Langsung ke konten utama

Guru Berubah

 

Apa peranan guru dalam pembelajaran, peranan guru berangkat dari pemahaman murid, kemudian guru masuk pelan-pelan memberikan pertanyaan pematik lanjut murid menemukan apa ketertarikan murid dalam topik tersebut, jadi guru hanya seperti mengarahkan memandu saja muridlah yang mencari jalannya, ibarat kalau murid mau jatuh ke jurang guru menariknya.

 Guru tidak hanya sekedar memberikan materi saja, tugas guru yang tidak tergantikan baik oleh teknologi manapun adalah membimbing dan membantu murid menemukan potensi murid, membimbing murid menemukan solusi terhadap permasalahan yang murid hadapi,inilah tugas dari guru dalam peranan guru di pembelajaran dengan pendekatan inquiri.


Guru dalam kompetisi boleh saja, tapi sekarang kolaborasi saling belajar saling menginspirasi, guru selalu buka mata buka telinga buka hati belajar tidak hanya dari sesama teman guru atau mungkin dari pengawas atau mungkin dari kepala sekolah saja, belajar bermakna itu ada bisa dari murid jadi istilahnya guru belajar dari mana saja .


 Dalam keikutsertaan seperti ikut kegiatan berbagi praktik baik kemauan guru untuk berkembang. Inilah yang dialami guru setiap hari, guru harus punya keyakinan,guru sudah mulai atau akan memulai jangan menyerah tetap berusaha.


Guru masih perlu banyak belajar jadi barangkali satu hal yang sempat terpikirkan guru harus terbuka dan membuka diri atas perkembangan kemajuan jaman, guru selalu open minded sajalah artinya guru punya pengalaman, guru punya masa lalu , guru punya bawaan pembelajaran sendiri, guru punya data informasi pengetahuan apapun yang sudah melekat pada diri guru tapi situasi yang hadapi saat ini senantiasa berubah selain guru untuk belajar hal-hal yang baru, belajar hal-hal yang bagi guru asing tapi guru juga open untuk mau menyesuaikan jikalau memang situasinya sudah tidak cocok ya ganti, sehingga dari situlah guru akan bisa menjawab apapun tantangannya.


 Artinya guru memang punya semangat eksperimen semangat melakukan yang terbaik tapi kalau guru ragu akan bisa atau tidak bisa itu sulit dimana guru tidak bisa berubah.  

 

Guru harus tinggalkan pola lama tidak sesuai dengan guru jaman ini, tinggalkan pola yang lama harus diperbaiki. Memang tidak semua guru bisa untuk menyesuaikan tantangan yang baru guru rasa hal begini sulit tidak semua orang guru tapi ya memang harus seperti itu.


Guru hanya satu sumber belajar selain muridnya yang belajar gurunya pun juga harus belajar memperkaya wawasan dan banyak-banyak mencari cara, sabar dalam berproses jika guru ingin menghasilkan hasil akhir yang manis tadi proses yang pahit itu mungkin bisa dirasa, manis karena memang guru menikmatinya.


 Guru pun juga harus open minded , open minded dengan berbagai macam permasalahan, jika salah satu eksperimen satu gagal maka cari cara yang lain mencari solusi yang lainnya demi mencapai murid-murid yang luar biasa.

Kemauan belajar bukan hanya pada murid, guru juga harus terus belajar. 

Belajar terbuka dengan segala kemungkinan tantangan dan belajar untuk terus mencari cara memecahkan setiap tantangan.


SW_1-11-2022

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lepas rindu crew TL

  Kau Datang Dalam Aksi MSIB #4 M asa S ejenak I de B ersama Kata orang kita  G I L A, kita memang G I L A G iat I de L anjut A ksi Selalu ada dimanapun dan untuk siapapun Saat itu ada informasi untukku Ku terima ada koordinasi dulu Namun aku bingung kenapa ke aku Apa karena ada ikatan atau hanya kebetulan Ya .. aku yang saat ini bisa membantu mu Aku, Kau, dan Kita bisa menyatu Walau kau berasal dari daerah jauh   Aku hanya mendengar dan tak tau tentangmu Dunia baru yang hadirkan sebuah rasa bagiku Begitu ceria dan penuh warna Hingga pahitnya terbang entah kemana Siapa kau dan kau sebenarnya Pikirku terus menerka-nerka Akhirnya aku tahu dari perkenalanmu Waktuku habis bersamamu Tapi lama baru ku tahu Ada cerita ada gembira ada haru Ada gaya ada pesona ada lemah Ada gerak ada proses ada lambat Ada respon ada tanggap ada acuh Semua ada sebagai bumbu bersama Beberapa bulan kau dan aku alami itu Memantapkan asa untuk satu tujuan  Meski ku tahu keras kepalamu itu Tak pernah rendahkan ego

Meong Literasi di pisah kenang MSIB#4

  Aksi asik malam ini crew TL berkunjung ke acara pelepasan mahasiswa magang MSIB #4 RBA_Kampus Merdeka Kemenristek bertempat di obyek wisata Wonosari kebun teh Lawang. Tepat jam 16.30 wib crew TL Sampai dilokasi,melihat semua mahasiswa magang Independen Bersertifikat sedang berkegiatan kolaborasi dengan penempatan daerah lain di Aula wisata. Crew TL menunggu sambil menikmati pemandangan kebun teh Wonosari Lawang hingga jam istirahat isoma, crew TL hampiri lagi crew TL MSIB#4 kami bangun  refleksi cerita kebersamaan, ada senyum sipu,tawa dan canda dan ada tangis melepas perpisahan dengan peluk sayang dari Crew TL terutama dengan pakdhe Eko dan budhe Yanti. Surprise dari crew TL buket meong tersampaikan pada setiap crew TL MSIB4, sorak tawa haru menerimanya, oooo Kiki kata kak Yayang ,nama kucing kesayangan yang akan ikut serta ke daerah asalnya. Buket meong telah disiapkan oleh Crew TL dalam waktu sehari membuat enam buket meong, hasil praktik nyata dari pelatihan yang diikuti Minggu l

Diferensiasi di Ujian Praktek Relicmandaya

  Pembelajaran diferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar individu, termasuk kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajar mereka. Pendekatan ini memungkinkan guru untuk menggunakan berbagai metode dan strategi untuk memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda di antara siswa.  Terdapat tiga jenis diferensiasi yang dapat diterapkan, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk,  di SMPN 27 Malang  selama empat hari mulai tanggal 29 Januari hingga 1 Febuari 2024 telah dilaksanakan ujian praktek kelas 9 dengan Pendekatan diferensiasi, ini bertujuan untuk menciptakan kesetaraan dalam pembelajaran dan memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan untuk berkembang sesuai dengan potensinya Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat digunakan antara lain 1. Diferensiasi konten: menyediakan materi dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. 2. Diferensiasi proses: tekanan pada bagaimana si