Langsung ke konten utama

Memilih diamati dicatat terus dinikmati

 Memilih diamati dicatat terus dinikmati. 

Pakdhe Eko memberi penjelasan
Ice breaking  Tiba-tiba

Hari ini Minggu 17 Oktober 2021 kegiatan Teras Literasi seperti biasa dilakukan di Tegal Literasi, kegiatan pagi hari ini dimulai dengan menulis absen kehadiran dan membaca buku cerita koleksi dari keranjang Tegal Literasi. Tema kegiatan pagi hari ini adalah apa yang dilihat diamati dicatat terus dinikmati oleh anak Teras Literasi. 

Seperti biasa kegiatan Teras Literasi hari ini dibuka oleh Pakdhe Eko dengan membaca surat Al-fatihah, yel-yel Teras Literasi bersama-sama dan ice breaking mengunakan kata "tiba-tiba". Apa itu ice breaking "tiba-tiba", ice breaking dimana anak-anak Teras Literasi di minta untuk membuat satu kalimat bebas dan di akhir kalimat dikasih kata "tiba-tiba" sambil menunjuk ke salah satu anak Teras Literasi yang lainnya untuk melanjutkan dan menambahkan cerita tadi. 

Contoh ice breaking dari internet yang Pakdhe Eko gunakan “ Kemarin, Saya Pergi Ke Pasar Dan melewati penjual sayuran, namun Tiba-Tiba ...” Kemudian, mintalah Siswa melanjutkan Dan menambahkan cerita tersebut DENGAN Syarat kalimat Akhir Yang digunakan Harus TIBA-TIBA. Permainan ini mengajak siswa untuk berpikir kreatif.(https://blog.kocoschools.com/5-ide-permainan-ice-breaking-di-dalam-kelas/). 

Setelah ice breaking kegiatan dilanjutkan Budhe Yanti dengan permainan "Jawab benar dan lompat". Permainan ini dimulai dengan membagi anak-anak Teras Literasi yang hadir menjadi dua kelompok, setelah itu Budhe Yanti akan memberikan pertanyaan kepada dua kelompok tadi, bagi kelompok yang bisa menjawab akan meloncat kedepan satu kali dan pemenangnya adalah kelompok yang terdepan. 

Kegiatan utama anak Teras Literasi dimulai dengan memilih snack yang dijual di Pawon Literasi secara gratis kemudian di amati mulai dari nama snack, kombinasi warna kemasan, komposisi dari snack dan yang terakhir menikmati snack yang telah dipilihnya. Hasil dari mengamati dan menikmati snack anak-anak Teras Literasi mencatatnya dalam chat WA yang nantinya akan dikirim ke nomer WA Budhe Yanti. 

"Banyak cara  menumbuhkan  anak gemar menulis, bisa melalui penulisan kreatif yang sederhana dari apa yang mereka lihat dan rasa , kreatif menulis dimulai dari  menggiring anak  ke dalam cerita dan menciptakan dunia visual misal gambar, benda yang diberikan." ditulis Budhe Yanti dalam bentuk opini. 

Semoga kegiatan hari ini menjadikan manfaat bagi anak-anak Teras Literasi kedepannya, Aamiin.

By Pakdhe Eko

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diferensiasi di Ujian Praktek Relicmandaya

  Pembelajaran diferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar individu, termasuk kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajar mereka. Pendekatan ini memungkinkan guru untuk menggunakan berbagai metode dan strategi untuk memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda di antara siswa.  Terdapat tiga jenis diferensiasi yang dapat diterapkan, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk,  di SMPN 27 Malang  selama empat hari mulai tanggal 29 Januari hingga 1 Febuari 2024 telah dilaksanakan ujian praktek kelas 9 dengan Pendekatan diferensiasi, ini bertujuan untuk menciptakan kesetaraan dalam pembelajaran dan memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan untuk berkembang sesuai dengan potensinya Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat digunakan antara lain 1. Diferensiasi konten: menyediakan materi dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. 2. Diferensiasi proses: tekana...

LATSOL IPS VIII BAB III

  BAB III KEUNGGULAN DAN KETERBATASAN ANTARARUANGPENGARUHNYA TERHADAP KEGIATAN EKONOMI,SOSIAL,BUDAYA DI INDONESIA DAN ASEAN 3.3. Menganalisis keunggulan   dan keterbatasan ruang dalam permintaan  dan penawaran, teknologi sertapengaruhnya terhadap interaksi antar ruang bagi kegiatan ekonomi, sosial, budaya, di Indonesia dan negara-negara ASEAN. JAWABLAH DENGAN TEPAT DAN BENAR  ( silakan jawab di kolom komentar, beri nama, kelas dan no absensi ) 1.    Daerah berikut yang memiliki keunggulan komparatif pada barang-barang industri adalah .... A. Sumatera B. Jawa C. Kalimantan D. Papua   2.    Tingkat permintaan barang dan jasa masyarakat di pedesaan cenderung lebih sedikit dibandingkan dengan masyarakat di perkotaan. Cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan permintaan masyarakat pedesaan terhadap barang dan jasa adalah .... A. mengirimkan tenaga penyuluh dalam upaya meningkatkan hasil pertanian B. memberikan bantuan langsung ...

Mengapa Ada TL

  Mengapa ada taman bacaan masyarakat? Taman Bacaan Masyarakat (TBM) sebagai sumber informasi sangat berperan penting dalam menciptakan masyarakat yang literasi karena berfungsi sebagai sumber informasi ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan menunjang pelaksanaan pembangunan nasional dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Mengapa ada TBM Teras Tegal Literasi? TBM ( taman bacaan masyarakat ) Teras Tegal Literasi bisa dikategorikan sebagai perpustakaan masyarakat karena sasaran utamanya adalah warga masyarakat,  TBM TL hadir sebagai tempat baca yang asik untuk rekreasi tipis-tipis,mengapa? Yaa...karena  dengan suasana yang sederhana dan lebih fleksibel,TBM  Teras Literasi ( TL ) terbuka bagi siapa saja yang mau memanfaatkannya. TBM  TL didesain layaknya taman yang sarat dengan kehangatan susasana keluarga yang berada di lingkup perumahan dikelilingi perkampungan yang asri. Sehingga yang didapatkan oleh orang yang berku...