Langsung ke konten utama

Guru Berubah

 

Apa peranan guru dalam pembelajaran, peranan guru berangkat dari pemahaman murid, kemudian guru masuk pelan-pelan memberikan pertanyaan pematik lanjut murid menemukan apa ketertarikan murid dalam topik tersebut, jadi guru hanya seperti mengarahkan memandu saja muridlah yang mencari jalannya, ibarat kalau murid mau jatuh ke jurang guru menariknya.

 Guru tidak hanya sekedar memberikan materi saja, tugas guru yang tidak tergantikan baik oleh teknologi manapun adalah membimbing dan membantu murid menemukan potensi murid, membimbing murid menemukan solusi terhadap permasalahan yang murid hadapi,inilah tugas dari guru dalam peranan guru di pembelajaran dengan pendekatan inquiri.


Guru dalam kompetisi boleh saja, tapi sekarang kolaborasi saling belajar saling menginspirasi, guru selalu buka mata buka telinga buka hati belajar tidak hanya dari sesama teman guru atau mungkin dari pengawas atau mungkin dari kepala sekolah saja, belajar bermakna itu ada bisa dari murid jadi istilahnya guru belajar dari mana saja .


 Dalam keikutsertaan seperti ikut kegiatan berbagi praktik baik kemauan guru untuk berkembang. Inilah yang dialami guru setiap hari, guru harus punya keyakinan,guru sudah mulai atau akan memulai jangan menyerah tetap berusaha.


Guru masih perlu banyak belajar jadi barangkali satu hal yang sempat terpikirkan guru harus terbuka dan membuka diri atas perkembangan kemajuan jaman, guru selalu open minded sajalah artinya guru punya pengalaman, guru punya masa lalu , guru punya bawaan pembelajaran sendiri, guru punya data informasi pengetahuan apapun yang sudah melekat pada diri guru tapi situasi yang hadapi saat ini senantiasa berubah selain guru untuk belajar hal-hal yang baru, belajar hal-hal yang bagi guru asing tapi guru juga open untuk mau menyesuaikan jikalau memang situasinya sudah tidak cocok ya ganti, sehingga dari situlah guru akan bisa menjawab apapun tantangannya.


 Artinya guru memang punya semangat eksperimen semangat melakukan yang terbaik tapi kalau guru ragu akan bisa atau tidak bisa itu sulit dimana guru tidak bisa berubah.  

 

Guru harus tinggalkan pola lama tidak sesuai dengan guru jaman ini, tinggalkan pola yang lama harus diperbaiki. Memang tidak semua guru bisa untuk menyesuaikan tantangan yang baru guru rasa hal begini sulit tidak semua orang guru tapi ya memang harus seperti itu.


Guru hanya satu sumber belajar selain muridnya yang belajar gurunya pun juga harus belajar memperkaya wawasan dan banyak-banyak mencari cara, sabar dalam berproses jika guru ingin menghasilkan hasil akhir yang manis tadi proses yang pahit itu mungkin bisa dirasa, manis karena memang guru menikmatinya.


 Guru pun juga harus open minded , open minded dengan berbagai macam permasalahan, jika salah satu eksperimen satu gagal maka cari cara yang lain mencari solusi yang lainnya demi mencapai murid-murid yang luar biasa.

Kemauan belajar bukan hanya pada murid, guru juga harus terus belajar. 

Belajar terbuka dengan segala kemungkinan tantangan dan belajar untuk terus mencari cara memecahkan setiap tantangan.


SW_1-11-2022

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LATSOL IPS VIII BAB III

  BAB III KEUNGGULAN DAN KETERBATASAN ANTARARUANGPENGARUHNYA TERHADAP KEGIATAN EKONOMI,SOSIAL,BUDAYA DI INDONESIA DAN ASEAN 3.3. Menganalisis keunggulan   dan keterbatasan ruang dalam permintaan  dan penawaran, teknologi sertapengaruhnya terhadap interaksi antar ruang bagi kegiatan ekonomi, sosial, budaya, di Indonesia dan negara-negara ASEAN. JAWABLAH DENGAN TEPAT DAN BENAR  ( silakan jawab di kolom komentar, beri nama, kelas dan no absensi ) 1.    Daerah berikut yang memiliki keunggulan komparatif pada barang-barang industri adalah .... A. Sumatera B. Jawa C. Kalimantan D. Papua   2.    Tingkat permintaan barang dan jasa masyarakat di pedesaan cenderung lebih sedikit dibandingkan dengan masyarakat di perkotaan. Cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan permintaan masyarakat pedesaan terhadap barang dan jasa adalah .... A. mengirimkan tenaga penyuluh dalam upaya meningkatkan hasil pertanian B. memberikan bantuan langsung ...

Mengapa Ada TL

  Mengapa ada taman bacaan masyarakat? Taman Bacaan Masyarakat (TBM) sebagai sumber informasi sangat berperan penting dalam menciptakan masyarakat yang literasi karena berfungsi sebagai sumber informasi ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan menunjang pelaksanaan pembangunan nasional dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Mengapa ada TBM Teras Tegal Literasi? TBM ( taman bacaan masyarakat ) Teras Tegal Literasi bisa dikategorikan sebagai perpustakaan masyarakat karena sasaran utamanya adalah warga masyarakat,  TBM TL hadir sebagai tempat baca yang asik untuk rekreasi tipis-tipis,mengapa? Yaa...karena  dengan suasana yang sederhana dan lebih fleksibel,TBM  Teras Literasi ( TL ) terbuka bagi siapa saja yang mau memanfaatkannya. TBM  TL didesain layaknya taman yang sarat dengan kehangatan susasana keluarga yang berada di lingkup perumahan dikelilingi perkampungan yang asri. Sehingga yang didapatkan oleh orang yang berku...

Tamu Literasi

  Foto 1. Budhe Yanti menjelaskan langkah-langkah meresume Foto 2. Meresume apa yang dibaca dan mengirimkannya ke WhatsApp Hari ini Sabtu 2 Oktober 2021 crew Teras Literasi berkegiatan di kota Surabaya tepatnya di Kelurahan Lidah Kulon RT. 05 RW. 01 Kecamatan Lakarsantri, setelah hampir enam bulan tidak berkegiatan tamu literasi.  Progam tamu literasi di RT 05 RW 01 kelurahan Lidah kulon kecamatan Lakarsantri Kota Surabaya ini adalah acara rutin setiap tiga bulan sekali dengan agenda kegiatan utamanya adalah pendampingan literasi di warga setempat. Namun karena kondisi pandemic ini kegiatan tertunda baru bisa dilaksanakan hari sabtu 2 Oktober 2021.  Kegiatan Tamu Literasi ini sendiri dilaksanakan dirumah ketua RT dan diikuti oleh warga setempat mulai anak berumur sepuluh sampai remaja yang berumur sembilan belas tahun dengan tetap melaksanakan prokes.  Terlihat  antusias anak anak mengikuti kegiatan ini,  dalam  kegiatan ini   anak anak menda...