Langsung ke konten utama

Ketika Anak-anak TBM TERAS LITERASI Turun ke TEGAL (Kebun)

 

Berkebun di tegal ( kebun )  adalah suatu yang sudah biasa dilakukan tapi beda dengan Tegal Literasi, ini adalah salah satu program kegiatan yang ada di TBM Teras Literasi, minggu pagi tanggal 9 Desember 2018 TBM Teras Literasi melaunchingkan kegiatan baru “anak TL turun ke Tegal “. Kegiatan ini menambah wawasan dan mengajarkan generasi emas tentang indahnya suatu proses dan bagaimana anak anak TL bisa menghargainya.
   Kegiatan yang melibatkan anak anak dan orang tua warga sekitar Lesanpuro kota Malang ini yang  di fasilitasi oleh TBM Teras Literasi Perum PNS Lesanpuro RT.07 RW.05 kota Malang mempunyai kesan sendiri bagi mereka, saya sangat senang bisa praktek menanam sayuran di Tegal Literasi meski baju kaki tangan saya berlepotan tanah,”kata Edo dengan polosnya sambil celotehnya “ masuk pak Eko”!! yang di ikuti anak anak lain.



  Menanam memang menyenangkan apalagi kalau dilakukan beramai-ramai,ini adalah salah satu kegiatan di TBM Teras Literasi yang sangat menyenangkan dimana tampak suatu proses pembelajaran yang melibatkan anak anak beserta orang tua untuk menumbuhkan kedekatan dan kecintaan pada alam. Ungkap pakdhe Eko pengelola TBM Teras Literasi yang khas dengan kumis tebalnya. Kegiatan anak TL turun ke tegal ini kegiatan yang heboh terlihat muka anak anak yang sumringah, mereka baru keluar langsung berebut benih sayuran dan bergotong royong menata batu bata di tegal. Benih sayuran yang ada disedihkan oleh ibu-ibu PKK RT.07 warga sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan TBM TL ini, anak-anak setiap minggu mendapat ilmu yang bervariasi yang utama anak-anak dapat bersosialisasi dengan teman-temanya, mereka senang dan gembira, ungkap pak Sutopo selaku ketua RT.07 RW.05 Perum PNS Lesanpuro kota Malang.
  Berkebun di tegal literasi ini mengajarkan anak bagaimana tanaman berpindah dari biji ke piring, mereka yang berkebun dari kecil pasti lebih suka sayur dan buah “ kata budhe Yanti juga pengelola TBM Teras Literasi yang selalu murah senyum ini”.
  Diharapkan dengan kegiatan ini akan mendapat manfaat positif, anak-anak yang berkebun  akan menerapkan aktivitas serupa saat mereka dewasa.

Sumber: Crew TBM TL

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diferensiasi di Ujian Praktek Relicmandaya

  Pembelajaran diferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar individu, termasuk kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajar mereka. Pendekatan ini memungkinkan guru untuk menggunakan berbagai metode dan strategi untuk memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda di antara siswa.  Terdapat tiga jenis diferensiasi yang dapat diterapkan, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk,  di SMPN 27 Malang  selama empat hari mulai tanggal 29 Januari hingga 1 Febuari 2024 telah dilaksanakan ujian praktek kelas 9 dengan Pendekatan diferensiasi, ini bertujuan untuk menciptakan kesetaraan dalam pembelajaran dan memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan untuk berkembang sesuai dengan potensinya Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat digunakan antara lain 1. Diferensiasi konten: menyediakan materi dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. 2. Diferensiasi proses: tekana...

LATSOL IPS VIII BAB III

  BAB III KEUNGGULAN DAN KETERBATASAN ANTARARUANGPENGARUHNYA TERHADAP KEGIATAN EKONOMI,SOSIAL,BUDAYA DI INDONESIA DAN ASEAN 3.3. Menganalisis keunggulan   dan keterbatasan ruang dalam permintaan  dan penawaran, teknologi sertapengaruhnya terhadap interaksi antar ruang bagi kegiatan ekonomi, sosial, budaya, di Indonesia dan negara-negara ASEAN. JAWABLAH DENGAN TEPAT DAN BENAR  ( silakan jawab di kolom komentar, beri nama, kelas dan no absensi ) 1.    Daerah berikut yang memiliki keunggulan komparatif pada barang-barang industri adalah .... A. Sumatera B. Jawa C. Kalimantan D. Papua   2.    Tingkat permintaan barang dan jasa masyarakat di pedesaan cenderung lebih sedikit dibandingkan dengan masyarakat di perkotaan. Cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan permintaan masyarakat pedesaan terhadap barang dan jasa adalah .... A. mengirimkan tenaga penyuluh dalam upaya meningkatkan hasil pertanian B. memberikan bantuan langsung ...

Mengapa Ada TL

  Mengapa ada taman bacaan masyarakat? Taman Bacaan Masyarakat (TBM) sebagai sumber informasi sangat berperan penting dalam menciptakan masyarakat yang literasi karena berfungsi sebagai sumber informasi ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan menunjang pelaksanaan pembangunan nasional dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Mengapa ada TBM Teras Tegal Literasi? TBM ( taman bacaan masyarakat ) Teras Tegal Literasi bisa dikategorikan sebagai perpustakaan masyarakat karena sasaran utamanya adalah warga masyarakat,  TBM TL hadir sebagai tempat baca yang asik untuk rekreasi tipis-tipis,mengapa? Yaa...karena  dengan suasana yang sederhana dan lebih fleksibel,TBM  Teras Literasi ( TL ) terbuka bagi siapa saja yang mau memanfaatkannya. TBM  TL didesain layaknya taman yang sarat dengan kehangatan susasana keluarga yang berada di lingkup perumahan dikelilingi perkampungan yang asri. Sehingga yang didapatkan oleh orang yang berku...