Aksi asik pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas 9 pada tema Upaya meningkatkan ekonomi kreatif hari ini semua murid beraksi nyata pemanfaatan sampah plastik.
Tujuan murid dalam pemanfaatan sampah plastik untuk kreativitas adalah untuk mengurangi sampah plastik di rumah, dimana disekolah no sampah plastik.
Juga menjaga kebersihan lingkungan sekolah, menjaga kesehatan di lingkungan sekolah, dan juga untuk aksi nyata pembelajaran IPS di kelas 9.
Di harapkan dengan aksi ini semua murid bisa lebih peduli terhadap lingkungan. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengembangkan kreativitas murid dalam mengolah sampah plastik menjadi keterampilan atau produk yang bermanfaat dan bernilai.
Bahaya sampah plastik yang mencemari lingkungan sudah sangat mengkhawatirkan. Sebagai warga sekolah perlu turut andil dalam mengurangi pencemaran akibat sampah plastik ini.
Mengajarkan semua murid untuk bijak plastik tidak hanya bisa dilakukan di rumah, Aksi mengurangi dampak sampah plastik juga dilakukan semua murid di lingkungan sekolah. Guru mengajak murid menjadi pelopor kesadaran bijak plastik di sekolah.
Cara sederhana untuk menimbulkan kesadaran akan bahaya plastik pada lingkungan sekolah SMP Negeri 27 Malang bisa dimulai dengan menggagas kegiatan “Jumat Bersih” dalam kesatuan program "JUMPALIK" Jum'at pagi literasi kewirausahaan. Setiap hari Jumat, semua murid untuk membersikan lingkungan kelas, halaman, toilet ,taman,kebun semua area sekolah serta mengumpulkan dan memilah sampah yang ada di lingkungan sekolah.
Tidak hanya itu di dalam setiap kegiatan belajar pada materi di tiap mata pelajaran di tekankan akan kebersihan dan penggurangi sampah plastik, diharapkan aksi ini dapat membantu mengurangi sampah plastik di lingkungan sekolah dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya pelestarian lingkungan sekolah.
Mengubah sampah Plastik Menjadi karya adalah aksi nyata murid dalam pembelajaran IPS, dapat mengolah sampah plastik menjadi keterampilan atau produk yang bermanfaat dan bernilai, seperti mengubah sampah plastik menjadi karya lain.
Karya yang dihasilkan murid ini sangat bagus kreatifitas muncul dari paduan inovasi murid, juga ok diadakan lomba memanfaatkan sampah plastik menjadi kerajinan tangan juga bisa dilaksanakan di masing-masing kelas, kreativitas kreativitas murid di sekolah dan meningkatkan kesadaran bijak plastik pada semua murid.
Ini salah satu testimoni dari murid kelas 9
Nama kelompok
1. Pingki Handayani /19
2. Syifah Purnamasari /29
Tema : Pemanfaatan limbah sampah plastik untuk menumbuhkan ekonomi kreatif
Nama hasil produk : Gantungan hijab dari cup plastik
Pengalaman yang didapat dalam praktek nyata membuat produk adalah
Cup plastik yang biasa dibuat minum bisa menjadi gantungan hijab, hijab pun menjadi tertata rapi dan tidak sembarangan lagi untuk menaruh hijab
Kesan yang terkait membuat produk gantungan hijab ini untuk meningkatkan ekonomi kreatif.
- dapat mengetahui proses pembuatan nya
- asik dan seru saat membuat nya
- barang bekas yang tidak bermanfaat menjadi bermanfaat
- bisa untuk wirausaha untuk menguatkan pendapatan keluarga
Nama kelompok,kelas 9
1. Sophia Arum Nabilah
2. Raiysah Zakia Effendi
Tema ; Pemanfaatan limbah sampah plastik untuk menumbuhkan ekonomi kreatif
Nama hasil produk ; Hiasan dinding dari tutup botol bekas
Pengalaman yang didapat dalam praktek nyata membuat produk :
Kami mendapat pengalaman untuk meningkatkan kerjasama, serta berfikir kreatif untuk menciptakan estetika pada produk yang akan dihasilkan, sehingga kami berusaha menghasilkan produk yang tak hanya indah namun memiliki daya nilai jual lebih tinggi dari bahan baku awal.
Kesan kami yang terkait membuat produk ini untuk meningkatkan ekonomi kreatif :
Ternyata barang bekas bahkan yang dapat menjadikannya limbah dapat kita olah sedemikian rupa sehingga menjadi barang yang tepat guna, bahkan dapat dijadikan sebagai penunjang ekonomis kreatif, dengan modal minim.
Nama kelompok, kelas 9B
1. Salsabila/26
2. Zazqia Choirunnissa/31
Tema ; Pemanfaatan limbah sampah plastik untuk menumbuhkan ekonomi kreatif
Nama hasil produk : bunga dari sedotan
Pengalaman yang didapat dalam praktek nyata membuat produk adalah kita dapat mempelajari dan mendaur ulang sampah non organik menjadi sebuah barang baru dan menumbuhkan rasa kreativitas.
Kesan apa yang terkait membuat produk ini untuk meningkatkan ekonomi kreatif ?
• Kesan yang terkait untuk meningkatkan ekonomi kreatif yang dihasilkan pada produk daur ulang limbah sampai plastik adalah barangnya sangat unik, sehingga ketika dijual bisa menguntungkan dan sangat laris. Karena produk yang dihasilkan sangat bagus dan menarik minat pembeli.
Itulah refleksi dari beberapa kelompok, Semoga pembelajaran aksi asik nyata dari murid di mata pelajaran IPS ini bisa bermakna berdampak berkelanjutan dalam merdeka belajar merdeka mengajar
Suyati_12-1-2024
Komentar
Posting Komentar