Langsung ke konten utama

HARI PERTAMA SEKOLAH NGAPAIN AJA YAA?

 

Hari pertama masuk sekolah di semester genap tahun pelajaran 2023-2024 di bumi Relicmandaya SMP Negeri 27 Malang beraksi asik refleksi bersama refleksi pembelajaran di semester ganjil.

Tujuan refleksi pembelajaran semester ganjil  ini adalah untuk memahami respon semua murid dalam sebuah pembelajaran, agar guru dapat memahami kelemahan dan kekurangan dari pembelajaran yang telah dilakukan, memahami akurasi model, pendekatan, strategi, taktik, dan metode pembelajaran yang telah diimplementasikan, serta memahami keperluan dan keinginan murid secara detail.

 


Pembelajaran refleksi juga berguna untuk meningkatkan kegiatan evaluasi yang berkesinambungan dan berkelanjutan agar kegiatan pembelajaran di bumi Relicmandaya semakin baik, tentunya sekolah akan memfasilitasi kebutuhan belajar murid dengan mengkondisikan aset sebagai kekuatan di sekolah.

Beberapa pertanyaan refleksi pembelajaran semester ganjil adalah ;

1.Perasaan apa yang sering kamu rasakan selama semester ganjil yang lalu?

2.Hal menarik apa yang kamu pelajari saat semester ganjil yg lalu?

3.Pengalaman belajar yang mana yang kamu merasa ingin sekali mengulanginya di semester genap ?

4.Puaskah kamu dengan hasil belajarmu di semester ganjil ? 

5.Hal apa yang harus kamu lakukan agar hasil belajarmu di semester genap ini lebih baik dari semester sebelumnya( semester ganjil )

6.Hal apa yang harus kamu tinggalkan agar hasil belajar semester genap ini lebih baik dari semester sebelumnya ?

7.Pembelajaran seperti apa yang kamu inginkan di semester genap ini?

8.Apa target yang ingin kalian capai di semester genap ini ?


Refleksi utk guru awal semester genap 

1. Bagaimana perkembangan murid-murid saya sepanjang semester ganjil ?

2. Apakah ada tantangan yang dihadapi oleh murid-murid saya dalam pembelajaran?

3. Apa saja usaha yang sudah saya lakukan untuk membantu mereka mengatasi tantangan tersebut?

4. Bagaimana strategi yang telah saya gunakan dalam kelas untuk memotivasi murid-murid agar lebih berpartisipasi dan bersemangat belajar?

5. Apakah saya telah memberikan cukup perhatian individual kepada setiap murid dalam kelas?

6. Apakah metode pengajaran yang saya gunakan efektif?

7. Bagaimana evaluasi kinerja diri saya sebagai seorang guru selama semester ganjil ?

8. Apakah ada strategi baru atau inovasi yang dapat saya coba gunakan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran di kelas saya?

9.Apakah saya telah memberikan umpan balik yang memadai kepada murid-murid saya?

10. Bagaimana saya merawat kesehatan mental dan emosional saya sebagai seorang pendidik?

Pembelajaran refleksi adalah kegiatan dalam proses belajar mengajar yang bertujuan untuk mengajarkan pembelajaran dan mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan. Manfaat refleksi pembelajaran bagi murid Menyalurkan pengungkapan proses pembelajaran, sehingga murid dapat mengetahui apakah proses berlangsung baik atau tidak.

Refleksi pembelajaran juga membantu guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, mengidentifikasi kebutuhan murid, dan membuat pembelajaran yang lebih efektif,

 Secara keseluruhan, refleksi pembelajaran membantu baik murid mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan maupun guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.

Semangat membara tergerak bergerak menggerakkan aksi belajar bermakna berdampak berkelanjutan dalam merdeka belajar merdeka mengajar .


Suyati_4-1-2024

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diferensiasi di Ujian Praktek Relicmandaya

  Pembelajaran diferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar individu, termasuk kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajar mereka. Pendekatan ini memungkinkan guru untuk menggunakan berbagai metode dan strategi untuk memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda di antara siswa.  Terdapat tiga jenis diferensiasi yang dapat diterapkan, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk,  di SMPN 27 Malang  selama empat hari mulai tanggal 29 Januari hingga 1 Febuari 2024 telah dilaksanakan ujian praktek kelas 9 dengan Pendekatan diferensiasi, ini bertujuan untuk menciptakan kesetaraan dalam pembelajaran dan memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan untuk berkembang sesuai dengan potensinya Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat digunakan antara lain 1. Diferensiasi konten: menyediakan materi dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. 2. Diferensiasi proses: tekana...

LATSOL IPS VIII BAB III

  BAB III KEUNGGULAN DAN KETERBATASAN ANTARARUANGPENGARUHNYA TERHADAP KEGIATAN EKONOMI,SOSIAL,BUDAYA DI INDONESIA DAN ASEAN 3.3. Menganalisis keunggulan   dan keterbatasan ruang dalam permintaan  dan penawaran, teknologi sertapengaruhnya terhadap interaksi antar ruang bagi kegiatan ekonomi, sosial, budaya, di Indonesia dan negara-negara ASEAN. JAWABLAH DENGAN TEPAT DAN BENAR  ( silakan jawab di kolom komentar, beri nama, kelas dan no absensi ) 1.    Daerah berikut yang memiliki keunggulan komparatif pada barang-barang industri adalah .... A. Sumatera B. Jawa C. Kalimantan D. Papua   2.    Tingkat permintaan barang dan jasa masyarakat di pedesaan cenderung lebih sedikit dibandingkan dengan masyarakat di perkotaan. Cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan permintaan masyarakat pedesaan terhadap barang dan jasa adalah .... A. mengirimkan tenaga penyuluh dalam upaya meningkatkan hasil pertanian B. memberikan bantuan langsung ...

Mengapa Ada TL

  Mengapa ada taman bacaan masyarakat? Taman Bacaan Masyarakat (TBM) sebagai sumber informasi sangat berperan penting dalam menciptakan masyarakat yang literasi karena berfungsi sebagai sumber informasi ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan menunjang pelaksanaan pembangunan nasional dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Mengapa ada TBM Teras Tegal Literasi? TBM ( taman bacaan masyarakat ) Teras Tegal Literasi bisa dikategorikan sebagai perpustakaan masyarakat karena sasaran utamanya adalah warga masyarakat,  TBM TL hadir sebagai tempat baca yang asik untuk rekreasi tipis-tipis,mengapa? Yaa...karena  dengan suasana yang sederhana dan lebih fleksibel,TBM  Teras Literasi ( TL ) terbuka bagi siapa saja yang mau memanfaatkannya. TBM  TL didesain layaknya taman yang sarat dengan kehangatan susasana keluarga yang berada di lingkup perumahan dikelilingi perkampungan yang asri. Sehingga yang didapatkan oleh orang yang berku...