Langsung ke konten utama

KOLABORASI Ecobrik TL_SMPN 27 & SDN BUMIAYU 3 MALANG

 

Kegiatan bersama Kamis 15 Desember 2022,  edukasi pemanfaatan sampah plastik dengan ecobrik aksi asik hari ini crew Taman baca Teras Literasi bersama SDN Bumiayu 3 Kota Malang.

Crew  teras literasi bude Yanti dan pakde Eko memberikan materi singkat informasi tentang jenis-jenis sampah ,dampak negatif membuang sampah sembarangan lanjut beraksi praktek ecobrik.

Proses awal pembuatan ekobrik dijelaskan oleh bude Yanti semua anak-anak 280 siswa SDN Bumiayu 3 Kota Malang memperhatikan dengan tertib.

Semua bahan dan peralatan untuk praktek ekobrik sudah disiapkan proses awal praktek ecobrik siapkan sampah plastik yang ada dua sisi sisi perak dan sisi bewarna, siapkan botol bekas air mineral dengan ukuran yang sama, gunting untuk menggunting ukuran sampah plastik, stik kayu atau bisa digunakan tongkat semaphore Pramuka untuk mendorong agar sampah plastik di botol pasak.

Bila ada sampah yang basah atau masih kotor dengan segera dibersihkan dengan tisu tanpa dicuci dengan air. Lanjut gunting dengan ukuran sesuai selera tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar menyesuaikan. Berikutnya masukkan guntingan sampah ke dalam botol lalu didorong dipasakan dengan tongkat kayu.

Semua  siswa langsung praktek langsung beraksi dengan senang gembira dipandu didampingi crew teras literasi dan enam siswa SMP Negeri 27 Malang sebagai pendamping pengimbasan ecobrik, dimana ecobrik sudah menjadi pembiasaan siswa dalam pemanfaatan sampah plastik yang ditemui disekolah terutama khususnya sampah plastik dirumahnya.  Terlihat peran aktif bapak Ibu Guru yang selalu mendampingi anak kelasnya.

280 siswa kelas 1 hingga kelas 6 telah menyelesaikan kurang lebih 35 botol ecobrik secara berkelompok, aksi hari ini tampak karakter gotong royong sudah terbangun, crew TL memberikan hadiah bagi botol ecobrik yang berat timbangannya terbanyak. Ada 6 kelompok yang telah berhasil, mereka senang sekali menerima hadiah paket jajanan dari Pawon literasi.

"Saya sangat senang dan mengucapkan banyak terima kasih kepada crew teras literasi dan siswa SMP Negeri 27 Malang yang bersama-sama memberikan edukasi pemanfaatan sampah plastik dalam aksi ekobrik semoga kegiatan ini bisa berkelanjutan,  dan kegiatan pagi ini manfaat bagi anak-anak SDN Bumiayu 3 Malang dalam pembiasaan pemanfaatan sampah plastik dengan ekobrik, itu yang disampaikan kepala sekolah SDN Bumiayu 3."

Pesan penutup dari bude Yanti "aksi asik hari ini mari bersama kita lanjutkan di rumah masing-masing siswa maupun di sekolah dalam  pemanfaatan sampah plastik harus benar-benar bersama  dirutinkan agar sampah plastik bisa menjadi nilai guna, di kemudian hari nanti crew TL akan bergiat beraksi bersama kembali akan melihat  hasil karya nyata dari pembiasaan pemanfaatan sampah plastik siswa SDN Bumiayu 3 Kota Malang."

Ucapan terima kasih juga disampaikan oleh pakde Eko "semoga aksi ke depan lebih semangat dalam menghasilkan karya nyata terus belajar Merdeka belajar Merdeka mengajar."



SW 15-12-2022

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diferensiasi di Ujian Praktek Relicmandaya

  Pembelajaran diferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar individu, termasuk kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajar mereka. Pendekatan ini memungkinkan guru untuk menggunakan berbagai metode dan strategi untuk memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda di antara siswa.  Terdapat tiga jenis diferensiasi yang dapat diterapkan, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk,  di SMPN 27 Malang  selama empat hari mulai tanggal 29 Januari hingga 1 Febuari 2024 telah dilaksanakan ujian praktek kelas 9 dengan Pendekatan diferensiasi, ini bertujuan untuk menciptakan kesetaraan dalam pembelajaran dan memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan untuk berkembang sesuai dengan potensinya Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat digunakan antara lain 1. Diferensiasi konten: menyediakan materi dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. 2. Diferensiasi proses: tekana...

LATSOL IPS VIII BAB III

  BAB III KEUNGGULAN DAN KETERBATASAN ANTARARUANGPENGARUHNYA TERHADAP KEGIATAN EKONOMI,SOSIAL,BUDAYA DI INDONESIA DAN ASEAN 3.3. Menganalisis keunggulan   dan keterbatasan ruang dalam permintaan  dan penawaran, teknologi sertapengaruhnya terhadap interaksi antar ruang bagi kegiatan ekonomi, sosial, budaya, di Indonesia dan negara-negara ASEAN. JAWABLAH DENGAN TEPAT DAN BENAR  ( silakan jawab di kolom komentar, beri nama, kelas dan no absensi ) 1.    Daerah berikut yang memiliki keunggulan komparatif pada barang-barang industri adalah .... A. Sumatera B. Jawa C. Kalimantan D. Papua   2.    Tingkat permintaan barang dan jasa masyarakat di pedesaan cenderung lebih sedikit dibandingkan dengan masyarakat di perkotaan. Cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan permintaan masyarakat pedesaan terhadap barang dan jasa adalah .... A. mengirimkan tenaga penyuluh dalam upaya meningkatkan hasil pertanian B. memberikan bantuan langsung ...

Mengapa Ada TL

  Mengapa ada taman bacaan masyarakat? Taman Bacaan Masyarakat (TBM) sebagai sumber informasi sangat berperan penting dalam menciptakan masyarakat yang literasi karena berfungsi sebagai sumber informasi ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan menunjang pelaksanaan pembangunan nasional dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Mengapa ada TBM Teras Tegal Literasi? TBM ( taman bacaan masyarakat ) Teras Tegal Literasi bisa dikategorikan sebagai perpustakaan masyarakat karena sasaran utamanya adalah warga masyarakat,  TBM TL hadir sebagai tempat baca yang asik untuk rekreasi tipis-tipis,mengapa? Yaa...karena  dengan suasana yang sederhana dan lebih fleksibel,TBM  Teras Literasi ( TL ) terbuka bagi siapa saja yang mau memanfaatkannya. TBM  TL didesain layaknya taman yang sarat dengan kehangatan susasana keluarga yang berada di lingkup perumahan dikelilingi perkampungan yang asri. Sehingga yang didapatkan oleh orang yang berku...