Hari ini aksi dipembelajaran IPS kelas IX penilaian tengah semester ganjil. Mendengar dari keinginan murid agar penilaian tengah semester mapel IPS dibuat beda seperti biasanya hanya mengisi soal pilihan ganda atau esai, melalui paper atau berbagai plafon. Kali ini murid minta beda.
Penilaian tengah semester di kelas IX masih mengacu pada Kurtilas, sedang murid kelas VII sudah STS sumatif tengah semester Kurmer. Tujuannya sama PTS ini adalah sebagai bentuk penilaian kinerja dari belajar murid selama setengah semester.Selain itu, PTS bertujuan untuk juga mengukur hasil pembelajaran murid selama tengah semester, mengukur apakah materi pelajaran dari para guru sudah terarah atau sesuai dengan tujuan pembelajaran masing-masing mapel.
Untuk memenuhi permintaan muridnya,Guru Suyati memberikan penawaran,apakah siap bila kita gunakan dengan media hanya menggerakkan tangan dan badan tentunya bergembira dan bahagia?. Sontak semua murid bertanya," apa itu???" Aksi penilaian tengah semester dengan media Kartu Jodoh namanya."waooo keren wajib dicoba, semua murid penasaran. Padahal media itupun pernah dilakukan saat pemahaman materi, namun dengan nama kartu mencari pasangan kala itu.
Guru Suyati mempersiapkan perangkat soalnya ( Kisi soal,kartu soal,soal dan penilaiannya), membuat kartu Jodoh dari lima tema dari Bab 2 dimana tiap tema berisikan sepuluh soal pernyataan, Bahan media dari kertas HVS ,gunting dan printer untuk mencetak. Siap di aksikan.
Hari ini semua murid mengerjakan penilaian tengah semester dengan gembira , kebersamaan nyata terbina karena tekniknya dibagi kelompok. Dan muridlah yang membuat kesepakatan kelompoknya,sehingga guru Suyati hanya sebagai motivator.
"Asik ya Bu penilaian hari ini, tak ada beban belajar semalaman, hanya memahami bacaan soal semua bisa tuntas, lain waktu kita buat media yang asik lagi,' tanggapan murid merefleksikan aksi penilaian tengah semester hari ini.
Tetap bersama melebihi semangat dalam merdeka belajar merdeka mengajar.
SW3-10-2022
Komentar
Posting Komentar