Langsung ke konten utama

Literasi menara impian

 


Aksi asik hari ini  literasi menara impian, crew TL sudah mempersiapkan bahan dan peralatan untuk lokakarya.

Sekitar 25 anak mengikuti aksi ini, pagi ini senam banana sebagai awal aksi kegiatan, lanjut doa awal bersama, lagu Profil Pelajaran Pancasila dan lagu semangat belajar Disini Belajar dipandu crew TL.

Setiap anak pastilah mempunyai mimpi untuk mencapainya disana pastilah ada proses, dimasa inilah anak dengan pengawalan orang tua menguatkan pondasi untuk membangun menara mimpi setinggi yang anak mimpikan.

Tentunya setiap anak  pasti memiliki bentuk dan warna yang berbeda untuk mewujudkan mera impiannya. Tapi yang perlu diketahui adalah bahwa tahapan untuk mewujudkannya pasti sama. dari mulai ide, gagasan  perencanaan, pelaksanaan dengan proses yang pasti dilalui dengan lancar ataupun hambatan sampai akhirnya masa dimana anak menikmati hasil jerih payahnya.

Aksi hari ini menara dibangun dari limbah kertas, mereka bentuk sesuai keinginannya, mengawali dari manapun dicoba-coba agar mudah untuk menyelesaikannya.

Ada yang menyelesaikan sendiri ada yang berkelompok, akhirnya dengan proses ketekunan kesabaran jadilah menara mimpi mereka, dengan kreativitas bentuk yang dihasilkan.

Dalam aksi asik hari ini ada satu kata dari Crew TL yang disampaikan, "semangat" dalam menara impian jangan ada kata menyerah jangan ada sia siakan dalam menjalani di kehidupan ini, lalui proses indah akan merahi hasil gemilang, selamat jumpa dipuncak menara impian.

'merana ini melambangkan langkah+langkahku untuk menggapai cita-citaku"

"menara ini adalah lambang ke tekunan dan kesabaranku untuk mendapatkan apa yang kuimpikan"

"hari ini aku senang bisa membuat menara impian bersama temanku,ternyata kerja bersama bisa menyelesaikan menara teras literasi "

"kan kubuat menara ini dirumah dengan bahan dari kayu agar tidak muda roboh"

"Kubuat merana setinggi tingginya melebihi punya temanku, looo tak bisa berdiri, ternyata hasil baik itu tidak harus tinggi tetapi harus benar-benar kokoh didasarnya sebagai pondasi awal"

Itulah cerita  anak-anak tentang membangun menara impiannya.

Semoga aksi asik hari ini mengguatkan semua anak agar terus bergerak belajar bermakna berdampak berkelanjutan merdeka belajar merdeka mengajar.


SW25-6-2023




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diferensiasi di Ujian Praktek Relicmandaya

  Pembelajaran diferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar individu, termasuk kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajar mereka. Pendekatan ini memungkinkan guru untuk menggunakan berbagai metode dan strategi untuk memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda di antara siswa.  Terdapat tiga jenis diferensiasi yang dapat diterapkan, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk,  di SMPN 27 Malang  selama empat hari mulai tanggal 29 Januari hingga 1 Febuari 2024 telah dilaksanakan ujian praktek kelas 9 dengan Pendekatan diferensiasi, ini bertujuan untuk menciptakan kesetaraan dalam pembelajaran dan memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan untuk berkembang sesuai dengan potensinya Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat digunakan antara lain 1. Diferensiasi konten: menyediakan materi dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. 2. Diferensiasi proses: tekana...

LATSOL IPS VIII BAB III

  BAB III KEUNGGULAN DAN KETERBATASAN ANTARARUANGPENGARUHNYA TERHADAP KEGIATAN EKONOMI,SOSIAL,BUDAYA DI INDONESIA DAN ASEAN 3.3. Menganalisis keunggulan   dan keterbatasan ruang dalam permintaan  dan penawaran, teknologi sertapengaruhnya terhadap interaksi antar ruang bagi kegiatan ekonomi, sosial, budaya, di Indonesia dan negara-negara ASEAN. JAWABLAH DENGAN TEPAT DAN BENAR  ( silakan jawab di kolom komentar, beri nama, kelas dan no absensi ) 1.    Daerah berikut yang memiliki keunggulan komparatif pada barang-barang industri adalah .... A. Sumatera B. Jawa C. Kalimantan D. Papua   2.    Tingkat permintaan barang dan jasa masyarakat di pedesaan cenderung lebih sedikit dibandingkan dengan masyarakat di perkotaan. Cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan permintaan masyarakat pedesaan terhadap barang dan jasa adalah .... A. mengirimkan tenaga penyuluh dalam upaya meningkatkan hasil pertanian B. memberikan bantuan langsung ...

Mengapa Ada TL

  Mengapa ada taman bacaan masyarakat? Taman Bacaan Masyarakat (TBM) sebagai sumber informasi sangat berperan penting dalam menciptakan masyarakat yang literasi karena berfungsi sebagai sumber informasi ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan menunjang pelaksanaan pembangunan nasional dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Mengapa ada TBM Teras Tegal Literasi? TBM ( taman bacaan masyarakat ) Teras Tegal Literasi bisa dikategorikan sebagai perpustakaan masyarakat karena sasaran utamanya adalah warga masyarakat,  TBM TL hadir sebagai tempat baca yang asik untuk rekreasi tipis-tipis,mengapa? Yaa...karena  dengan suasana yang sederhana dan lebih fleksibel,TBM  Teras Literasi ( TL ) terbuka bagi siapa saja yang mau memanfaatkannya. TBM  TL didesain layaknya taman yang sarat dengan kehangatan susasana keluarga yang berada di lingkup perumahan dikelilingi perkampungan yang asri. Sehingga yang didapatkan oleh orang yang berku...