Langsung ke konten utama

Pelepasan dengan Outdoor

Foto 1. Pakdhe Eko dan Kak Nayah

Foto 2. Persiapan Rafting

Foto 3. Foto Bersama

    Tahun ini SMK M1TA menggelar acara pelepasan siswa-siswi kelas XII, tidak seperti biasanya acara pelepasan siswa akhir pada kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Acara seremonial pun yang biasanya dilaksanakan indoor atau di sebuah gedung maka tahun ini outdoor tepatnya di lokasi Goa Pindul Yogyakarta.
     Acara pelepasan dikemas dalam bentuk rekreasi sekaligus "wisuda" purna siswa. Berangkat dari Puspa Agro menuju Yogyakarta pada hari Jum'at malam pukul 21.00 WIB dengan 3 armada bus. Pakdhe Eko ditemani adik Inayan kebagian di bus 1, perjalanannya  ditempuh dalam waktu 7 jam dengan 2 kali istirahat di rest area.
     Tujuan pertama dalam acara ini adalah pantai Indrayanti dan tepat pukul 03.40 WIB rombongan tiba di lokasi. Para rombongan pun persiapan melaksanakan sholat subuh berjamaah di area wisata tersebut. Di pantai Indrayanti, para siswa menikmati keindahan alam berupa lautan yang diciptakan oleh Allah SWT dari bibir pantai. Ada yang mengabadikan momen disana dengan berfoto-foto ada pula yang bermain-main air, begitu juga dengan bapak dan ibu guru pendamping. Kegiatan di pantai Indrayanti diakhiri dengan foto bersama antara guru dan para siswa.
     Perjalanan dilanjutkan menuju Rumah Makan Griyo Wono untuk melakukan makan pagi. Di rumah makan tersebut siswa-siswi saling antri bersama karena model prasmanan. Peserta rombongan sangat menikmati hidangan yang disediakan setelah bermain di bibir pantai yang membuat energi pasokan energi mereka berkurang.
     Setelah makan pagi, perjalanan dilanjutkan menuju Goa Pindul yang membutuhkan waktu 1 jam untuk sampai di lokasi. Karena lokasi tidak dapat dijangkau oleh Armada Bus maka pihak pengelola wisata menyediakan armada khusus (mobil colt T120 bak terbuka tahun lama) untuk mengangkut para wisatawan ke lokasinya.
     Kegiatan di lokasi Goa Pindul ini adalah refting. Sebelum melakukan kegiatan tersebut para wisatawan dibekali dengan pelampung agar lebih aman. Setelah selesai kegiatan refting acara dilanjutkan dengan makan siang sekaligus acara inti berupa ceremonial pelepasan siswa kelas akhir.
     Acara yang diawali dengan sambutan dari Bapak Vikcy Dwi Oktavianto selaku Waka Kesiswaan dan penyampaian beberapa kesan dan kesan siswa selama belajar di SMK M1TA.  Selanjutnya adalah acara inti berupa pelepasan siswa-siswi oleh Pakdhe Eko.
Dalam sambutannya, Pakdhe Eko menyampaikan "bahwa ini bukan merupakan sebuah akhir melainkan ini adalah sebuah awal dari sebuah perjalanan hidup". Pakdhe Eko juga mengatakan "kalau para calon alumni tersebut akan menjadi  mutiara-mutiara yang nantinya akan berkilau di kemudian hari dan berharap tidak lupa dengan SMK M1TA.
     "Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim kalian menjadi keluarga besar dari SMK M1TA sebagai alumni lulusan 2019" ucap Pakdhe Eko sambil melempar topi ke atas diikuti para siswa. Selesai acara di Goa Pindul, perjalanan dilanjutkan kembali menuju pusat oleh-oleh bakpia Patok khas Yogyakarta dan Malioboro yang berada di tengah-tengah kota dan membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk tiba di lokasi.
      Tepat pukul 21.00 perjalanan kembali menuju SMK M1TA,  Alhamdulilah tepat pukul 03.35 rombongan nyampai di SMK M1TA.

By Crew TL

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lepas rindu crew TL

  Kau Datang Dalam Aksi MSIB #4 M asa S ejenak I de B ersama Kata orang kita  G I L A, kita memang G I L A G iat I de L anjut A ksi Selalu ada dimanapun dan untuk siapapun Saat itu ada informasi untukku Ku terima ada koordinasi dulu Namun aku bingung kenapa ke aku Apa karena ada ikatan atau hanya kebetulan Ya .. aku yang saat ini bisa membantu mu Aku, Kau, dan Kita bisa menyatu Walau kau berasal dari daerah jauh   Aku hanya mendengar dan tak tau tentangmu Dunia baru yang hadirkan sebuah rasa bagiku Begitu ceria dan penuh warna Hingga pahitnya terbang entah kemana Siapa kau dan kau sebenarnya Pikirku terus menerka-nerka Akhirnya aku tahu dari perkenalanmu Waktuku habis bersamamu Tapi lama baru ku tahu Ada cerita ada gembira ada haru Ada gaya ada pesona ada lemah Ada gerak ada proses ada lambat Ada respon ada tanggap ada acuh Semua ada sebagai bumbu bersama Beberapa bulan kau dan aku alami itu Memantapkan asa untuk satu tujuan  Meski ku tahu keras kepalamu itu Tak pernah rendahkan ego

Meong Literasi di pisah kenang MSIB#4

  Aksi asik malam ini crew TL berkunjung ke acara pelepasan mahasiswa magang MSIB #4 RBA_Kampus Merdeka Kemenristek bertempat di obyek wisata Wonosari kebun teh Lawang. Tepat jam 16.30 wib crew TL Sampai dilokasi,melihat semua mahasiswa magang Independen Bersertifikat sedang berkegiatan kolaborasi dengan penempatan daerah lain di Aula wisata. Crew TL menunggu sambil menikmati pemandangan kebun teh Wonosari Lawang hingga jam istirahat isoma, crew TL hampiri lagi crew TL MSIB#4 kami bangun  refleksi cerita kebersamaan, ada senyum sipu,tawa dan canda dan ada tangis melepas perpisahan dengan peluk sayang dari Crew TL terutama dengan pakdhe Eko dan budhe Yanti. Surprise dari crew TL buket meong tersampaikan pada setiap crew TL MSIB4, sorak tawa haru menerimanya, oooo Kiki kata kak Yayang ,nama kucing kesayangan yang akan ikut serta ke daerah asalnya. Buket meong telah disiapkan oleh Crew TL dalam waktu sehari membuat enam buket meong, hasil praktik nyata dari pelatihan yang diikuti Minggu l

Diferensiasi di Ujian Praktek Relicmandaya

  Pembelajaran diferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar individu, termasuk kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajar mereka. Pendekatan ini memungkinkan guru untuk menggunakan berbagai metode dan strategi untuk memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda di antara siswa.  Terdapat tiga jenis diferensiasi yang dapat diterapkan, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk,  di SMPN 27 Malang  selama empat hari mulai tanggal 29 Januari hingga 1 Febuari 2024 telah dilaksanakan ujian praktek kelas 9 dengan Pendekatan diferensiasi, ini bertujuan untuk menciptakan kesetaraan dalam pembelajaran dan memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan untuk berkembang sesuai dengan potensinya Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat digunakan antara lain 1. Diferensiasi konten: menyediakan materi dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. 2. Diferensiasi proses: tekanan pada bagaimana si