Langsung ke konten utama

Aksi Asik PTS dengan KARTU JODOH

 


Hari ini aksi dipembelajaran IPS kelas IX penilaian tengah semester ganjil. Mendengar dari keinginan murid agar penilaian tengah semester mapel IPS dibuat beda seperti biasanya hanya mengisi soal pilihan ganda atau esai, melalui paper atau berbagai plafon. Kali ini murid minta beda.

Penilaian tengah semester di kelas IX masih mengacu pada Kurtilas, sedang murid kelas VII sudah STS sumatif tengah semester Kurmer. Tujuannya sama PTS ini adalah sebagai bentuk penilaian kinerja dari belajar murid selama setengah semester.Selain itu, PTS bertujuan untuk juga mengukur hasil pembelajaran murid selama tengah semester, mengukur apakah materi pelajaran dari para guru sudah terarah atau sesuai dengan tujuan pembelajaran masing-masing mapel.

Untuk memenuhi permintaan muridnya,Guru Suyati memberikan penawaran,apakah siap bila kita gunakan dengan media hanya menggerakkan tangan dan badan tentunya bergembira dan bahagia?. Sontak semua murid bertanya," apa itu???" Aksi penilaian tengah semester dengan media Kartu Jodoh namanya."waooo keren wajib dicoba, semua murid penasaran. Padahal media itupun pernah dilakukan saat pemahaman materi, namun dengan nama kartu mencari pasangan kala itu.

Guru Suyati mempersiapkan perangkat soalnya ( Kisi soal,kartu soal,soal dan penilaiannya),  membuat kartu Jodoh dari lima tema dari Bab 2 dimana tiap tema berisikan sepuluh soal pernyataan, Bahan media dari kertas HVS ,gunting dan printer untuk mencetak. Siap di aksikan.

Hari ini semua murid mengerjakan penilaian tengah semester dengan gembira , kebersamaan nyata terbina karena tekniknya dibagi kelompok. Dan muridlah yang membuat kesepakatan kelompoknya,sehingga guru Suyati hanya sebagai motivator.

"Asik ya Bu penilaian hari ini, tak ada beban belajar semalaman, hanya memahami bacaan soal semua bisa tuntas, lain waktu kita buat media yang asik lagi,' tanggapan murid merefleksikan aksi penilaian tengah semester hari ini.


Tetap bersama melebihi semangat dalam merdeka belajar merdeka mengajar.

SW3-10-2022



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lepas rindu crew TL

  Kau Datang Dalam Aksi MSIB #4 M asa S ejenak I de B ersama Kata orang kita  G I L A, kita memang G I L A G iat I de L anjut A ksi Selalu ada dimanapun dan untuk siapapun Saat itu ada informasi untukku Ku terima ada koordinasi dulu Namun aku bingung kenapa ke aku Apa karena ada ikatan atau hanya kebetulan Ya .. aku yang saat ini bisa membantu mu Aku, Kau, dan Kita bisa menyatu Walau kau berasal dari daerah jauh   Aku hanya mendengar dan tak tau tentangmu Dunia baru yang hadirkan sebuah rasa bagiku Begitu ceria dan penuh warna Hingga pahitnya terbang entah kemana Siapa kau dan kau sebenarnya Pikirku terus menerka-nerka Akhirnya aku tahu dari perkenalanmu Waktuku habis bersamamu Tapi lama baru ku tahu Ada cerita ada gembira ada haru Ada gaya ada pesona ada lemah Ada gerak ada proses ada lambat Ada respon ada tanggap ada acuh Semua ada sebagai bumbu bersama Beberapa bulan kau dan aku alami itu Memantapkan asa untuk satu tujuan  Meski ku tahu keras kepalamu itu Tak pernah rendahkan ego

Meong Literasi di pisah kenang MSIB#4

  Aksi asik malam ini crew TL berkunjung ke acara pelepasan mahasiswa magang MSIB #4 RBA_Kampus Merdeka Kemenristek bertempat di obyek wisata Wonosari kebun teh Lawang. Tepat jam 16.30 wib crew TL Sampai dilokasi,melihat semua mahasiswa magang Independen Bersertifikat sedang berkegiatan kolaborasi dengan penempatan daerah lain di Aula wisata. Crew TL menunggu sambil menikmati pemandangan kebun teh Wonosari Lawang hingga jam istirahat isoma, crew TL hampiri lagi crew TL MSIB#4 kami bangun  refleksi cerita kebersamaan, ada senyum sipu,tawa dan canda dan ada tangis melepas perpisahan dengan peluk sayang dari Crew TL terutama dengan pakdhe Eko dan budhe Yanti. Surprise dari crew TL buket meong tersampaikan pada setiap crew TL MSIB4, sorak tawa haru menerimanya, oooo Kiki kata kak Yayang ,nama kucing kesayangan yang akan ikut serta ke daerah asalnya. Buket meong telah disiapkan oleh Crew TL dalam waktu sehari membuat enam buket meong, hasil praktik nyata dari pelatihan yang diikuti Minggu l

Diferensiasi di Ujian Praktek Relicmandaya

  Pembelajaran diferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar individu, termasuk kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajar mereka. Pendekatan ini memungkinkan guru untuk menggunakan berbagai metode dan strategi untuk memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda di antara siswa.  Terdapat tiga jenis diferensiasi yang dapat diterapkan, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk,  di SMPN 27 Malang  selama empat hari mulai tanggal 29 Januari hingga 1 Febuari 2024 telah dilaksanakan ujian praktek kelas 9 dengan Pendekatan diferensiasi, ini bertujuan untuk menciptakan kesetaraan dalam pembelajaran dan memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan untuk berkembang sesuai dengan potensinya Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat digunakan antara lain 1. Diferensiasi konten: menyediakan materi dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. 2. Diferensiasi proses: tekanan pada bagaimana si