Langsung ke konten utama

Ada Festival Ria Keluarga

FESTIVAL RIA KELUARGA 

Hari Lahir Pancasila 

Aksi asik literasi hari ini Minggu 4 Juni 2023 diawali dengan koordinasi antara Crew TL dengan ketua RT guna  persiapkan aksi asik sekaligus jumlah peserta yang diundang untuk aksi asik nantinya. 

Persiapan yang crew TL lakukan dimulai dari alat, bahan, property dan  tema materi yang akan digunakan dalam aksi aksi nantinya.

Aksi asik dihari Minggu ini dilaksanakan di RT 02 RW 09 Kelurahan Lesanpuro, aksi asik ini diawali dengan aksi Literasi Budaya yaitu dengan menyaksikan tayangan video bersama-sama antara orang tua dan anak dengan tema budaya nusantara. Vidio tersebut memuat ragam budaya dari berbagai daerah tempat crew TL berasal diantaranya adalah Manado, Bontang, Bogor, Tasikmalaya, Jember, Ponorogo dan Jombang. 

Setelah menyaksikan tayangan vidio  kemudian diadakan kuis mengenai materi yang ada dalam video tersebut dan beberapa yang berhasil menjawab diberi apresiasi berupa hadiah dari Crew TL. 

Selanjutnya Crew TL menyampaikan dan menunjukkan baju adat suku Dayak Kenyah Ta'a dari Kalimantan Timur yang telah dibuat oleh Crew TL berbahan limbah sampah plastikTa'a sendiri adalah sebutan untuk baju adat untuk para wanita sedangkan Sapei Sapaq adalah baju adat untuk kaum laki-laki.

Model baju adat ini hampir sama dengan pakaian adat dayak lainnya. Terbuat dari kain beludru berwarna hitam dengan ornamen manik-manik yang bermotif khusus.

Pakaian adat Ta'a berupa atasan menyerupai rompi tanpa lengan. Dan dipadukan dengan rok panjang yang juga bermotif. Sebagai aksesoris dilengkapi dengan aneka manik-manik, taring macan, dan bulu burung enggang. Baju adat Ta'a ini melambangkan wanita suku dayak yang berwibawa, percaya diri dan berkarakter.

Selanjutnya bagi kaum laki-laki, baju adat Sapei Sapaq dipadukan dengan celana pendek. Biasanya juga dilengkapi dengan mandau (senjata tradisional dayak) dan talawang (tameng yang terbuat dari kayu besi).

Terlihat semua peserta mendegarkan dengan fokus dari penjelasan crew TL.

Kegiatan selanjutnya adalah penyuluhan parenting dan keorangtuaan dengan narasumber Bu Suyati Wibowo yang merupakan guru di SMPN 27 Malang, orang tua yang hadir diharapkan menjadi paham betul cara pola asuh dan didikan yang tepat untuk anak.

Penyuluhan selanjutkan adalah Pencegahan Stunting dengan Narasumber Ibu Tri Cahyaningsih yang merupakan tenaga teknis di Dinas Kesehatan Kota Malang. 

Sementara untuk anak-anak TL yang hadir beraksi asik dengan bermain Ular Tangga Raksasa dengan crew TL. 


Ft. Penyuluhan pada orang tua

Tidak ada tantangan yang cukup berarti mulai dari persiapan sampai pada pelaksanaan aksi asik ini karena semua hal sudah dipersiapkan dari jauh-jauh hari sebelumnnya  oleh semua Crew TL.

Pada Akhirnya seluruh peserta terlihat menikmati setiap mata acara dalam kegiatan kali ini, ragam jenis kenangan pun tercipta dan ragam pengetahuan juga menambah bagi peserta dan juga semua Crew TL.


Vidio orang tua diajak menyanyikan lagu profil pelajar Pancasila.

Penyampaian Proyek Profil Pelajar Pancasila pada orang tua untuk memperkuat karakter, at mengembangkan kompetensi sebagai warga dunia yang aktif, melatih kemampuan pemecahan masalah dalam berbagai kondisi, serta memperlihatkan tanggung jawab dan kepedulian terhadap isu di sekitar.

