Langsung ke konten utama

KOLABORASI Ecobrik TL_SMPN 27 & SDN BUMIAYU 3 MALANG

 

Kegiatan bersama Kamis 15 Desember 2022,  edukasi pemanfaatan sampah plastik dengan ecobrik aksi asik hari ini crew Taman baca Teras Literasi bersama SDN Bumiayu 3 Kota Malang.

Crew  teras literasi bude Yanti dan pakde Eko memberikan materi singkat informasi tentang jenis-jenis sampah ,dampak negatif membuang sampah sembarangan lanjut beraksi praktek ecobrik.

Proses awal pembuatan ekobrik dijelaskan oleh bude Yanti semua anak-anak 280 siswa SDN Bumiayu 3 Kota Malang memperhatikan dengan tertib.

Semua bahan dan peralatan untuk praktek ekobrik sudah disiapkan proses awal praktek ecobrik siapkan sampah plastik yang ada dua sisi sisi perak dan sisi bewarna, siapkan botol bekas air mineral dengan ukuran yang sama, gunting untuk menggunting ukuran sampah plastik, stik kayu atau bisa digunakan tongkat semaphore Pramuka untuk mendorong agar sampah plastik di botol pasak.

Bila ada sampah yang basah atau masih kotor dengan segera dibersihkan dengan tisu tanpa dicuci dengan air. Lanjut gunting dengan ukuran sesuai selera tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar menyesuaikan. Berikutnya masukkan guntingan sampah ke dalam botol lalu didorong dipasakan dengan tongkat kayu.

Semua  siswa langsung praktek langsung beraksi dengan senang gembira dipandu didampingi crew teras literasi dan enam siswa SMP Negeri 27 Malang sebagai pendamping pengimbasan ecobrik, dimana ecobrik sudah menjadi pembiasaan siswa dalam pemanfaatan sampah plastik yang ditemui disekolah terutama khususnya sampah plastik dirumahnya.  Terlihat peran aktif bapak Ibu Guru yang selalu mendampingi anak kelasnya.

280 siswa kelas 1 hingga kelas 6 telah menyelesaikan kurang lebih 35 botol ecobrik secara berkelompok, aksi hari ini tampak karakter gotong royong sudah terbangun, crew TL memberikan hadiah bagi botol ecobrik yang berat timbangannya terbanyak. Ada 6 kelompok yang telah berhasil, mereka senang sekali menerima hadiah paket jajanan dari Pawon literasi.

"Saya sangat senang dan mengucapkan banyak terima kasih kepada crew teras literasi dan siswa SMP Negeri 27 Malang yang bersama-sama memberikan edukasi pemanfaatan sampah plastik dalam aksi ekobrik semoga kegiatan ini bisa berkelanjutan,  dan kegiatan pagi ini manfaat bagi anak-anak SDN Bumiayu 3 Malang dalam pembiasaan pemanfaatan sampah plastik dengan ekobrik, itu yang disampaikan kepala sekolah SDN Bumiayu 3."

Pesan penutup dari bude Yanti "aksi asik hari ini mari bersama kita lanjutkan di rumah masing-masing siswa maupun di sekolah dalam  pemanfaatan sampah plastik harus benar-benar bersama  dirutinkan agar sampah plastik bisa menjadi nilai guna, di kemudian hari nanti crew TL akan bergiat beraksi bersama kembali akan melihat  hasil karya nyata dari pembiasaan pemanfaatan sampah plastik siswa SDN Bumiayu 3 Kota Malang."

Ucapan terima kasih juga disampaikan oleh pakde Eko "semoga aksi ke depan lebih semangat dalam menghasilkan karya nyata terus belajar Merdeka belajar Merdeka mengajar."



SW 15-12-2022

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lepas rindu crew TL

  Kau Datang Dalam Aksi MSIB #4 M asa S ejenak I de B ersama Kata orang kita  G I L A, kita memang G I L A G iat I de L anjut A ksi Selalu ada dimanapun dan untuk siapapun Saat itu ada informasi untukku Ku terima ada koordinasi dulu Namun aku bingung kenapa ke aku Apa karena ada ikatan atau hanya kebetulan Ya .. aku yang saat ini bisa membantu mu Aku, Kau, dan Kita bisa menyatu Walau kau berasal dari daerah jauh   Aku hanya mendengar dan tak tau tentangmu Dunia baru yang hadirkan sebuah rasa bagiku Begitu ceria dan penuh warna Hingga pahitnya terbang entah kemana Siapa kau dan kau sebenarnya Pikirku terus menerka-nerka Akhirnya aku tahu dari perkenalanmu Waktuku habis bersamamu Tapi lama baru ku tahu Ada cerita ada gembira ada haru Ada gaya ada pesona ada lemah Ada gerak ada proses ada lambat Ada respon ada tanggap ada acuh Semua ada sebagai bumbu bersama Beberapa bulan kau dan aku alami itu Memantapkan asa untuk satu tujuan  Meski ku tahu keras kepalamu itu Tak pernah rendahkan ego

Meong Literasi di pisah kenang MSIB#4

  Aksi asik malam ini crew TL berkunjung ke acara pelepasan mahasiswa magang MSIB #4 RBA_Kampus Merdeka Kemenristek bertempat di obyek wisata Wonosari kebun teh Lawang. Tepat jam 16.30 wib crew TL Sampai dilokasi,melihat semua mahasiswa magang Independen Bersertifikat sedang berkegiatan kolaborasi dengan penempatan daerah lain di Aula wisata. Crew TL menunggu sambil menikmati pemandangan kebun teh Wonosari Lawang hingga jam istirahat isoma, crew TL hampiri lagi crew TL MSIB#4 kami bangun  refleksi cerita kebersamaan, ada senyum sipu,tawa dan canda dan ada tangis melepas perpisahan dengan peluk sayang dari Crew TL terutama dengan pakdhe Eko dan budhe Yanti. Surprise dari crew TL buket meong tersampaikan pada setiap crew TL MSIB4, sorak tawa haru menerimanya, oooo Kiki kata kak Yayang ,nama kucing kesayangan yang akan ikut serta ke daerah asalnya. Buket meong telah disiapkan oleh Crew TL dalam waktu sehari membuat enam buket meong, hasil praktik nyata dari pelatihan yang diikuti Minggu l

Diferensiasi di Ujian Praktek Relicmandaya

  Pembelajaran diferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar individu, termasuk kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajar mereka. Pendekatan ini memungkinkan guru untuk menggunakan berbagai metode dan strategi untuk memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda di antara siswa.  Terdapat tiga jenis diferensiasi yang dapat diterapkan, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk,  di SMPN 27 Malang  selama empat hari mulai tanggal 29 Januari hingga 1 Febuari 2024 telah dilaksanakan ujian praktek kelas 9 dengan Pendekatan diferensiasi, ini bertujuan untuk menciptakan kesetaraan dalam pembelajaran dan memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan untuk berkembang sesuai dengan potensinya Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat digunakan antara lain 1. Diferensiasi konten: menyediakan materi dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. 2. Diferensiasi proses: tekanan pada bagaimana si