Langsung ke konten utama

Diferensiasi di Ujian Praktek Relicmandaya

 

Pembelajaran diferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar individu, termasuk kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajar mereka. Pendekatan ini memungkinkan guru untuk menggunakan berbagai metode dan strategi untuk memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda di antara siswa. 


Terdapat tiga jenis diferensiasi yang dapat diterapkan, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk, 


di SMPN 27 Malang  selama empat hari mulai tanggal 29 Januari hingga 1 Febuari 2024 telah dilaksanakan ujian praktek kelas 9 dengan Pendekatan diferensiasi, ini bertujuan untuk menciptakan kesetaraan dalam pembelajaran dan memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan untuk berkembang sesuai dengan potensinya


Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat digunakan antara lain

1. Diferensiasi konten: menyediakan materi dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa.


2. Diferensiasi proses: tekanan pada bagaimana siswa dapat memahami atau memaknai apa yang telah dipelajari.


3.Diferensiasi produk: memberikan siswa pilihan bagaimana mereka dapat mentransmisikan pembelajaran yang diinginkan.


4. Guru pendamping memberikan Pengajaran langsung: guru memberikan instruksi secara langsung kepada siswa.


5.Guru pendamping memberikan Pengajaran tidak langsung: disini  guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menemukan sendiri konsep pembelajaran.


6.Pengajaran interaktif: guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk berinteraksi dengan guru dan teman sekelas dalam proses pembelajaran.


7.Pengajaran berbasis proyek: siswa diberi tugas untuk menyelesaikan proyek yang berkaitan dengan materi pembelajaran.


8. Pengajaran berbasis masalah: siswa diberikan masalah yang harus diselesaikan dengan menggunakan konsep pembelajaran yang telah dipelajari.


9. Pengajaran berbasis masalah: siswa diberikan masalah yang harus dipecahkan dengan menggunakan konsep pembelajaran yang telah dipelajari.

Dari sembilan strategi diatas siswa dan guru mempunyai pilihan strategi apa yang sesuai dilaksanakan di ujian praktek di SMPN 27 Malang


Ujian praktik yang berdiferensiasi dapat diimplementasikan dengan mempertimbangkan kebutuhan dan kemampuan siswa, serta memberikan pilihan-pilihan yang bervariasi dalam hal materi pembelajaran, metode pengajaran, dan penilaian


Dengan demikian, tujuan ujian praktek dengan pendekatan berdiferensiasi adalah untuk memberikan kesempatan kepada setiap siswa untuk belajar sesuai dengan kemampuan, minat, dan kebutuhan mereka, sehingga mereka dapat mencapai hasil belajar yang optimal.


Alhamdulillah selama empat hari aksi pembelajaran dengan pendekatan berdiferensiasi berhasil Pendekatan berdiferensiasi dalam praktik ujian dikelas 9 ini memiliki manfaat yang cukup besar. Disini terlihat setiap  siswa memiliki kebutuhan dan kemampuan yang berbeda-beda, sehingga siswa diberikan pilihan-pilihan yang bervariasi dalam hal materi pembelajaran, metode pengajaran, dan penilaian.


Pendekatan berdiferensiasi sudah tampak  untuk memastikan bahwa setiap siswa dapat merasa dihargai dan hasil belajar mereka dapat maksimal. Dalam pembelajaran berdiferensiasi ujian praktek  kelas 9 ini terlihat betul siswa sering bekerja dalam kelompok kecil atau berasal dari latar belakang yang berbeda, sehingga memfasilitasi pengembangan keterampilan sosial siswa, seperti kemampuan berkomunikasi dan kerjasama dalam tim.


Terus tergerak bergerak menggerakkan dalam belajar bermakna berdampak berkelanjutan di merdeka belajar merdeka mengajar


Suyati_1-2-2024


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

LATSOL IPS VIII BAB III

  BAB III KEUNGGULAN DAN KETERBATASAN ANTARARUANGPENGARUHNYA TERHADAP KEGIATAN EKONOMI,SOSIAL,BUDAYA DI INDONESIA DAN ASEAN 3.3. Menganalisis keunggulan   dan keterbatasan ruang dalam permintaan  dan penawaran, teknologi sertapengaruhnya terhadap interaksi antar ruang bagi kegiatan ekonomi, sosial, budaya, di Indonesia dan negara-negara ASEAN. JAWABLAH DENGAN TEPAT DAN BENAR  ( silakan jawab di kolom komentar, beri nama, kelas dan no absensi ) 1.    Daerah berikut yang memiliki keunggulan komparatif pada barang-barang industri adalah .... A. Sumatera B. Jawa C. Kalimantan D. Papua   2.    Tingkat permintaan barang dan jasa masyarakat di pedesaan cenderung lebih sedikit dibandingkan dengan masyarakat di perkotaan. Cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan permintaan masyarakat pedesaan terhadap barang dan jasa adalah .... A. mengirimkan tenaga penyuluh dalam upaya meningkatkan hasil pertanian B. memberikan bantuan langsung ...

Mengapa Ada TL

  Mengapa ada taman bacaan masyarakat? Taman Bacaan Masyarakat (TBM) sebagai sumber informasi sangat berperan penting dalam menciptakan masyarakat yang literasi karena berfungsi sebagai sumber informasi ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan menunjang pelaksanaan pembangunan nasional dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Mengapa ada TBM Teras Tegal Literasi? TBM ( taman bacaan masyarakat ) Teras Tegal Literasi bisa dikategorikan sebagai perpustakaan masyarakat karena sasaran utamanya adalah warga masyarakat,  TBM TL hadir sebagai tempat baca yang asik untuk rekreasi tipis-tipis,mengapa? Yaa...karena  dengan suasana yang sederhana dan lebih fleksibel,TBM  Teras Literasi ( TL ) terbuka bagi siapa saja yang mau memanfaatkannya. TBM  TL didesain layaknya taman yang sarat dengan kehangatan susasana keluarga yang berada di lingkup perumahan dikelilingi perkampungan yang asri. Sehingga yang didapatkan oleh orang yang berku...