Langsung ke konten utama

Riyayan / Lebaran Literasi

 Riyayan Literasi


Mau tahu apa itu lebaran?

Idulfitri atau sering dengan sebutan  Lebaran di Indonesia adalah hari raya umat Islam yang jatuh pada tanggal 1 Syawal pada penanggalan Hijriah. Lebaran secara harfiah berasal dari bahasa Jawa yang memiliki beberapa arti yakni lebar, lebur dan luber, Makna yang umum adalah lebar yang berarti sesudah atau setelah. Secara filosofis dan budaya, lebar yang dimaksud berarti umat islam dapat  lebaran dari kesalahan yang dijalani selama 11 bulan,Lebaran berasal dari kata 'Lebar' bahasa Jawa

 “'Lebar' artinya 'selesai', 'usai', seperti pada lebar udan, lebar mangan, lebar subuh, lebar Senin dan lebar Romadhan. 'Lebaran' dapat berarti salah satunya melakukan/merayakan sesuatu saat sudah waktunya lebar puasa Ramadhan” yang lekat dengan sebutan lebaran.

Riyayan,sering terdengar kata ini di Jawa Timur tepatnya di daerah Lamongan,Gresik dan sekitarnya. Sebenarnya ini bahasa Jawa "Riyayan" atau bahasa Indonesia Lebaran,yang identik dengan Hari Raya Idul Fitri. Sama arti dan maknanya,tinggal kita yang memahaminya.

Minggu, 8-5-2022 aksi giat literasi di taman bacaan masyarakat Teras Literasi dengan tema lebaran literasi. Ada 10 anak yang hadir dengan menyampaikan cerita tentang lebaran masing masing anak. Mulai melaksanakan sholat IdulFitri dimana,dengan siapa, bersilaturahmi dengan siapa saja, macam-macam jajan yang disuguhkan, ibu memasak apa pada hari lebaran dan jumlah ampou atau galak gampil( bahasa Malangnya) yang didapat dan untuk dibelikan apa uangnya.

Cerita masing-masing anak jelas beda sesuaikan dengan apa yang mereka alami. Seru asyik apa yang mereka ceritakan. Ada yang secara langsung dan ada yang di tulis, Ini salah satu anak teras literasi yang menulis melalui kitir cerita

Nama: Syifa

Kelas: 4

Sekolah: SDN lesanpuro 2 kota Malang

Selamat idul fitri mohon maaf lahir dan batin 1443 H/2022 M

Ceritaku  tentang lebaran tahun ini,

1.aku shalat idul fitri di mushola dekat rumahku, banyak warga sekitar yang melaksanakannya

2. Aku sholat bersama orang tuaku dan adikku juga bersama teman Azza,feby yang rumahnya dekat dengan Mushola

3. Pertama kali aku memohon maaf pada orang tuaku juga pada saudara yang tinggal didekat rumah ku,dan tak ketinggalan sua teman yemanyang berjumpa di Mushola

4.kue yang ada di rumah ku, kue tokcer dan roti di kalengan untuk minumnya ada teh gelas juga air mineral dan ibuku masak

Menu makanan/ masakan lebaran bakso daging sapi semua keluarga menikmatinya

5.aku silaturahmi ke rumah tetanggaku,dan saudara

6.galak gampil/ampo lebaran?aku dapat banyak sekitar 430rb

7.itu akan ku gunakan untuk membeli jajan, dan al-qur`an

8.kesan lebaranku,aku senang sekali tahun ini bisa bersilaturahmi ke saudara²ku, karena lebaran tahun ini sebagai pengobat rinduku pada saudarasaudaraku karena pasca Pandemi selama  dua tahun"


Itulah cerita salah satu anak Teras Literasi. Aksi Asik Literasi Lebaran hari ini ditutup dengan menikmati cilok Pawon buatan kakak Fia salah satu crew TL. Dan budhe Yanti memberikan galak gampil beserta wafer tango rasa coklat. Semoga aksi asik literasi di taman bacaan masyarakat Teras Literasi bergiat berkelanjutan dan manfaat untuk bersama.


SW_8-5-2022

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lepas rindu crew TL

  Kau Datang Dalam Aksi MSIB #4 M asa S ejenak I de B ersama Kata orang kita  G I L A, kita memang G I L A G iat I de L anjut A ksi Selalu ada dimanapun dan untuk siapapun Saat itu ada informasi untukku Ku terima ada koordinasi dulu Namun aku bingung kenapa ke aku Apa karena ada ikatan atau hanya kebetulan Ya .. aku yang saat ini bisa membantu mu Aku, Kau, dan Kita bisa menyatu Walau kau berasal dari daerah jauh   Aku hanya mendengar dan tak tau tentangmu Dunia baru yang hadirkan sebuah rasa bagiku Begitu ceria dan penuh warna Hingga pahitnya terbang entah kemana Siapa kau dan kau sebenarnya Pikirku terus menerka-nerka Akhirnya aku tahu dari perkenalanmu Waktuku habis bersamamu Tapi lama baru ku tahu Ada cerita ada gembira ada haru Ada gaya ada pesona ada lemah Ada gerak ada proses ada lambat Ada respon ada tanggap ada acuh Semua ada sebagai bumbu bersama Beberapa bulan kau dan aku alami itu Memantapkan asa untuk satu tujuan  Meski ku tahu keras kepalamu itu Tak pernah rendahkan ego

Meong Literasi di pisah kenang MSIB#4

  Aksi asik malam ini crew TL berkunjung ke acara pelepasan mahasiswa magang MSIB #4 RBA_Kampus Merdeka Kemenristek bertempat di obyek wisata Wonosari kebun teh Lawang. Tepat jam 16.30 wib crew TL Sampai dilokasi,melihat semua mahasiswa magang Independen Bersertifikat sedang berkegiatan kolaborasi dengan penempatan daerah lain di Aula wisata. Crew TL menunggu sambil menikmati pemandangan kebun teh Wonosari Lawang hingga jam istirahat isoma, crew TL hampiri lagi crew TL MSIB#4 kami bangun  refleksi cerita kebersamaan, ada senyum sipu,tawa dan canda dan ada tangis melepas perpisahan dengan peluk sayang dari Crew TL terutama dengan pakdhe Eko dan budhe Yanti. Surprise dari crew TL buket meong tersampaikan pada setiap crew TL MSIB4, sorak tawa haru menerimanya, oooo Kiki kata kak Yayang ,nama kucing kesayangan yang akan ikut serta ke daerah asalnya. Buket meong telah disiapkan oleh Crew TL dalam waktu sehari membuat enam buket meong, hasil praktik nyata dari pelatihan yang diikuti Minggu l

Diferensiasi di Ujian Praktek Relicmandaya

  Pembelajaran diferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar individu, termasuk kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajar mereka. Pendekatan ini memungkinkan guru untuk menggunakan berbagai metode dan strategi untuk memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda di antara siswa.  Terdapat tiga jenis diferensiasi yang dapat diterapkan, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk,  di SMPN 27 Malang  selama empat hari mulai tanggal 29 Januari hingga 1 Febuari 2024 telah dilaksanakan ujian praktek kelas 9 dengan Pendekatan diferensiasi, ini bertujuan untuk menciptakan kesetaraan dalam pembelajaran dan memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan untuk berkembang sesuai dengan potensinya Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat digunakan antara lain 1. Diferensiasi konten: menyediakan materi dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. 2. Diferensiasi proses: tekanan pada bagaimana si