Langsung ke konten utama

Satu Tahun TBM Teras Literasi

 Ranting Literasi

 Ice breaking melatih ketanggkasan dan ingatan

Lokakarya robo edu dari kaleng bekas

 Barisan robot TL siap menebar virus literasi

Potong tumpeng HUT TL ke 1 bersama pak RT.07

Foto Bersama

Hari ini, 
Hari yang kau tunggu,
Bertambah satu tahun usiamu, Bahagilah kamu,
Yang ku beri bukan jam dan cincin,
Bukan seikat bunga atau puisi,
Juga kalung hati,
Maaf bukannya  pelit atau ngak mau ngak modal dikit,
Yang aku beri padamu,
Doa setulus hati,
Semoga Tuhan melindungi kamu,
Serta tercapai semua angan dan cita-citamu,
Mudah-mudahan di beri umur panjang,
Sehat selama-lamanya,
Aamiin.
     Ini adalah syair lagu band Jamrud. Yang di putar di TBM TL pada hari ini Minggu 23 Februari 2019, tepat satu tahun umur TL.           
     Sebelum acara dimulai anak2 TL menulis tentang apa yang seru di TL di note love yang kemudian di ikatkan di ranting literasi (kumpulan dari ranting2 pohon yang diletakkan di pas bunga).
     Seperti biasanya kegiatan TL hari ini dimulai pada jam 08.00 dan di buka oleh Pakde Eko yang di temani oleh crew TL, untuk doa pembukaan dipimpin oleh Febi dan yel2 serta menyanyikan lagu TL di pimpin oleh Devira. 
     Acara selanjutnya adalah senam dua jari yang dilakukan bersama-sama yang dipimpin oleh Shela dan Sofi. Setelah senam dua jari acara dilanjutkan dengan ice breaking "gerakan angka 12345" dengan tujuan melatih ketangkasan dan ingatan anak2 TL. 
     Alhamdullillah setelah ice breaking anak2 TL melanjutkan kegiatannya dengan membuat "ROBOEDU", yaitu robot yang dibuat dengan memanfaatkan kaleng bekas minuman yang dipandu oleh Mas Hikmawan dan Mbak Tia dari Club Roboedu kota Malang.  Pertama2 disiapkan media  dengan berbagai macam karakter yang telah dipilih, kemudian di rakit menjadi robot sederhana yang bisa jalan sendiri. Lebih dari satu jam anak2 TL merakit robot dengan teknis pembuatan di bagi kelompok. Masing2 kelompok terdiri dari 3 anak dan tiap  kelompok membuat satu robot. "Luar biasa kegiatannya" itu yang terucap oleh mas Hikmawan waktu memberikan pesan dan kesannya setelah kegiatan merakit robot selesai. 
     Tidak hanya dari team Roboedu hari ini TL juga kedatangan tamu 2 mahasiswa UB (Universitas Brawijawa), Pak Rukhan dari FKTBM (GO READ), Pak Fahmi dari SMKN 4 Kota Malang dan beberapa warga RT 07.
     Hari ini kegiatan TL tidak seperti biasanya karena hari ini kegiatan TL diakhiri tepat pukul 11.00. Setelah kegiatan membuat robot selesai  kegiatan di lanjutkan dengan  acara tasyakuran memperingati satu tahun berdirinya  TL. "Selalu semangat meskipun waktu yang digunakan tersita untuk kegiatan TL" ini adalah bagian dari sambutan Bapak ketua RT 07 Perum PNS Lesanpuro. Acara selanjutnya adalah doa yang dipimpin oleh Bapak Joko Wiyono dengan salah satu isi doanya semoga kegiatan TL kedepannya lebih berinovasi  dan bermanfaat bagi anak bangsa. Aamiin.
     Acara di lanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh pak RT yang kemudian di serahkan ke pada Pakdhe Eko dan makan nasi tumpeng bersama oleh anak2 TL dan warga yang hadir.
     Tepat pukul 11.00 sebelum kegiatan diakhiri,  crew TL membagikan angket untuk orang tua anak2 TL. Angket ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana manfaat kegiatan TL terhadap prestasi anak2 TL di sekolahan. Akhirnya dengan doa penutup yang di pimpin oleh Ronald kegiatan TL hari ini ditutup. Seperti biasa kegiatan dilanjutkan dengan foto bersama dan pengambilan film  yel2 TL.

