Langsung ke konten utama

Ada aksi asik coblosan pemilu OSIS

 

Aksi asik coblosan

Aksi asik di bumi Relicmandaya memfasilitasi bakat minat semua murid, dari seni hingga olah raga.


Diawal ada tari Cucuk lampah dimana empat penari mengawal  bapak ibu guru dan  tenaga kependidikan SMPN 27 Malang untuk menuju ke lapangan sekolah sebagai tempat unjuk bakat minat murid hari ini. Dalam bahasa Jawa, cucuk berarti pemimpin pasukan, sementara lampah artinya berjalan. Jadi, cucuk lampah adalah pemimpin dari pasukan terdepan. Tradisi cucuk lampah diadakan pada saat kegiatan bisa berjalan lancar dan sukses.


Sebagai awal aksi sambutan dari bapak kepala sekolah sebagai pembuka acara, beliau menyampaikan "sekolah akan memfasilitasi mendukung semua bakat minat murid SMPN 27 Malang.


Aksi berikutnya Fashion murid kolaborasi kelas 7 8 dan 9 dengan pakaian adat nuansa modern, berlenggak-lenggok diiringi musik lagu daerah.


Dilanjutkan bernyanyi tembang Jawa tampilan kelas 8, dengan suara merdu mendayu dayu.


Tak kala serunya dilanjut drama musikal judul Joko Tarub mencari jodoh. Seru tawa dari penonton dari vokal masing masing pemain dengan campuran musikal yang apik.


Berlanjut ke acara inti pemilu OSIS ,tim KPU mempersiapkan tempat coblosannya. Seperti halnya pemilu pada umumnya KPU menetapkan. semua warga sekolah siap mencoblos kartu pilih yang sudah disiapkan menuju ke masing-masing bilik.


Alhamdulillah penghitungan suara dimulai , tibalah pengumuman perolehan suara terbanyak yang diperoleh oleh calon OSIS no 1, 


Pesan bapak ibu guru, Ketua OSIS hendaknya memang bisa menjadi figur contoh, inspirasi, teladan dan sebagainya bagi siswa-siswa lainnya. Pengurus OSIS terutama ketua OSIS harus mampu menjadi koordinator pada setiap kegiatan yang dilakukan di sekolah.


 Memang, untuk menjadi pemimpin yang baik, tidak pekerjaan yang mudah. Pengurus OSIS harus selalu belajar dan mengembangkan diri sebagai individu maupun sosial.


Aksi asik hari ini termasuk Pekan P5  dengan mengusung tema Suara Demokrasi dalam aksi asik coblosan ketua OSIS SMPN 27 Malang, adalah aksi nyata konsep kepemimpinan murid, yang memiliki makna  murid memiliki kepemilikan dan tanggung jawab atas pembelajarannya sendiri. Murid memiliki inisiatif dan dan pilihan atas apa yang akan mereka pelajari, bagaimana cara mereka belajar, hingga bagaimana mengatur proses belajarnya.


Aksi asik P5 tema suara demokrasi ditutup dengan aksi seru literasi Budaya sesuai kearifan lokal wilayah sekolah yang merupakan aset lingkungan dan budaya dengan kesenian Bantengan. Diketahui Kesenian Bantengan merupakan salah satu bentuk dari wujud fisik kearifan lokal yang lebih komprehensif di wilayah lingkungan sekolah.


Nilai Melalui Keunikan 

Jika dilihat dalam segi ekonomi, kesehatan, sosial, agama ternyata Bantengan itu merangkap dalam semua aspek. Dilihat dari segi sosial, Bantengan mempersatukan masyarakat yang berjiwa seni untuk mengikuti kesenian bantengan. Selain itu,  juga bisa mengenal satu sama lain dari komunitas bantengan lain dan mendapat saudara lebih banyak. Ditinjau dari segi agama, Bantengan tidak lepas dari doa-doa dan kegiatan yang biasanya dilakukan dalam agama islam seperti berdoa bersama. Dalam aksi asik ini ada pembelajaran yang bermakna bagi murid khususnya.


Alhamdulillah aksi asik hari ini berjalan lancar dan sukses di bumi Relicmandaya. 


Terus tergerak bergerak menggerakkan dalam aksi belajar bermakna berdampak berkelanjutan merdeka belajar merdeka mengajar.





SW_19-10-2023

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diferensiasi di Ujian Praktek Relicmandaya

  Pembelajaran diferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar individu, termasuk kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajar mereka. Pendekatan ini memungkinkan guru untuk menggunakan berbagai metode dan strategi untuk memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda di antara siswa.  Terdapat tiga jenis diferensiasi yang dapat diterapkan, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk,  di SMPN 27 Malang  selama empat hari mulai tanggal 29 Januari hingga 1 Febuari 2024 telah dilaksanakan ujian praktek kelas 9 dengan Pendekatan diferensiasi, ini bertujuan untuk menciptakan kesetaraan dalam pembelajaran dan memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan untuk berkembang sesuai dengan potensinya Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat digunakan antara lain 1. Diferensiasi konten: menyediakan materi dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. 2. Diferensiasi proses: tekana...

LATSOL IPS VIII BAB III

  BAB III KEUNGGULAN DAN KETERBATASAN ANTARARUANGPENGARUHNYA TERHADAP KEGIATAN EKONOMI,SOSIAL,BUDAYA DI INDONESIA DAN ASEAN 3.3. Menganalisis keunggulan   dan keterbatasan ruang dalam permintaan  dan penawaran, teknologi sertapengaruhnya terhadap interaksi antar ruang bagi kegiatan ekonomi, sosial, budaya, di Indonesia dan negara-negara ASEAN. JAWABLAH DENGAN TEPAT DAN BENAR  ( silakan jawab di kolom komentar, beri nama, kelas dan no absensi ) 1.    Daerah berikut yang memiliki keunggulan komparatif pada barang-barang industri adalah .... A. Sumatera B. Jawa C. Kalimantan D. Papua   2.    Tingkat permintaan barang dan jasa masyarakat di pedesaan cenderung lebih sedikit dibandingkan dengan masyarakat di perkotaan. Cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan permintaan masyarakat pedesaan terhadap barang dan jasa adalah .... A. mengirimkan tenaga penyuluh dalam upaya meningkatkan hasil pertanian B. memberikan bantuan langsung ...

Mengapa Ada TL

  Mengapa ada taman bacaan masyarakat? Taman Bacaan Masyarakat (TBM) sebagai sumber informasi sangat berperan penting dalam menciptakan masyarakat yang literasi karena berfungsi sebagai sumber informasi ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan menunjang pelaksanaan pembangunan nasional dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Mengapa ada TBM Teras Tegal Literasi? TBM ( taman bacaan masyarakat ) Teras Tegal Literasi bisa dikategorikan sebagai perpustakaan masyarakat karena sasaran utamanya adalah warga masyarakat,  TBM TL hadir sebagai tempat baca yang asik untuk rekreasi tipis-tipis,mengapa? Yaa...karena  dengan suasana yang sederhana dan lebih fleksibel,TBM  Teras Literasi ( TL ) terbuka bagi siapa saja yang mau memanfaatkannya. TBM  TL didesain layaknya taman yang sarat dengan kehangatan susasana keluarga yang berada di lingkup perumahan dikelilingi perkampungan yang asri. Sehingga yang didapatkan oleh orang yang berku...