Langsung ke konten utama

Pemanfaatan Sampah Plastik

Permainan Melatih Kecerdasan

Ice Breaking Mengenal Bentuk Hewan

Pemanfaatan Sampah Plastik

Foto Bersama Setelah Kegiatan

  Seperti biasa hari ini 31 Maret 2019 kegiatan TL di mulai tepat pukul 08.00, sebelum acara pembukaan anak-anak TL yang hadir terlebih dahulu menulis kitir cerita, mainan ular tangga, dakon dan purcel. Acara utama dibuka oleh Pakdhe Eko yang ditemani oleh Budhe Yanti, kakak Shafiyah dan adik Inayah. Setelah pembukaan acara dilanjutkan dengan pembacaan doa yang di pimpin oleh Sakira. Dia anak yang aktif tanpa disuruh langsung memimpin doa awal belajar. Dilanjutkan menyanyikan lagu  Indonesia raya  3 stanza, lagu TL dan yel-yel TL. 
     Acara berikutnya adalah ice breaking yang di pimpin Budhe Yanti dengan tema mengenal bentuk binatang , bola budhe bilang gajah telapak tangan rapat membentuk lingkaran besar, semut lingkaran kecil, ular kedua tangan kedepan panjang, ulat tangan dikecilkan, begitu seterusnya, ini melatih kecerdasan dan konsentrasi. Dilanjutkan ice breaking yang lain 5 semangat, ini semua TL sydah paham karena sering dilakukan. Budhe Yanti menyarankan bila kita beri aplos anak TL, hal yang dilakukam " tepuk tangan dua kali mengucapakan waoo....SubhanaAllah... luarbiasa... langsung diikuti semua anak TL.
     Acara hari ini pemanfaatan sampah plastik dengan memenjarakan sampah plastik dalam botol plastik atau disebut sebagai ecobrik. Ada yang beda dengan biasanya karena kegiatan ecobrik hari ini akan di tukar dengan kaos TBM TL. Syaratnya jumlah botol ecobrik harus berjumlah 19 botol dengan bobot perbotol minimal 160 gram. Alhamdulillah masing-masing anak hari ini bisa membuat rata-rata 2 sampai 3 botol yang dikerjakan dalam waktu 90 menit. 
      Alhamdulillah pas jam 10.00 acara ecobrik hari ini selesai, begitu antusiasnya dan senangnya anak-anak pada kegiatan ecobrik hari ini. Kegiatan hari ini dihadiri oleh 22 anak TL, Pak Joko dan Pak Nanang. Kegiatan TL hari ini ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Naima, terus pengambilan foto dan vidio pendek yel-yel TL." Anak TL banyak karya, anak TL yes...yes...yes... Semoga kegiatan hari ini menjadikan manfaat bagi anak-anak TL dikemudian hari. Aamiin.


By Crew TL

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LATSOL IPS VIII BAB III

  BAB III KEUNGGULAN DAN KETERBATASAN ANTARARUANGPENGARUHNYA TERHADAP KEGIATAN EKONOMI,SOSIAL,BUDAYA DI INDONESIA DAN ASEAN 3.3. Menganalisis keunggulan   dan keterbatasan ruang dalam permintaan  dan penawaran, teknologi sertapengaruhnya terhadap interaksi antar ruang bagi kegiatan ekonomi, sosial, budaya, di Indonesia dan negara-negara ASEAN. JAWABLAH DENGAN TEPAT DAN BENAR  ( silakan jawab di kolom komentar, beri nama, kelas dan no absensi ) 1.    Daerah berikut yang memiliki keunggulan komparatif pada barang-barang industri adalah .... A. Sumatera B. Jawa C. Kalimantan D. Papua   2.    Tingkat permintaan barang dan jasa masyarakat di pedesaan cenderung lebih sedikit dibandingkan dengan masyarakat di perkotaan. Cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan permintaan masyarakat pedesaan terhadap barang dan jasa adalah .... A. mengirimkan tenaga penyuluh dalam upaya meningkatkan hasil pertanian B. memberikan bantuan langsung ...

Diferensiasi di Ujian Praktek Relicmandaya

  Pembelajaran diferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar individu, termasuk kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajar mereka. Pendekatan ini memungkinkan guru untuk menggunakan berbagai metode dan strategi untuk memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda di antara siswa.  Terdapat tiga jenis diferensiasi yang dapat diterapkan, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk,  di SMPN 27 Malang  selama empat hari mulai tanggal 29 Januari hingga 1 Febuari 2024 telah dilaksanakan ujian praktek kelas 9 dengan Pendekatan diferensiasi, ini bertujuan untuk menciptakan kesetaraan dalam pembelajaran dan memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan untuk berkembang sesuai dengan potensinya Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat digunakan antara lain 1. Diferensiasi konten: menyediakan materi dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. 2. Diferensiasi proses: tekana...

Mengapa Ada TL

  Mengapa ada taman bacaan masyarakat? Taman Bacaan Masyarakat (TBM) sebagai sumber informasi sangat berperan penting dalam menciptakan masyarakat yang literasi karena berfungsi sebagai sumber informasi ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan menunjang pelaksanaan pembangunan nasional dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Mengapa ada TBM Teras Tegal Literasi? TBM ( taman bacaan masyarakat ) Teras Tegal Literasi bisa dikategorikan sebagai perpustakaan masyarakat karena sasaran utamanya adalah warga masyarakat,  TBM TL hadir sebagai tempat baca yang asik untuk rekreasi tipis-tipis,mengapa? Yaa...karena  dengan suasana yang sederhana dan lebih fleksibel,TBM  Teras Literasi ( TL ) terbuka bagi siapa saja yang mau memanfaatkannya. TBM  TL didesain layaknya taman yang sarat dengan kehangatan susasana keluarga yang berada di lingkup perumahan dikelilingi perkampungan yang asri. Sehingga yang didapatkan oleh orang yang berku...