Langsung ke konten utama

HARI PERTAMA SEKOLAH NGAPAIN AJA YAA?

 

Hari pertama masuk sekolah di semester genap tahun pelajaran 2023-2024 di bumi Relicmandaya SMP Negeri 27 Malang beraksi asik refleksi bersama refleksi pembelajaran di semester ganjil.

Tujuan refleksi pembelajaran semester ganjil  ini adalah untuk memahami respon semua murid dalam sebuah pembelajaran, agar guru dapat memahami kelemahan dan kekurangan dari pembelajaran yang telah dilakukan, memahami akurasi model, pendekatan, strategi, taktik, dan metode pembelajaran yang telah diimplementasikan, serta memahami keperluan dan keinginan murid secara detail.

 


Pembelajaran refleksi juga berguna untuk meningkatkan kegiatan evaluasi yang berkesinambungan dan berkelanjutan agar kegiatan pembelajaran di bumi Relicmandaya semakin baik, tentunya sekolah akan memfasilitasi kebutuhan belajar murid dengan mengkondisikan aset sebagai kekuatan di sekolah.

Beberapa pertanyaan refleksi pembelajaran semester ganjil adalah ;

1.Perasaan apa yang sering kamu rasakan selama semester ganjil yang lalu?

2.Hal menarik apa yang kamu pelajari saat semester ganjil yg lalu?

3.Pengalaman belajar yang mana yang kamu merasa ingin sekali mengulanginya di semester genap ?

4.Puaskah kamu dengan hasil belajarmu di semester ganjil ? 

5.Hal apa yang harus kamu lakukan agar hasil belajarmu di semester genap ini lebih baik dari semester sebelumnya( semester ganjil )

6.Hal apa yang harus kamu tinggalkan agar hasil belajar semester genap ini lebih baik dari semester sebelumnya ?

7.Pembelajaran seperti apa yang kamu inginkan di semester genap ini?

8.Apa target yang ingin kalian capai di semester genap ini ?


Refleksi utk guru awal semester genap 

1. Bagaimana perkembangan murid-murid saya sepanjang semester ganjil ?

2. Apakah ada tantangan yang dihadapi oleh murid-murid saya dalam pembelajaran?

3. Apa saja usaha yang sudah saya lakukan untuk membantu mereka mengatasi tantangan tersebut?

4. Bagaimana strategi yang telah saya gunakan dalam kelas untuk memotivasi murid-murid agar lebih berpartisipasi dan bersemangat belajar?

5. Apakah saya telah memberikan cukup perhatian individual kepada setiap murid dalam kelas?

6. Apakah metode pengajaran yang saya gunakan efektif?

7. Bagaimana evaluasi kinerja diri saya sebagai seorang guru selama semester ganjil ?

8. Apakah ada strategi baru atau inovasi yang dapat saya coba gunakan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran di kelas saya?

9.Apakah saya telah memberikan umpan balik yang memadai kepada murid-murid saya?

10. Bagaimana saya merawat kesehatan mental dan emosional saya sebagai seorang pendidik?

Pembelajaran refleksi adalah kegiatan dalam proses belajar mengajar yang bertujuan untuk mengajarkan pembelajaran dan mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan. Manfaat refleksi pembelajaran bagi murid Menyalurkan pengungkapan proses pembelajaran, sehingga murid dapat mengetahui apakah proses berlangsung baik atau tidak.

Refleksi pembelajaran juga membantu guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, mengidentifikasi kebutuhan murid, dan membuat pembelajaran yang lebih efektif,

 Secara keseluruhan, refleksi pembelajaran membantu baik murid mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan maupun guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.

Semangat membara tergerak bergerak menggerakkan aksi belajar bermakna berdampak berkelanjutan dalam merdeka belajar merdeka mengajar .


Suyati_4-1-2024

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lepas rindu crew TL

  Kau Datang Dalam Aksi MSIB #4 M asa S ejenak I de B ersama Kata orang kita  G I L A, kita memang G I L A G iat I de L anjut A ksi Selalu ada dimanapun dan untuk siapapun Saat itu ada informasi untukku Ku terima ada koordinasi dulu Namun aku bingung kenapa ke aku Apa karena ada ikatan atau hanya kebetulan Ya .. aku yang saat ini bisa membantu mu Aku, Kau, dan Kita bisa menyatu Walau kau berasal dari daerah jauh   Aku hanya mendengar dan tak tau tentangmu Dunia baru yang hadirkan sebuah rasa bagiku Begitu ceria dan penuh warna Hingga pahitnya terbang entah kemana Siapa kau dan kau sebenarnya Pikirku terus menerka-nerka Akhirnya aku tahu dari perkenalanmu Waktuku habis bersamamu Tapi lama baru ku tahu Ada cerita ada gembira ada haru Ada gaya ada pesona ada lemah Ada gerak ada proses ada lambat Ada respon ada tanggap ada acuh Semua ada sebagai bumbu bersama Beberapa bulan kau dan aku alami itu Memantapkan asa untuk satu tujuan  Meski ku tahu keras kepalamu itu Tak pernah rendahkan ego

Meong Literasi di pisah kenang MSIB#4

  Aksi asik malam ini crew TL berkunjung ke acara pelepasan mahasiswa magang MSIB #4 RBA_Kampus Merdeka Kemenristek bertempat di obyek wisata Wonosari kebun teh Lawang. Tepat jam 16.30 wib crew TL Sampai dilokasi,melihat semua mahasiswa magang Independen Bersertifikat sedang berkegiatan kolaborasi dengan penempatan daerah lain di Aula wisata. Crew TL menunggu sambil menikmati pemandangan kebun teh Wonosari Lawang hingga jam istirahat isoma, crew TL hampiri lagi crew TL MSIB#4 kami bangun  refleksi cerita kebersamaan, ada senyum sipu,tawa dan canda dan ada tangis melepas perpisahan dengan peluk sayang dari Crew TL terutama dengan pakdhe Eko dan budhe Yanti. Surprise dari crew TL buket meong tersampaikan pada setiap crew TL MSIB4, sorak tawa haru menerimanya, oooo Kiki kata kak Yayang ,nama kucing kesayangan yang akan ikut serta ke daerah asalnya. Buket meong telah disiapkan oleh Crew TL dalam waktu sehari membuat enam buket meong, hasil praktik nyata dari pelatihan yang diikuti Minggu l

Diferensiasi di Ujian Praktek Relicmandaya

  Pembelajaran diferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar individu, termasuk kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajar mereka. Pendekatan ini memungkinkan guru untuk menggunakan berbagai metode dan strategi untuk memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda di antara siswa.  Terdapat tiga jenis diferensiasi yang dapat diterapkan, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk,  di SMPN 27 Malang  selama empat hari mulai tanggal 29 Januari hingga 1 Febuari 2024 telah dilaksanakan ujian praktek kelas 9 dengan Pendekatan diferensiasi, ini bertujuan untuk menciptakan kesetaraan dalam pembelajaran dan memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan untuk berkembang sesuai dengan potensinya Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat digunakan antara lain 1. Diferensiasi konten: menyediakan materi dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. 2. Diferensiasi proses: tekanan pada bagaimana si