Langsung ke konten utama

SUMPAH PEMUDA di Bumi Relicmandaya

 

SUMPAH PEMUDA di Bumi Relicmandaya






SUMPAH PEMUDA

Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia.

Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.

 Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

 

Sumpah Pemuda adalah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia. Sumpah adalah ikrar atau janji yang terpatri dalam hati serta harus terlaksana sesuai tekad yang melekat. Pemuda adalah seseorang atau individu sebagai sumber daya manusia yang mengalami perkembangan fisik, psikis, dan emosional. Individu ini penuh dengan karakter dinamis, bergejolak, dan optimis di masa kini maupun di masa datang. Pemuda adalah tulang punggung bangsa. Di dalam dirinyalah segala potensi, masalah, peran, dan harapan untuk bangsa diemban di atas pundaknya.

 Hari ini kita memperingati Hari Sumpah Pemuda ke 94. Tema yang diusung oleh Kemenpora adalah “Bersama Bangun Bangsa”.  Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan bahwa Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran tentang bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras, dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan. "Sejarah telah menjelaskan bahwa pilihan pemuda waktu itu telah menjadi tonggak kuat menuju kemerdekaan. Peran pemuda dalam memelopori membangun visi kebangsaan dengan Sumpah Pemuda 1928 yang diikuti rangkaian pergerakan-pergerakannya telah mengantarkan kepada proklamasi kemerdekaan Indonesia," tulisnya dalam sambutan yang diedarkan melalui laman resmi Kemenpora.”

Sejarah Sumpah Pemuda adalah sejarah panjang tentang keberadaan Pemuda Indonesia di masa kolonial. Sumpah Pemuda berhasil dikumandangkan dan diikrarkan oleh Pemuda dan Pemudi Indonesia pada tanggal 28 Oktober 1928. Berawal dari pendirian organisasi-organisasi yang bersifat kedaerahan untuk melawan penjajahan Belanda. Para Pemuda dari berbagai macam organisasi berkumpul dan bermusyawarah dalam satu rapat. Rapat diadakan sebanyak dua kali di Jakarta. Rapat atau Kongres yang pertama terjadi pada tanggal 30 April hingga 2 Mei 1926 di Batavia (Jakarta) tanpa ada hasil yang memuaskan. Dua tahun kemudian diadakan Kongres Pemuda II. Gagasan diadakannya Kongres datang daru PPPI ( Persatuan Pelajar-Pelajar Indonesia). Dilaksanakan di tiga tempat berbeda mulai tanggal 27 hingga 28 Oktober 1928.

     Rapat pertama dimulai hari Sabtu tanggal 27 Oktober 1928 di Gedung Katholieke Jongenlingen Bond (KJB) di Lapangan Banteng. Yang dibahas pertama adalah masalah Pemuda dan Persatuan. Moehammad Jamin maju berpidato untuk menguraikan arti dan hubungannya. Dikatakannya bahwa ada 5 faktor yang memperkuat hubungan pemuda dan persatuan, yaitu sejarah, bahasa, hukum adat, pendidikan, dan kemauan.

Rapat kedua, dibahas tentang masalah pendidikan bagi anak. Pembahasan berlangsung di hari Minggu tanggal 28 Oktober 1928 di Gedung Oost-Java Bioscoop. Dua orang Pemuda yang maju berpidato dan menyampaikan aspirasinya adalah Poernomowoelan dan Sarmidi Mangunsarkoro. Bagi mereka pendidikan anak di sekolah dan di rumah harus seimbang. Anak juga harus dididik secara demokratis.

Rapat ketiga, dilanjutkan di Gedung Indonesische Clubhuis Kramat 106 (Gedung Sumpah Pemuda, Jakarta Pusat). Pada hari itu Minggu 28 Oktober 1928, diumumkan rumusan hasil Kongres yang disebut Sumpah Pemuda. Setelahnya Rapat ditutup dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya karya Wage Rudolf Supratman. Seluruh Pemuda di dalam gedung bernyanyi dengan penuh semangat.

 Terbukti ikrar Sumpah Pemuda sebagai hasil keputusan rapat dari Kongres II Pemuda-Pemudi Indonesia mampu menjembatani keinginan Bangsa Indonesia untuk merdeka. Sumpah Pemuda merupakan salah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Sumpah Pemuda adalah kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia.

Inti Sumpah Pemuda adalah ikrar Pemuda-Pemudi Indonesia yang mengaku bertumpah darah satu, tanah air Indonesia, mengakui berbangsa satu, Bangsa Indonesia ,dan menjunjung bahasa persatuan, Bahasa Indonesia. Mari tetap melebihi semangat pemuda pemudi Indonesia tebarkan semangatmu untuk meraih cita-cita gemilang.

