Langsung ke konten utama

Ngabuburit dengan Kolase

 
 Bermain Kolase

Berbagai Itu Indah

      Kegiatan ini dimulai dengan kegiatan jebol singkong (panen singkong) pada hari Jum'at, 10 Mei 2019 di Tegal Literasi. Pakdhe Eko, Budhe Yanti dan 2 anak TL yang hadir. Selain jebol singkong kegiatan hari ini juga dalam rangka bersih2 Tegal Literasi. Kurang lebih 5 kg singkong yang dipanen, rencananya panen sinkong hari ini digunakan untuk kegiatan TL pada hari Minggu, 12 Mei 2019.
      Hari ini Minggu, 12 Mei 2019 kegiatan TL tidak seperti biasanya kalau hari biasa kegiatan TL dilaksanakan pada pagi hari jam 08.00 s/d 10.00. Selama bulan Ramadhan kegiatan TL dilaksanakan pada sore hari menjelang waktunya berbuka puasa yaitu jam 16.00 s/d 17.00.
      Seperti biasa kegiatan hari ini dimulai dengan menulis kitir cerita. Kegiatan dimulai pukul 16.00 dibuka oleh Pakde Eko di dampingi oleh Budhe Yanti, kakak Fia, adek Inayah, bu RW dan 30 anak TL. Setelah acara pembukaan acara dilanjutkan dengan membaca doa dan yel-yel TL bersama-sama.
       Acara inti kegiatan hari ini adalah kolase (mewarnai gambar dengan menempelkan kertas berwarna). Begitu semangat sekali anak-anak TL mengikuti kegiatan. Ada yang mengunting kertas ada menempel kertas  dan ada juga yang menyanyi sambil teriak-teriak. Di luar dugaan meskipun dibulan puasa tapi semangat anak-anak TL yang hadir tidak berbeda seperti hari-hari biasanya.
      Selain berkegiatan kolase hari ini kegiatan di TL adalah berbagi takjil untuk anak-anak TL dan untuk warga sekitar. Ditengah-tengah kegiatan kolase ada bu Novi (orang tua anak TL) yang memberikan satu dos roti yang berisi 25 buah roti untuk dibagikan juga. Alhamdulillah  ternyata berbagi itu indah.
      Tepat pukul 17.00 kegiatan TL hari ini di akhiri, selesai tidak selesai hasil kolase hari ini harus dikumpulkan. "Aduh belum selesai Pakdhe aduh belum selesai Budhe" komentar dari salah satu anak TL. Acara hari ini ditutup oleh Pakdhe Eko, dengan membaca surat Al-fatihah bersama-sama di pimpin oleh Zainudin salah satu anak TL.
      Setelah acara penutupan acara berikutnya adalah pembagian takjil olahan dari Tegal Literasi (Kolak) dan roti dari orang tua anak TL. Dengan agak berebut anak-anak TL menerima takjil dan roti. Alhamdulillah indahnya berbagi.

By Crew TL

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LATSOL IPS VIII BAB III

  BAB III KEUNGGULAN DAN KETERBATASAN ANTARARUANGPENGARUHNYA TERHADAP KEGIATAN EKONOMI,SOSIAL,BUDAYA DI INDONESIA DAN ASEAN 3.3. Menganalisis keunggulan   dan keterbatasan ruang dalam permintaan  dan penawaran, teknologi sertapengaruhnya terhadap interaksi antar ruang bagi kegiatan ekonomi, sosial, budaya, di Indonesia dan negara-negara ASEAN. JAWABLAH DENGAN TEPAT DAN BENAR  ( silakan jawab di kolom komentar, beri nama, kelas dan no absensi ) 1.    Daerah berikut yang memiliki keunggulan komparatif pada barang-barang industri adalah .... A. Sumatera B. Jawa C. Kalimantan D. Papua   2.    Tingkat permintaan barang dan jasa masyarakat di pedesaan cenderung lebih sedikit dibandingkan dengan masyarakat di perkotaan. Cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan permintaan masyarakat pedesaan terhadap barang dan jasa adalah .... A. mengirimkan tenaga penyuluh dalam upaya meningkatkan hasil pertanian B. memberikan bantuan langsung ...

Diferensiasi di Ujian Praktek Relicmandaya

  Pembelajaran diferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar individu, termasuk kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajar mereka. Pendekatan ini memungkinkan guru untuk menggunakan berbagai metode dan strategi untuk memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda di antara siswa.  Terdapat tiga jenis diferensiasi yang dapat diterapkan, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk,  di SMPN 27 Malang  selama empat hari mulai tanggal 29 Januari hingga 1 Febuari 2024 telah dilaksanakan ujian praktek kelas 9 dengan Pendekatan diferensiasi, ini bertujuan untuk menciptakan kesetaraan dalam pembelajaran dan memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan untuk berkembang sesuai dengan potensinya Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat digunakan antara lain 1. Diferensiasi konten: menyediakan materi dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. 2. Diferensiasi proses: tekana...

Mengapa Ada TL

  Mengapa ada taman bacaan masyarakat? Taman Bacaan Masyarakat (TBM) sebagai sumber informasi sangat berperan penting dalam menciptakan masyarakat yang literasi karena berfungsi sebagai sumber informasi ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan menunjang pelaksanaan pembangunan nasional dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Mengapa ada TBM Teras Tegal Literasi? TBM ( taman bacaan masyarakat ) Teras Tegal Literasi bisa dikategorikan sebagai perpustakaan masyarakat karena sasaran utamanya adalah warga masyarakat,  TBM TL hadir sebagai tempat baca yang asik untuk rekreasi tipis-tipis,mengapa? Yaa...karena  dengan suasana yang sederhana dan lebih fleksibel,TBM  Teras Literasi ( TL ) terbuka bagi siapa saja yang mau memanfaatkannya. TBM  TL didesain layaknya taman yang sarat dengan kehangatan susasana keluarga yang berada di lingkup perumahan dikelilingi perkampungan yang asri. Sehingga yang didapatkan oleh orang yang berku...