 kegiatan Literasi Origami ditegal literasi ini diakhiri, hasil kreasi burung bangau dari kertas origami karya anak-anak Teras Literasi dikumpulkan ke Budhe Yanti sekaligus menerima paket snack dari kakak mahasiswi sebagai tanda terima kasih atas partisipasi anak-anak Teras Literasi yang ikut dalam kegiatan hari ini. Adapun karya anak-anak Teras Literasi nantinya akan digantungkan digarasi bermain Tegal Literasi sebagai hiasan. 

Seperti biasa kegiatan hari ini diakhiri dengan membaca hamdala, yel-yel Teras Literasi, pengambilan foto dan vidio bersama-sama, semoga kegiatan hari ini menjadikan manfaat untuk perkembangan anak-anak Teras Literasi kedepannya. Aamiin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lepas rindu crew TL

  Kau Datang Dalam Aksi MSIB #4 M asa S ejenak I de B ersama Kata orang kita  G I L A, kita memang G I L A G iat I de L anjut A ksi Selalu ada dimanapun dan untuk siapapun Saat itu ada informasi untukku Ku terima ada koordinasi dulu Namun aku bingung kenapa ke aku Apa karena ada ikatan atau hanya kebetulan Ya .. aku yang saat ini bisa membantu mu Aku, Kau, dan Kita bisa menyatu Walau kau berasal dari daerah jauh   Aku hanya mendengar dan tak tau tentangmu Dunia baru yang hadirkan sebuah rasa bagiku Begitu ceria dan penuh warna Hingga pahitnya terbang entah kemana Siapa kau dan kau sebenarnya Pikirku terus menerka-nerka Akhirnya aku tahu dari perkenalanmu Waktuku habis bersamamu Tapi lama baru ku tahu Ada cerita ada gembira ada haru Ada gaya ada pesona ada lemah Ada gerak ada proses ada lambat Ada respon ada tanggap ada acuh Semua ada sebagai bumbu bersama Beberapa bulan kau dan aku alami itu Memantapkan asa untuk satu tujuan  Meski ku tahu keras kepalamu itu Tak pernah rendahkan ego

Meong Literasi di pisah kenang MSIB#4

  Aksi asik malam ini crew TL berkunjung ke acara pelepasan mahasiswa magang MSIB #4 RBA_Kampus Merdeka Kemenristek bertempat di obyek wisata Wonosari kebun teh Lawang. Tepat jam 16.30 wib crew TL Sampai dilokasi,melihat semua mahasiswa magang Independen Bersertifikat sedang berkegiatan kolaborasi dengan penempatan daerah lain di Aula wisata. Crew TL menunggu sambil menikmati pemandangan kebun teh Wonosari Lawang hingga jam istirahat isoma, crew TL hampiri lagi crew TL MSIB#4 kami bangun  refleksi cerita kebersamaan, ada senyum sipu,tawa dan canda dan ada tangis melepas perpisahan dengan peluk sayang dari Crew TL terutama dengan pakdhe Eko dan budhe Yanti. Surprise dari crew TL buket meong tersampaikan pada setiap crew TL MSIB4, sorak tawa haru menerimanya, oooo Kiki kata kak Yayang ,nama kucing kesayangan yang akan ikut serta ke daerah asalnya. Buket meong telah disiapkan oleh Crew TL dalam waktu sehari membuat enam buket meong, hasil praktik nyata dari pelatihan yang diikuti Minggu l

Diferensiasi di Ujian Praktek Relicmandaya

  Pembelajaran diferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar individu, termasuk kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajar mereka. Pendekatan ini memungkinkan guru untuk menggunakan berbagai metode dan strategi untuk memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda di antara siswa.  Terdapat tiga jenis diferensiasi yang dapat diterapkan, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk,  di SMPN 27 Malang  selama empat hari mulai tanggal 29 Januari hingga 1 Febuari 2024 telah dilaksanakan ujian praktek kelas 9 dengan Pendekatan diferensiasi, ini bertujuan untuk menciptakan kesetaraan dalam pembelajaran dan memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan untuk berkembang sesuai dengan potensinya Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat digunakan antara lain 1. Diferensiasi konten: menyediakan materi dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. 2. Diferensiasi proses: tekanan pada bagaimana si