Langsung ke konten utama

TL kunjungan pengurus forum taman bacaan masyarakat pusat

 TL kunjungan pengurus forum taman bacaan masyarakat pusat






Minggu 29- 5- 2022 sekitar pukul 11.00wib  rombongan pengurus forum taman bacaan pusat berkunjung ke taman baca teras literasi Lesanpuro Kota Malang, ketua pengurus pusat  Pak Opik dan tim pengurus sekitar 7 orang berkunjung ke TL tujuannya untuk mengetahui secara langsung kegiatan-kegiatan yang ada di teras literasi yang  salah satu rekomendasi dari RBA (Ruang Belajar Aqil) yang sudah berkolaborasi dengan TL.

Tim pengurus pusat FTBM ingin melihat secara langsung salah satu taman baca mandiri yang ada di kota Malang Alhamdulillah sewaktu kehormatan RBA  merekomendasikan TL untuk dikunjungi oleh pengurus forum taman bacaan masyarakat pusat.

Tim pengurus FTBM pusat melihat kegiatan secara langsung yang pada hari ini bersamaan kegiatan menabur warna yang dihadiri sekitar 43 anak-anak di wilayah taman bacaan teras literasi. Rasah bangga crew TL atas kunjungan hari ini.

Tim pengurus FTBM pusat sangat senang dan sangat mengapresiasi segala kegiatan yang telah dilakukan di TL dan juga adanya administrasi yang tertata rapi yang secara telaten diarsipkan mulai tahun berdirinya TL 2018 hingga saat ini. Jarang TBM mandiri administrasinya lengkap seperti ini baru saya temui di TL ini sangat lengkap dan sangat telaten crew TL-nya. Terus semangat menabur manfaat aksi literasi di masyarakat luas itu yang disampaikan ketua FTBM  pusat.

Tanggapan dari
Sekjen FTBM Heni Wardatur Rohmah
Bidang kepengurusan: Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat Forum TBM

Kesan:
Saya melihat Teras Literasi sebagai contoh baik dari semangat literasi yang hadir dari keluarga. Seluruhnya memiliki peran menguatkan untuk memberi warna kebaikan pada lingkungan terdekat. Aneka kegiatan di Teras Literasi didokumentasikan dengan baik, menunjukkan keseriusan Pengelola dalam mengelola TBM. Terima kasih telah turun tangan, bergiat literasi di TBM...

Saran:
Pembiasaan menulis yang telah dilakukan, didokumentasikan prosesnya, dan dibuat dalam bentuk buku dengan sangat baik, perlu ditambah satu pendokumentasian lagi.
Mohon berkenan membuat video pendek 3-5 menitan terkait proses pembuatan buku. Bagaimana dan kapan pembiasaan tersebut dimulai, bagaimana respon anak di awal hingga saat ini. Mengapa hal tersebut dilakukan, dsb.
Kita memerlukan contoh praktik baik yang menginspirasi untuk disampaikan pada teman lain.

Terimakasih bpk ibu pengurus pusat FTBM atas kesan dan sarannya,
Memang segala sesuatu yang berhubungan dengan kegiatan-kegiatan yang telah di lakukan selalu diarsipkan oleh crew TL seperti membuat jurnal kegiatan setiap kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan,  mendokumentasikan foto-foto kegiatan berupa video kegiatan juga selalu diupload di channel YouTube,IG serta dituliskan di blog teras literasi sebagai laporan kegiatan rutin.

Semoga aksi crew TL tetap melebihi semangat dalam pengarsipan laporan kegiatan.

SW_29-5-2022


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diferensiasi di Ujian Praktek Relicmandaya

  Pembelajaran diferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar individu, termasuk kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajar mereka. Pendekatan ini memungkinkan guru untuk menggunakan berbagai metode dan strategi untuk memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda di antara siswa.  Terdapat tiga jenis diferensiasi yang dapat diterapkan, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk,  di SMPN 27 Malang  selama empat hari mulai tanggal 29 Januari hingga 1 Febuari 2024 telah dilaksanakan ujian praktek kelas 9 dengan Pendekatan diferensiasi, ini bertujuan untuk menciptakan kesetaraan dalam pembelajaran dan memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan untuk berkembang sesuai dengan potensinya Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat digunakan antara lain 1. Diferensiasi konten: menyediakan materi dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. 2. Diferensiasi proses: tekana...

LATSOL IPS VIII BAB III

  BAB III KEUNGGULAN DAN KETERBATASAN ANTARARUANGPENGARUHNYA TERHADAP KEGIATAN EKONOMI,SOSIAL,BUDAYA DI INDONESIA DAN ASEAN 3.3. Menganalisis keunggulan   dan keterbatasan ruang dalam permintaan  dan penawaran, teknologi sertapengaruhnya terhadap interaksi antar ruang bagi kegiatan ekonomi, sosial, budaya, di Indonesia dan negara-negara ASEAN. JAWABLAH DENGAN TEPAT DAN BENAR  ( silakan jawab di kolom komentar, beri nama, kelas dan no absensi ) 1.    Daerah berikut yang memiliki keunggulan komparatif pada barang-barang industri adalah .... A. Sumatera B. Jawa C. Kalimantan D. Papua   2.    Tingkat permintaan barang dan jasa masyarakat di pedesaan cenderung lebih sedikit dibandingkan dengan masyarakat di perkotaan. Cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan permintaan masyarakat pedesaan terhadap barang dan jasa adalah .... A. mengirimkan tenaga penyuluh dalam upaya meningkatkan hasil pertanian B. memberikan bantuan langsung ...

Mengapa Ada TL

  Mengapa ada taman bacaan masyarakat? Taman Bacaan Masyarakat (TBM) sebagai sumber informasi sangat berperan penting dalam menciptakan masyarakat yang literasi karena berfungsi sebagai sumber informasi ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan menunjang pelaksanaan pembangunan nasional dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Mengapa ada TBM Teras Tegal Literasi? TBM ( taman bacaan masyarakat ) Teras Tegal Literasi bisa dikategorikan sebagai perpustakaan masyarakat karena sasaran utamanya adalah warga masyarakat,  TBM TL hadir sebagai tempat baca yang asik untuk rekreasi tipis-tipis,mengapa? Yaa...karena  dengan suasana yang sederhana dan lebih fleksibel,TBM  Teras Literasi ( TL ) terbuka bagi siapa saja yang mau memanfaatkannya. TBM  TL didesain layaknya taman yang sarat dengan kehangatan susasana keluarga yang berada di lingkup perumahan dikelilingi perkampungan yang asri. Sehingga yang didapatkan oleh orang yang berku...