Langsung ke konten utama

Literasi origami


Kegiatan rutin TL hari ini Minggu 13 Juni 2021di Tegal Literasi dengan materi literasi origami dengan dengan tutor pemateri kakak-kakak mahasiswi dari universitas Negeri Malang semester Iima yang kebetulan mengambil data untuk penyusunan skripsi di teras literasi. Kegiatan literasi origami hari ini sendiri dihadiri sekitar empat puluh anak Teras Literasi, tiga kakak-kakak mahasiswi dan  empat crew  Teras Literasi. Seperti biasa kegiatan hari ini dibuka oleh Pakhe Eko dilanjutkan dengan membaca surat Al fatihah bersama-sama tidak lupa yel-yel anak Teras Literasi. 


Setelah pembukaan kegiatan dilanjutkan oleh kakak-kakak mahasiswi dengan membagi anak-anak Teras Literasi menjadi dua kelompok yaitu kelompok laki-laki dan kelompok wanita dan masing-masing kelompok ada satu kakak mahasiswi sebagai pembimbingnya. Adapun teknik kegiatan hari ini adalah masing-masing anak diberikan satu lembar kertas origami untuk dijadikan burung bangau tentunya dengan bimbingan kakak-kakak mahasiswi. Karena baru pertama kali berkreasi dengan kertas origami untuk membuat satu kreasi burung bagau di butuhkan waktu dan kertas origami yang tidak sedikit. 


Selain berkreasi dengan kertas origami kegiatan anak-anak Teras Literasi hari ini adalah menulis cerita bebas di kitir cerita membaca buku-buku koleksi perpustakaan mini iqro' dan  bermain ditaman yang ada di Tegal Literasi sambil menikmati roti bakar atau robar khas pawon. Disela-sela berkegiatan kakak-kakak mahasiswi menyempatkan diri untuk menuliskan satu dua baris apresiasi kegiatan di Tegal literasi hari ini.



Dari kakak  "Ratna Septya Sundari : kegiatan hari ini untuk membantu anak-anak mengasah konsentrasi dan kreatifitas karena hari ini kita membuat origami berbentuk bangau. Anak-anak hari ini antusias karena pengalaman pertama untuk membuat origami bersama dengan teman-teman." 


Sedangkan kakak "Lituhayu pinasthika : kegiatan kegiatan yang ada disini seru karena adek adek yang variatif. Sangat inovatif dan menginspirasi untuk saya menggiatkan Literasi kepada anak2." 


Untuk kakak "Metta Purnamasari : sangat seru dan keren. Adik-adiknya sangat kreatif dan antusias dalam belajar membuat origami bangau hari ini. Mengisi kegiatan di Teras Literasi sangat seru dan senang bermain bersama anak-anak. Semoga dilain waktu bisa bermain kembali bersama adik-adik Teras Literasi." 


Tepat pukul 10.00 kegiatan Literasi Origami ditegal literasi ini diakhiri, hasil kreasi burung bangau dari kertas origami karya anak-anak Teras Literasi dikumpulkan ke Budhe Yanti sekaligus menerima paket snack dari kakak mahasiswi sebagai tanda terima kasih atas partisipasi anak-anak Teras Literasi yang ikut dalam kegiatan hari ini. Adapun karya anak-anak Teras Literasi nantinya akan digantungkan digarasi bermain Tegal Literasi sebagai hiasan. 

Seperti biasa kegiatan hari ini diakhiri dengan membaca hamdala, yel-yel Teras Literasi, pengambilan foto dan vidio bersama-sama, semoga kegiatan hari ini menjadikan manfaat untuk perkembangan anak-anak Teras Literasi kedepannya. Aamiin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diferensiasi di Ujian Praktek Relicmandaya

  Pembelajaran diferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar individu, termasuk kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajar mereka. Pendekatan ini memungkinkan guru untuk menggunakan berbagai metode dan strategi untuk memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda di antara siswa.  Terdapat tiga jenis diferensiasi yang dapat diterapkan, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk,  di SMPN 27 Malang  selama empat hari mulai tanggal 29 Januari hingga 1 Febuari 2024 telah dilaksanakan ujian praktek kelas 9 dengan Pendekatan diferensiasi, ini bertujuan untuk menciptakan kesetaraan dalam pembelajaran dan memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan untuk berkembang sesuai dengan potensinya Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat digunakan antara lain 1. Diferensiasi konten: menyediakan materi dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. 2. Diferensiasi proses: tekana...

LATSOL IPS VIII BAB III

  BAB III KEUNGGULAN DAN KETERBATASAN ANTARARUANGPENGARUHNYA TERHADAP KEGIATAN EKONOMI,SOSIAL,BUDAYA DI INDONESIA DAN ASEAN 3.3. Menganalisis keunggulan   dan keterbatasan ruang dalam permintaan  dan penawaran, teknologi sertapengaruhnya terhadap interaksi antar ruang bagi kegiatan ekonomi, sosial, budaya, di Indonesia dan negara-negara ASEAN. JAWABLAH DENGAN TEPAT DAN BENAR  ( silakan jawab di kolom komentar, beri nama, kelas dan no absensi ) 1.    Daerah berikut yang memiliki keunggulan komparatif pada barang-barang industri adalah .... A. Sumatera B. Jawa C. Kalimantan D. Papua   2.    Tingkat permintaan barang dan jasa masyarakat di pedesaan cenderung lebih sedikit dibandingkan dengan masyarakat di perkotaan. Cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan permintaan masyarakat pedesaan terhadap barang dan jasa adalah .... A. mengirimkan tenaga penyuluh dalam upaya meningkatkan hasil pertanian B. memberikan bantuan langsung ...

Mengapa Ada TL

  Mengapa ada taman bacaan masyarakat? Taman Bacaan Masyarakat (TBM) sebagai sumber informasi sangat berperan penting dalam menciptakan masyarakat yang literasi karena berfungsi sebagai sumber informasi ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan menunjang pelaksanaan pembangunan nasional dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Mengapa ada TBM Teras Tegal Literasi? TBM ( taman bacaan masyarakat ) Teras Tegal Literasi bisa dikategorikan sebagai perpustakaan masyarakat karena sasaran utamanya adalah warga masyarakat,  TBM TL hadir sebagai tempat baca yang asik untuk rekreasi tipis-tipis,mengapa? Yaa...karena  dengan suasana yang sederhana dan lebih fleksibel,TBM  Teras Literasi ( TL ) terbuka bagi siapa saja yang mau memanfaatkannya. TBM  TL didesain layaknya taman yang sarat dengan kehangatan susasana keluarga yang berada di lingkup perumahan dikelilingi perkampungan yang asri. Sehingga yang didapatkan oleh orang yang berku...