Langsung ke konten utama

Bincang Santai Literasi Lintas Propinsi






 Deringan bunyi telepon hampir dua kali terdengar ,tak tersentu  karena terfokus pada tugas pekerjaan yang harus selesai hari ini. Dua jam pun deringan bunyi telepon terdengar lagi tadi kata teman kerja, ketika memyelesaikan tugas pekerjaan di ruangan yang lain, mungkin ada yg sangat penting?" Terucap teman kerja.
 Ditungguh beberapa menit, terdengar suara bunyi panggilan telepon lagi, seteleh diterima ternyata dari  sahabat literasi TBM RBA Lowokwaru, suara pemudi menayakan kabar hari ini dan menyampaikan maksud  menghubungi TBM TL bila berkenan ada kujungan sharing ilmu literasi dari TBM EVEREGREEN dari propinsi Jambi.
  TBM TL menyambut dengan baik maksud dari TBM.RBA tetapi  awalnya masih menata waktu pertemuan, dikarenakan budhe Yanti yang masih melaksanakan tugas disekolah.
 Alhamdulillah, setelah bisa diatur jadwal pertemuan,sekitar jam 15.00 wib .crew TL bersiap menyiapkan segala sesuatunya. Karena sahabat literasi dari Jambi maka utk menu hidangan menemani bincang santai adalah bakso TL.
   Tepat  jam 15.00 wib tamu sudah datang yang diantar mas Dika dan mbak Fafa dari RBA, waoiii keren ya TL tertata rapi ungkap beliau, TL menyambut serta beliau memperkenalkan diri dan menyampaikan maksud berkunjungnya.
  Kurang lebih satu setengah jam crew TL bersama TBM EVEREGREN saling sharing ilmu literasi. Dimana beliau sangat mengapresiasi semua kegiatan magnet membaca di TL dan paling membuat takjub adalah proses pengumpulan sampah plastik yang sudah menghasilkan karya inovasi perangkat meja kursi dan takjubnya lagi sudah dibuat tuguh literasi .
   Sebuah proses yang  patut diinspirasi ini sesuatu membangun budaya pembiasaan pemanfaatan sampah plastik yang benar benar berbudaya, luarbiasa giat yang ada di TL," ungkap bu Yanti TBM EVEREGREEN ( namanya sama dengan budhe Yanti ).
   Bincang santai hari ini sangat penuh manfaat diantara pegiat literasi, dengan menikmati bakso TL dan yang hari ini bisa sharing ilmu. Sebelum pulang tak lupa mendokumentasikan semua kegiatan TL, seperti  hasil mewarna di mading, karya eco brik, karya daur ulang,karya buku TL  dan media permainan tradisional.
  Sebelum berpamitan berfoto bersama di tuguh literasi. Terimakasih RBA sudah berkenan merefrerensi TBM TL untuk dikunjungi, semogo bincang santai hari ini penuh manfaat bagi bersama dalam mengiatkan literasi di Indonesia.

By Crew TL

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LATSOL IPS VIII BAB III

  BAB III KEUNGGULAN DAN KETERBATASAN ANTARARUANGPENGARUHNYA TERHADAP KEGIATAN EKONOMI,SOSIAL,BUDAYA DI INDONESIA DAN ASEAN 3.3. Menganalisis keunggulan   dan keterbatasan ruang dalam permintaan  dan penawaran, teknologi sertapengaruhnya terhadap interaksi antar ruang bagi kegiatan ekonomi, sosial, budaya, di Indonesia dan negara-negara ASEAN. JAWABLAH DENGAN TEPAT DAN BENAR  ( silakan jawab di kolom komentar, beri nama, kelas dan no absensi ) 1.    Daerah berikut yang memiliki keunggulan komparatif pada barang-barang industri adalah .... A. Sumatera B. Jawa C. Kalimantan D. Papua   2.    Tingkat permintaan barang dan jasa masyarakat di pedesaan cenderung lebih sedikit dibandingkan dengan masyarakat di perkotaan. Cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan permintaan masyarakat pedesaan terhadap barang dan jasa adalah .... A. mengirimkan tenaga penyuluh dalam upaya meningkatkan hasil pertanian B. memberikan bantuan langsung ...

Diferensiasi di Ujian Praktek Relicmandaya

  Pembelajaran diferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar individu, termasuk kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajar mereka. Pendekatan ini memungkinkan guru untuk menggunakan berbagai metode dan strategi untuk memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda di antara siswa.  Terdapat tiga jenis diferensiasi yang dapat diterapkan, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk,  di SMPN 27 Malang  selama empat hari mulai tanggal 29 Januari hingga 1 Febuari 2024 telah dilaksanakan ujian praktek kelas 9 dengan Pendekatan diferensiasi, ini bertujuan untuk menciptakan kesetaraan dalam pembelajaran dan memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan untuk berkembang sesuai dengan potensinya Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat digunakan antara lain 1. Diferensiasi konten: menyediakan materi dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. 2. Diferensiasi proses: tekana...

Mengapa Ada TL

  Mengapa ada taman bacaan masyarakat? Taman Bacaan Masyarakat (TBM) sebagai sumber informasi sangat berperan penting dalam menciptakan masyarakat yang literasi karena berfungsi sebagai sumber informasi ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan menunjang pelaksanaan pembangunan nasional dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Mengapa ada TBM Teras Tegal Literasi? TBM ( taman bacaan masyarakat ) Teras Tegal Literasi bisa dikategorikan sebagai perpustakaan masyarakat karena sasaran utamanya adalah warga masyarakat,  TBM TL hadir sebagai tempat baca yang asik untuk rekreasi tipis-tipis,mengapa? Yaa...karena  dengan suasana yang sederhana dan lebih fleksibel,TBM  Teras Literasi ( TL ) terbuka bagi siapa saja yang mau memanfaatkannya. TBM  TL didesain layaknya taman yang sarat dengan kehangatan susasana keluarga yang berada di lingkup perumahan dikelilingi perkampungan yang asri. Sehingga yang didapatkan oleh orang yang berku...