Di SMPN 27 hari ini diadakan upacara hari Sumpah Pemuda ke 94 tentunya dengan tetap melaksanakan protocol kesehatan, siswa yang mengikuti kelas VII,VIII dan kelas IX dan semua bapak ibu guru serta karyawan sekolah. Terlihat kegiatan yang penuh hikmat dan kesan yang sangat mendalam melaksanakan upacara bendera sumpah pemuda ini memberikan edukasi sekaligus membangkitkan semangat sumpah pemuda. Hari ini juga ada apresiasi karya siswa sebuah buku kumpulkan dialog pemahaman materi mata pelajaran IPS kelas VIII dan IX, ini adalah bukti nyata aksi gerakan literasi sekolah SMPN 27 Malang semakin yang semakin hebat. Aksi hari ini sebagai bukti penguatan budaya literasi di sekolah.

“Awal saya melakukan menulis ini, sebagai pemahaman materi IPS yang diberikan oleh guru Suyati selaku guru IPS, ternyata saya lebih paham dengan materi ini, apalagi saya tuangkan dalam bentuk dialoq berbahasa Inggris, Semoga aksi saya dapat menginspirasi teman-teman.” Kata Nabila salah satu penulis “.

Selalu melebihi semangat berkarya, selalu bergerak belajar, bermakna berdampak berkelanjutan.

 

Aktivitas :

·         Tulislah apa kesanmu sebagai Pemuda Indonesia masa kini.

·         Tulislah apa pesanmu kepada Para Pemuda Bangsa generasi emas harapan Indonesia di masa depan.

 

28-10-2022  Suyati_ SMPN 27 Malang

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lepas rindu crew TL

  Kau Datang Dalam Aksi MSIB #4 M asa S ejenak I de B ersama Kata orang kita  G I L A, kita memang G I L A G iat I de L anjut A ksi Selalu ada dimanapun dan untuk siapapun Saat itu ada informasi untukku Ku terima ada koordinasi dulu Namun aku bingung kenapa ke aku Apa karena ada ikatan atau hanya kebetulan Ya .. aku yang saat ini bisa membantu mu Aku, Kau, dan Kita bisa menyatu Walau kau berasal dari daerah jauh   Aku hanya mendengar dan tak tau tentangmu Dunia baru yang hadirkan sebuah rasa bagiku Begitu ceria dan penuh warna Hingga pahitnya terbang entah kemana Siapa kau dan kau sebenarnya Pikirku terus menerka-nerka Akhirnya aku tahu dari perkenalanmu Waktuku habis bersamamu Tapi lama baru ku tahu Ada cerita ada gembira ada haru Ada gaya ada pesona ada lemah Ada gerak ada proses ada lambat Ada respon ada tanggap ada acuh Semua ada sebagai bumbu bersama Beberapa bulan kau dan aku alami itu Memantapkan asa untuk satu tujuan  Meski ku tahu keras kepalamu itu Tak pernah rendahkan ego

Meong Literasi di pisah kenang MSIB#4

  Aksi asik malam ini crew TL berkunjung ke acara pelepasan mahasiswa magang MSIB #4 RBA_Kampus Merdeka Kemenristek bertempat di obyek wisata Wonosari kebun teh Lawang. Tepat jam 16.30 wib crew TL Sampai dilokasi,melihat semua mahasiswa magang Independen Bersertifikat sedang berkegiatan kolaborasi dengan penempatan daerah lain di Aula wisata. Crew TL menunggu sambil menikmati pemandangan kebun teh Wonosari Lawang hingga jam istirahat isoma, crew TL hampiri lagi crew TL MSIB#4 kami bangun  refleksi cerita kebersamaan, ada senyum sipu,tawa dan canda dan ada tangis melepas perpisahan dengan peluk sayang dari Crew TL terutama dengan pakdhe Eko dan budhe Yanti. Surprise dari crew TL buket meong tersampaikan pada setiap crew TL MSIB4, sorak tawa haru menerimanya, oooo Kiki kata kak Yayang ,nama kucing kesayangan yang akan ikut serta ke daerah asalnya. Buket meong telah disiapkan oleh Crew TL dalam waktu sehari membuat enam buket meong, hasil praktik nyata dari pelatihan yang diikuti Minggu l

Diferensiasi di Ujian Praktek Relicmandaya

  Pembelajaran diferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar individu, termasuk kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajar mereka. Pendekatan ini memungkinkan guru untuk menggunakan berbagai metode dan strategi untuk memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda di antara siswa.  Terdapat tiga jenis diferensiasi yang dapat diterapkan, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk,  di SMPN 27 Malang  selama empat hari mulai tanggal 29 Januari hingga 1 Febuari 2024 telah dilaksanakan ujian praktek kelas 9 dengan Pendekatan diferensiasi, ini bertujuan untuk menciptakan kesetaraan dalam pembelajaran dan memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan untuk berkembang sesuai dengan potensinya Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat digunakan antara lain 1. Diferensiasi konten: menyediakan materi dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. 2. Diferensiasi proses: tekanan pada bagaimana si