Langsung ke konten utama

Ledok Ombo

 

Aksi asik hari ini Sabtu 1 Juli dan Minggu 2 Juli 2023 adalah Camp Literasi di Ledok Ombo Poncokusumo Kabupaten Malang.

Bismillah  dengan armada si putih bersepuluh berangkat jam 08.00 dari Pawon Literasi yang di komadani Pakdhe Eko dengan peserta aksi asik pada hari ini dari kota Surabaya dan Crew TL dari Kota Malang.

Perjalanan sekitar 40 menit dari Pawon Literasi, hawa dingin pohon pinus  dan kanan kiri kebun jeruk dan sayur mayur terlihat menyejukkan hati

Alhamdulillah sampai lokasi anak TL bersiap mencari lokasi yang nyaman, banner bekas di gelar untuk alas bersantai.

Aksi literasi numerasi dengan permainan Uno siap dimainkan bersama, ada yang raja ngeyel tak mau kalah dalam permainan, ada yang yaa ...sudahlah mengalah saja,

Permainan Uno juga dapat memprediksi apa yang terjadi jika dirinya terlewat 1 langkah. 

Selain melatih working memory, bermain uno juga dapat mengasah fleksibilitas. Ini karena permainan uno menuntut pemainnya untuk beradaptasi serta menyesuaikan diri dengan situasi dan kenyataan yang selalu berganti.

Dalam permainan Uno ini juga kemampuan menganalisis dengan menggunakan angka-angka sehingga  dikenal sebagai kemampuan numerasi. Aksi asik permainan uno ini sebagai salah satu pematik dalam aksi literasi numerasi 

Roti bakarpun siap di sajikan Budhe Yanti  yang dinikmati sambil permainan Uno. Membaca keadaan dan sudah waktunya menikmati camilan dengan kondisi alam yang sangat dingin memancing peserta Camp dan Crew TL untuk nyemil.

Di hamparan luas udaranya masih segar jauh dari polusi, dengan pohon-pohon pinus berjajar dan hutan hijau lebat sejauh apapun mata memandang. 

Berada dalam pengelolaan yang baik dari Perhutani dan Lembaga Kemitraan Desa Penguasaan Hutan (LKDPH), hutan pinus ini jadi destinasi wisata yang bisa membuat hati adem.

Di Ledok Omboh ini anak TL dan crew TL bermain Hammocking yang telah menjadi trend yang mendunia. 

Tidak hanya di Ledok Omboh banyak wisata hutan pinus di Malang yang juga menawarkan permainan Hammocking sebagai salah satu wahana yang menarik. 

Dua Hammock yang di pasang oleh crew TL untuk dibuat ayun-ayun peserta Camp Literasi, sambil merasakan semilir angin sejuk membelai dan mendengarkan suara gemerisik dedauan yang bergoyang di pucuk-pucuk pohon.

Suara satwa alam di sekitar terdengar seperti lullaby pengantar tidur yang menyeyakan. 

Sangat tepat crew TL mengadakan aksi asik Camp Literasi di Ledok Ombo.

Api unggun menemani dinginnya malam, ada tiga tenda yang siap ditempati penghuninya.

Lanjut aksi asik literasi alam, yaitu semua peserta Camp Literasi dan Crew TL berjalan menyusuri bukit menuju ke sungai di tepi hutan pinus. 

Dikelilingi tebing-tebing alami, area sungai ini menyajikan pemandangan alam indah. 

Disungai yang jernih ini semua peserta Camp Literasi dan Crew TL bermain air dan merasakan dinginya air sungai.

Pengalaman Camp Literasi yang sangat menyenangkan, dengan aksi asik Camp Literasi  2023 semua peserta Camp Literasi dan Crew  a TL dapat saling lebih mengenal satu sama yang lainnya.

Peserta Camp Literasi dan Crew TL berharap Camp Literasi bisa menjadi agenda tahunan yang bisa diselenggarakan dua kali dalam satu tahunnya.

Terus bergerak belajar bermakna berdampak berkelanjutan merdeka belajar merdeka mengajar.


SW_1-7-2023


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lepas rindu crew TL

  Kau Datang Dalam Aksi MSIB #4 M asa S ejenak I de B ersama Kata orang kita  G I L A, kita memang G I L A G iat I de L anjut A ksi Selalu ada dimanapun dan untuk siapapun Saat itu ada informasi untukku Ku terima ada koordinasi dulu Namun aku bingung kenapa ke aku Apa karena ada ikatan atau hanya kebetulan Ya .. aku yang saat ini bisa membantu mu Aku, Kau, dan Kita bisa menyatu Walau kau berasal dari daerah jauh   Aku hanya mendengar dan tak tau tentangmu Dunia baru yang hadirkan sebuah rasa bagiku Begitu ceria dan penuh warna Hingga pahitnya terbang entah kemana Siapa kau dan kau sebenarnya Pikirku terus menerka-nerka Akhirnya aku tahu dari perkenalanmu Waktuku habis bersamamu Tapi lama baru ku tahu Ada cerita ada gembira ada haru Ada gaya ada pesona ada lemah Ada gerak ada proses ada lambat Ada respon ada tanggap ada acuh Semua ada sebagai bumbu bersama Beberapa bulan kau dan aku alami itu Memantapkan asa untuk satu tujuan  Meski ku tahu keras kepalamu itu Tak pernah rendahkan ego

Meong Literasi di pisah kenang MSIB#4

  Aksi asik malam ini crew TL berkunjung ke acara pelepasan mahasiswa magang MSIB #4 RBA_Kampus Merdeka Kemenristek bertempat di obyek wisata Wonosari kebun teh Lawang. Tepat jam 16.30 wib crew TL Sampai dilokasi,melihat semua mahasiswa magang Independen Bersertifikat sedang berkegiatan kolaborasi dengan penempatan daerah lain di Aula wisata. Crew TL menunggu sambil menikmati pemandangan kebun teh Wonosari Lawang hingga jam istirahat isoma, crew TL hampiri lagi crew TL MSIB#4 kami bangun  refleksi cerita kebersamaan, ada senyum sipu,tawa dan canda dan ada tangis melepas perpisahan dengan peluk sayang dari Crew TL terutama dengan pakdhe Eko dan budhe Yanti. Surprise dari crew TL buket meong tersampaikan pada setiap crew TL MSIB4, sorak tawa haru menerimanya, oooo Kiki kata kak Yayang ,nama kucing kesayangan yang akan ikut serta ke daerah asalnya. Buket meong telah disiapkan oleh Crew TL dalam waktu sehari membuat enam buket meong, hasil praktik nyata dari pelatihan yang diikuti Minggu l

Diferensiasi di Ujian Praktek Relicmandaya

  Pembelajaran diferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar individu, termasuk kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajar mereka. Pendekatan ini memungkinkan guru untuk menggunakan berbagai metode dan strategi untuk memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda di antara siswa.  Terdapat tiga jenis diferensiasi yang dapat diterapkan, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk,  di SMPN 27 Malang  selama empat hari mulai tanggal 29 Januari hingga 1 Febuari 2024 telah dilaksanakan ujian praktek kelas 9 dengan Pendekatan diferensiasi, ini bertujuan untuk menciptakan kesetaraan dalam pembelajaran dan memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan untuk berkembang sesuai dengan potensinya Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat digunakan antara lain 1. Diferensiasi konten: menyediakan materi dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. 2. Diferensiasi proses: tekanan pada bagaimana si