By Crew TL

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lepas rindu crew TL

  Kau Datang Dalam Aksi MSIB #4 M asa S ejenak I de B ersama Kata orang kita  G I L A, kita memang G I L A G iat I de L anjut A ksi Selalu ada dimanapun dan untuk siapapun Saat itu ada informasi untukku Ku terima ada koordinasi dulu Namun aku bingung kenapa ke aku Apa karena ada ikatan atau hanya kebetulan Ya .. aku yang saat ini bisa membantu mu Aku, Kau, dan Kita bisa menyatu Walau kau berasal dari daerah jauh   Aku hanya mendengar dan tak tau tentangmu Dunia baru yang hadirkan sebuah rasa bagiku Begitu ceria dan penuh warna Hingga pahitnya terbang entah kemana Siapa kau dan kau sebenarnya Pikirku terus menerka-nerka Akhirnya aku tahu dari perkenalanmu Waktuku habis bersamamu Tapi lama baru ku tahu Ada cerita ada gembira ada haru Ada gaya ada pesona ada lemah Ada gerak ada proses ada lambat Ada respon ada tanggap ada acuh Semua ada sebagai bumbu bersama Beberapa bulan kau dan aku alami itu Memantapkan asa untuk satu tujuan  Meski ku tahu keras kepalamu itu Tak pernah rendahkan ego

Meong Literasi di pisah kenang MSIB#4

  Aksi asik malam ini crew TL berkunjung ke acara pelepasan mahasiswa magang MSIB #4 RBA_Kampus Merdeka Kemenristek bertempat di obyek wisata Wonosari kebun teh Lawang. Tepat jam 16.30 wib crew TL Sampai dilokasi,melihat semua mahasiswa magang Independen Bersertifikat sedang berkegiatan kolaborasi dengan penempatan daerah lain di Aula wisata. Crew TL menunggu sambil menikmati pemandangan kebun teh Wonosari Lawang hingga jam istirahat isoma, crew TL hampiri lagi crew TL MSIB#4 kami bangun  refleksi cerita kebersamaan, ada senyum sipu,tawa dan canda dan ada tangis melepas perpisahan dengan peluk sayang dari Crew TL terutama dengan pakdhe Eko dan budhe Yanti. Surprise dari crew TL buket meong tersampaikan pada setiap crew TL MSIB4, sorak tawa haru menerimanya, oooo Kiki kata kak Yayang ,nama kucing kesayangan yang akan ikut serta ke daerah asalnya. Buket meong telah disiapkan oleh Crew TL dalam waktu sehari membuat enam buket meong, hasil praktik nyata dari pelatihan yang diikuti Minggu l

Diferensiasi di Ujian Praktek Relicmandaya

  Pembelajaran diferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar individu, termasuk kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajar mereka. Pendekatan ini memungkinkan guru untuk menggunakan berbagai metode dan strategi untuk memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda di antara siswa.  Terdapat tiga jenis diferensiasi yang dapat diterapkan, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk,  di SMPN 27 Malang  selama empat hari mulai tanggal 29 Januari hingga 1 Febuari 2024 telah dilaksanakan ujian praktek kelas 9 dengan Pendekatan diferensiasi, ini bertujuan untuk menciptakan kesetaraan dalam pembelajaran dan memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan untuk berkembang sesuai dengan potensinya Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat digunakan antara lain 1. Diferensiasi konten: menyediakan materi dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. 2. Diferensiasi proses: tekanan pada bagaimana si