Hal ini perlu disampaikan terkait tema aksi asik hari ini yaitu memperingati hari lahirnya Pancasila.  

Perubahan yang terjadi adalah seluruh peserta mendapatkan tambahan pengetahuan baru mengenai ragam dan  jenis kegiatan salah satunya adalah mengenal budaya di Nusantara serta meningkatkan pengetahuan terkait  peyuluhan dan meningkatnya kreatifitas dalam menyusun strategi melalui permainan edukatif.


Terus bergerak belajar bermakna berdampak berkelanjutan merdeka belajar merdeka mengajar, semoga semua aksi asik literasi di masyarakat ada manfaat bersama.


SW_4-6-2023

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lepas rindu crew TL

  Kau Datang Dalam Aksi MSIB #4 M asa S ejenak I de B ersama Kata orang kita  G I L A, kita memang G I L A G iat I de L anjut A ksi Selalu ada dimanapun dan untuk siapapun Saat itu ada informasi untukku Ku terima ada koordinasi dulu Namun aku bingung kenapa ke aku Apa karena ada ikatan atau hanya kebetulan Ya .. aku yang saat ini bisa membantu mu Aku, Kau, dan Kita bisa menyatu Walau kau berasal dari daerah jauh   Aku hanya mendengar dan tak tau tentangmu Dunia baru yang hadirkan sebuah rasa bagiku Begitu ceria dan penuh warna Hingga pahitnya terbang entah kemana Siapa kau dan kau sebenarnya Pikirku terus menerka-nerka Akhirnya aku tahu dari perkenalanmu Waktuku habis bersamamu Tapi lama baru ku tahu Ada cerita ada gembira ada haru Ada gaya ada pesona ada lemah Ada gerak ada proses ada lambat Ada respon ada tanggap ada acuh Semua ada sebagai bumbu bersama Beberapa bulan kau dan aku alami itu Memantapkan asa untuk satu tujuan  Meski ku tahu keras kepalamu itu Tak pernah rendahkan ego

Meong Literasi di pisah kenang MSIB#4

  Aksi asik malam ini crew TL berkunjung ke acara pelepasan mahasiswa magang MSIB #4 RBA_Kampus Merdeka Kemenristek bertempat di obyek wisata Wonosari kebun teh Lawang. Tepat jam 16.30 wib crew TL Sampai dilokasi,melihat semua mahasiswa magang Independen Bersertifikat sedang berkegiatan kolaborasi dengan penempatan daerah lain di Aula wisata. Crew TL menunggu sambil menikmati pemandangan kebun teh Wonosari Lawang hingga jam istirahat isoma, crew TL hampiri lagi crew TL MSIB#4 kami bangun  refleksi cerita kebersamaan, ada senyum sipu,tawa dan canda dan ada tangis melepas perpisahan dengan peluk sayang dari Crew TL terutama dengan pakdhe Eko dan budhe Yanti. Surprise dari crew TL buket meong tersampaikan pada setiap crew TL MSIB4, sorak tawa haru menerimanya, oooo Kiki kata kak Yayang ,nama kucing kesayangan yang akan ikut serta ke daerah asalnya. Buket meong telah disiapkan oleh Crew TL dalam waktu sehari membuat enam buket meong, hasil praktik nyata dari pelatihan yang diikuti Minggu l

Diferensiasi di Ujian Praktek Relicmandaya

  Pembelajaran diferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar individu, termasuk kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajar mereka. Pendekatan ini memungkinkan guru untuk menggunakan berbagai metode dan strategi untuk memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda di antara siswa.  Terdapat tiga jenis diferensiasi yang dapat diterapkan, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk,  di SMPN 27 Malang  selama empat hari mulai tanggal 29 Januari hingga 1 Febuari 2024 telah dilaksanakan ujian praktek kelas 9 dengan Pendekatan diferensiasi, ini bertujuan untuk menciptakan kesetaraan dalam pembelajaran dan memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan untuk berkembang sesuai dengan potensinya Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat digunakan antara lain 1. Diferensiasi konten: menyediakan materi dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. 2. Diferensiasi proses: tekanan pada bagaimana si