Langsung ke konten utama

Mari Gunakan Air Seperlunya


Gambar 1. Mas Yopi pengiat literasi dari Pulau Lombok NTB

Gambar 2. Anak TL dan Mbak Ana Bersama-sama Membersihkan Halaman Tandon

Gambar 3. Observasi Pompa Air Tandon

Gambar 4. Arsitek Kecil Mengkonsep dan Mengambar Tandon Air

Gambar 5. Permainan Piramida Sandal

Gambar 6. Mas Aman Meninjau Tegal Literasi

Gambar 7. Foto Bersama

 Tulisan Pakdhe Eko ini dimulai hari Sabtu 23  Maret 2019, pada hari ini Padhe Eko ijin untuk libur. Kenapa Pakdhe Eko ijin karena Padhe Eko dapat informasi dari Budhe Yanti karena pada hari Sabtu ini TBM TL akan kedatangan tamu pegiat literasi dari Pulau Lombok beliaunya adalah Mas Yopi kami menyebutnya. Mas Yopi berencana mengunjungi TBM TL habis dhuhur tapi ngak dapat memastikan jamnya, setelah hampir seharian kami crew TL menunggu mas Yopi ternyata sampai dengan adzan sholat Magrib ternyata mas Yopi juga belum datang. Setelah memunaikan sholat Magrib akhrinya Budhe Yanti wa mas Yopi untuk menanyakan jadi ngak mas Yopi datang ke TL. Setelah hampir 20 menit mas Yopi tidak merespon wa Budhe Yanti, akhirnya Pakdhe Eko dan Bodhe Yanti memutuskan untuk menghadiri undangan dari Mudik KGB Malang (Temu pendidik komunitas guru belajar Malang)
      Diiringi hujan rintik-rintik akhirnya Pakdhe Eko dan Budhe Yanti berangkat menghadiri acara mudik KGB Malang yang diadakan setiap satu bulan sekali. Sebelum sampai tempat yang kami tuju telpon Budhe Yanti berdering ternyata mas Yopi mengabarkan kalau mas Yopi perjalanan menuju TBM TL. Akhirnya Pakde Eko dan Budhe Yanti memutuskan untuk kembali dengan mempertimbangan beberapa hal salah satunya adalah kalau mas Yopi datang dari jauh untuk sinau literasi ke TBM TL dan merupakan  salah satu agenda kegiatanya di kota Malang.
      Alhamdulillah itu yang terucap setelah hampir seharian menunggu kedatangan mas Yopi, akhirnya tamu yang di tunggu datang juga. Mulai jam 19.30 sampai hampir jam 21.30 mas Yopi di TBM TL. Begitu banyak  yang didapat dari crew TL sharing ilmu dari kedatangan mas Yopi, crew TL sangat senang sekali apa yang di lakukan selama ini menjadikan inspirasi bagi mas Yopi. Salah satunya adalah tentang administrasi kegiatan TL yang sudah tersusun rapi. Seperti biasa kegiatan kunjungan mas Yopi ini di akhiri dengan foto-foto dengan Pakdhe Eko dan Budhe Yanti secara bergantian. Sebagai buah tangan TL memberi buku karya TL dan mas Yopi memberikan majalah Suara PGRI terbitan Lumajang yang ada artikel "kisah inspiratif sepasang guru dirikan TBM Teras Literasi". Alhamdulillah kegiatan TBM TL gaungnya sudah sampai Kota Lumajang.
      Alhamdulillah setelah semalaman istirahat crew TL akhirnya melanjutkan kegiatannya kembali. Hari ini Minggu 24 Maret 2019 kegiatan TL di lakukan di Tandon (bangunan yang ada tandon air dan ada halamannya) di Perumahan PNS Lesanpuro, yang jaraknya sekitar 500 meter arah timur TL (kegiatan auting class). Kenapa kegiatan TL hari ini dilaksanakan di Tandon (warga perum PNS menyebutnya) karena tema kegiatan hari ini adalah memperingati hari air sedunia,  tepatnya tanggal 22 Maret 2019 kemarin. Kegiatan ini dihadiri juga oleh Pak dan bu RT 07 RW 05 dan beberapa warga RT07.
     Seperti biasa kegiatan hari ini dimulai dengan pembacaan surat Alfatihah bersama-sama. Setelah membaca doa bersama acara di lanjutkan dengan menyanyikan lagu TL dan menyayikan lagu Indonesia Raya versi 3 Stanza. Kegiatan dilanjutkan dengan ice breaking kreatifitas dan kecerdasan dengan 5 salam semangat dan  kreatif tanggap.      
