Langsung ke konten utama

Aku Sudah Pernah Literasi

 





Berbagai upaya telah dilakukan untuk membangun budaya literasi di sekolah dan juga di masyarakat.

 Selalu ada semangat membangun budaya literasi agar semakin tumbuh, bukan hanya di kalangan siswa, tetapi juga di kalangan guru dan warga sekolah, karena literasi bukan hanya diinstruksikan oleh guru kepada siswa, tetapi untuk semua, hal ini  harus diberikan contoh nyata. 

Kreatif dalam berbagai upaya yang dilakukan untuk membangun budaya literasi  semakin menarik  untuk meningkatkan minat baca, tentunya ini diperlukan kreatifitas, karena membangun meningkatkan minat baca bukan hal yang mudah ditengah godaan gadget saat ini. Belum lagi budaya lisan yang masih kuat di tengah masyarakat .

Literasi bukan hanya diidentikkan dengan aktivitas membaca dan menulis, tetapi juga kemampuan untuk memahami berbagai isu dan persoalan yang ada dalam kehidupan nyata, serta kemampuan dalam memecahkan masalah. 

Menurut UNESCO, pemahaman orang tentang literasi sangat dipengaruhi oleh penelitian akademik, institusi, konteks nasional, nilai-nilai budaya, dan pengalaman.

Kalau literasi hanya dibatasi pada aktivitas membaca buku dan menulis itu yang ada di sekolah dan perpustakaan, untuk melihat literasi  di masyarakat secara umum tentu tidak mudah ada usaha kreatif tentunya, tidak mudah  melihat ada warga yang aktif membaca karena sibuk dengan aktivitas atau pekerjaannnya. Oleh karena itu, pengertian literasi  itu diperluas.

Membangun literasi kreatif dimasyarakat suatu kampanye membangun budaya literasi yang dilakukan melalui berbagai cara, strategi, dan kegiatan, dan isinya pun beragam agar gerakan ini makin semarak, makin diterima, dan dicintai oleh masyarakat. Dalam gerakan literasi  ini merupakan tanggung jawab bersama dari Kemdikbud atau Dinas Pendidikan, dan juga  pelibatkan berbagai institusi, karena sekali lagi urusan literasi bukan sekedar masalah membaca dan menulis, tetapi semua hal yang terkait dengan kehidupan masyarakat yang komplek dan beragam.

Dari penyampaian diatas hal ini sudah di laksanakan di taman bacaan masyarakat Teras Literasi setiap hari Minggu pagi anak anak yang tinggal di sekitar Teras Literasi melakukan giat literasi kreatif tujuan membangun meningkatkan budaya literasi dimasyarakat. Berbagai giat aksi asik multi literasi. Semoga dengan giat literasi rutin ini budaya  literasi di masyarakat semakin kuat.

Salah satu giat aksi asik Minggu ini tanggal 12-12-2021 tema "aku sudah  pernah". Yang dihadiri kurang lebih 20 anak dan remaja, Disini anak anak mengingat giat giat literasi yang sudah dilakukan mulai bulan Februari 2018 hingga sekarang,  lalu menulisnya giat giat literasi yang sudah dilakukan tersebut di taman bacaan masyarakat Teras Literasi, hal mempunyai  tujuan  ransangan  memunculkan ide ide giat literasi baru apa lagi yang akan di lakukan di TL. Sehingga aksi baru yang  kreatif menyenangkan muncul bisa di lakukan bersama.


SW_12-12-2021

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diferensiasi di Ujian Praktek Relicmandaya

  Pembelajaran diferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar individu, termasuk kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajar mereka. Pendekatan ini memungkinkan guru untuk menggunakan berbagai metode dan strategi untuk memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda di antara siswa.  Terdapat tiga jenis diferensiasi yang dapat diterapkan, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk,  di SMPN 27 Malang  selama empat hari mulai tanggal 29 Januari hingga 1 Febuari 2024 telah dilaksanakan ujian praktek kelas 9 dengan Pendekatan diferensiasi, ini bertujuan untuk menciptakan kesetaraan dalam pembelajaran dan memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan untuk berkembang sesuai dengan potensinya Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat digunakan antara lain 1. Diferensiasi konten: menyediakan materi dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. 2. Diferensiasi proses: tekana...

LATSOL IPS VIII BAB III

  BAB III KEUNGGULAN DAN KETERBATASAN ANTARARUANGPENGARUHNYA TERHADAP KEGIATAN EKONOMI,SOSIAL,BUDAYA DI INDONESIA DAN ASEAN 3.3. Menganalisis keunggulan   dan keterbatasan ruang dalam permintaan  dan penawaran, teknologi sertapengaruhnya terhadap interaksi antar ruang bagi kegiatan ekonomi, sosial, budaya, di Indonesia dan negara-negara ASEAN. JAWABLAH DENGAN TEPAT DAN BENAR  ( silakan jawab di kolom komentar, beri nama, kelas dan no absensi ) 1.    Daerah berikut yang memiliki keunggulan komparatif pada barang-barang industri adalah .... A. Sumatera B. Jawa C. Kalimantan D. Papua   2.    Tingkat permintaan barang dan jasa masyarakat di pedesaan cenderung lebih sedikit dibandingkan dengan masyarakat di perkotaan. Cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan permintaan masyarakat pedesaan terhadap barang dan jasa adalah .... A. mengirimkan tenaga penyuluh dalam upaya meningkatkan hasil pertanian B. memberikan bantuan langsung ...

Mengapa Ada TL

  Mengapa ada taman bacaan masyarakat? Taman Bacaan Masyarakat (TBM) sebagai sumber informasi sangat berperan penting dalam menciptakan masyarakat yang literasi karena berfungsi sebagai sumber informasi ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan menunjang pelaksanaan pembangunan nasional dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Mengapa ada TBM Teras Tegal Literasi? TBM ( taman bacaan masyarakat ) Teras Tegal Literasi bisa dikategorikan sebagai perpustakaan masyarakat karena sasaran utamanya adalah warga masyarakat,  TBM TL hadir sebagai tempat baca yang asik untuk rekreasi tipis-tipis,mengapa? Yaa...karena  dengan suasana yang sederhana dan lebih fleksibel,TBM  Teras Literasi ( TL ) terbuka bagi siapa saja yang mau memanfaatkannya. TBM  TL didesain layaknya taman yang sarat dengan kehangatan susasana keluarga yang berada di lingkup perumahan dikelilingi perkampungan yang asri. Sehingga yang didapatkan oleh orang yang berku...