     Setelah ice breaking kegiatan berikutnya semua anak TL bersama adalah bersih-bersih halaman tandon, ada yang mencabut rumput ada yang memungut sampah. Kegiatan selanjutnya semua anak TL mengamati proses mulai memompa air dari sumur sampai pendistribusian air tandon ke konsumen yang dipandu oleh Pakdhe Eko.
     Acara utama hari ini adalah mengambar bangunan tandon air beserta halamannya. Sambil menunggu anak-anak TL mengambar, adik Nayah ( crew TL ) menyusun sandal berdiri dalam bentuk piramid kemudian melempar dari jarak tertentu sehingga sandal yang ditata tadi roboh. Akhirnya anak-anak yang telah menyelesaikan menggambar tertarik untuk ikut didalam permainan tersebut.
     Di tengah seru-serunya permainan dan kegiatan TBM TL kedatangan tamu dari Jakarta Pos tanpa konfirmasi kehadirannya terlebih dahulu. Mas Aman namanya, mas Aman meliput kegiatan mulai dari kegiatan mengambar, permainan dan penutupan kegiatan. Semoga kunjungan dan publikasi yang nantinya dilakukan oleh mas Aman di TBM TL menjadikan inspirasi  bagi masyarakat luas.
     Hari ini TBM TL juga mendapatkan kejutan lagi dari salah satu warga perumahan PNS Lesanpuro beliau adalah Yuhana Handayani , dipanggil mbak Ana salah satu calek dari partai Golkar dengan nomer urut 09 dapil Kedungkandang kota Malang. Tiada terkira senangnya hati kami (crew dan anak TL) kedatangan calek. Mbak Ana tidak cangung terjun di tengah-tengah kegiatan TL mulai dari ikut membersihkan halaman tandon sampai ikut permainan lempar piramit sandal. "Tadi cukup antusias juga walaupun tidak ikut dari awal acara, setidaknya saya dapat bergabung dengan njenengan dan adik adik (anak-anak TL) sdh ikut senang bu".  apresiasi mbak Hana lewat WA Budhe Yanti. 
     Kegiatan Teras Literasi beda, hari ini TL memperingati hari air sedunia sangatlah bermanfaat apalagi anak anak di perkenalkan dari mana asal air yg di peroleh untuk kegiatan hidup sehari-hari  karena pengenalan atau kesadaran dari kecil memang memiliki peran penting dalam kehidupan sehari hari apalagi di perkenalkan sejak dini. Air adalah kebutuhan yang vital yg tidak akan pernah ada habisnya karena kita selalu memerlukan air dalam keseharian kita apalagi keberadaan air bersih sekarang yg mulai berkurang mata airnya yg di sebabkan oleh manusia itu sendiri yg tidak menjaga lingkungan. Air adalah komponen utama  kehidupan di muka bumi ini, mari tingkatkan penghargaan terhadap air dengan tidak berlaku semena mena terhadap air dimana pun adanya. Tidak menjadikan sungai sebagai tempat pembuangan limbah sebagai contoh, atau berlaku boros dalam penggunaan air utamanya air bersih. Itu pendapat mbak Ana waktu memberikan pendapat tentang kegiatan TL dengan tema memperingati hari air sedunia lewat WA Budhe Yanti.
      Setelah acara mengambar selesai kegiatan kita akhiri dengan membaca doa penutup majelis dipimpin oleh mas Andre,  tidak lupa seperti biasa foto bersama dan pengambilan film pendek yel-yel kegiatan dan yel-yel TL. " gunakan air seperlunya anak TL yes yes yes is the best" Untuk melengkapi data atau foto kegiatan TBM Teras dan Tegal Literasi mas Aman minta anak-anak TL untuk kembali ke Teras dan Tegal Literasi. Di Tegal Literasi mas Aman memawancarai Pakdhe dan Budhe Yanti tentang awal mula berdirinya TBM TL. Hampir satu jam kegiatan mas Aman di Teras dan Tegal Literasi. Semoga TBM TL selalu mengispirasi semua yang datang, Aamiin.

By Crew TL

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lepas rindu crew TL

  Kau Datang Dalam Aksi MSIB #4 M asa S ejenak I de B ersama Kata orang kita  G I L A, kita memang G I L A G iat I de L anjut A ksi Selalu ada dimanapun dan untuk siapapun Saat itu ada informasi untukku Ku terima ada koordinasi dulu Namun aku bingung kenapa ke aku Apa karena ada ikatan atau hanya kebetulan Ya .. aku yang saat ini bisa membantu mu Aku, Kau, dan Kita bisa menyatu Walau kau berasal dari daerah jauh   Aku hanya mendengar dan tak tau tentangmu Dunia baru yang hadirkan sebuah rasa bagiku Begitu ceria dan penuh warna Hingga pahitnya terbang entah kemana Siapa kau dan kau sebenarnya Pikirku terus menerka-nerka Akhirnya aku tahu dari perkenalanmu Waktuku habis bersamamu Tapi lama baru ku tahu Ada cerita ada gembira ada haru Ada gaya ada pesona ada lemah Ada gerak ada proses ada lambat Ada respon ada tanggap ada acuh Semua ada sebagai bumbu bersama Beberapa bulan kau dan aku alami itu Memantapkan asa untuk satu tujuan  Meski ku tahu keras kepalamu itu Tak pernah rendahkan ego

Meong Literasi di pisah kenang MSIB#4

  Aksi asik malam ini crew TL berkunjung ke acara pelepasan mahasiswa magang MSIB #4 RBA_Kampus Merdeka Kemenristek bertempat di obyek wisata Wonosari kebun teh Lawang. Tepat jam 16.30 wib crew TL Sampai dilokasi,melihat semua mahasiswa magang Independen Bersertifikat sedang berkegiatan kolaborasi dengan penempatan daerah lain di Aula wisata. Crew TL menunggu sambil menikmati pemandangan kebun teh Wonosari Lawang hingga jam istirahat isoma, crew TL hampiri lagi crew TL MSIB#4 kami bangun  refleksi cerita kebersamaan, ada senyum sipu,tawa dan canda dan ada tangis melepas perpisahan dengan peluk sayang dari Crew TL terutama dengan pakdhe Eko dan budhe Yanti. Surprise dari crew TL buket meong tersampaikan pada setiap crew TL MSIB4, sorak tawa haru menerimanya, oooo Kiki kata kak Yayang ,nama kucing kesayangan yang akan ikut serta ke daerah asalnya. Buket meong telah disiapkan oleh Crew TL dalam waktu sehari membuat enam buket meong, hasil praktik nyata dari pelatihan yang diikuti Minggu l

Diferensiasi di Ujian Praktek Relicmandaya

  Pembelajaran diferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar individu, termasuk kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajar mereka. Pendekatan ini memungkinkan guru untuk menggunakan berbagai metode dan strategi untuk memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda di antara siswa.  Terdapat tiga jenis diferensiasi yang dapat diterapkan, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk,  di SMPN 27 Malang  selama empat hari mulai tanggal 29 Januari hingga 1 Febuari 2024 telah dilaksanakan ujian praktek kelas 9 dengan Pendekatan diferensiasi, ini bertujuan untuk menciptakan kesetaraan dalam pembelajaran dan memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan untuk berkembang sesuai dengan potensinya Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat digunakan antara lain 1. Diferensiasi konten: menyediakan materi dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. 2. Diferensiasi proses: tekanan pada bagaimana si