Langsung ke konten utama

AKM ANBK P27

 



Senin,Selasa tanggal 19 sampai dengan 20 September 2022 aksi AKM ANBK dilaksanakan di SMPN 27 Malang.

Ada 50 murid kelas VIII mengikuti, data peserta yang turun langsung dari Kementerian. Pengkondisian persiapan dilakukan bersama semua guru, murid dan orang tua. 

Menu kue dan minuman pagi tersedia untuk peserta, wajah ceria dan bahagia tampak pada peserta. Tim panitia bersama dalam tugas masing-masing. 

Aksi ini ada satu sesi dengan pengawas silang AKM ANBK tiga orang  bpk ibu guru dari SMPN 22 Malang.

Kegiatan ANBK tujuannya adalah 

1. mengukur literasi membaca dan matematika (numerasi) murid. 

2. Survei Karakter yang mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter murid.  

3. Survei Lingkungan Belajar yang mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun tingkat satuan pendidikan.

Aksi Manfaatnya

1. Referensi utama sebagai dasar analisis, perencanaan dan tindak lanjut peningkatan kualitas pendidikan.

2. Satu-satunya platform untuk merujuk hasil Asesmen Nasional.

3. Sumber data yang objektif dan andal, laporan disajikan secara otomatis dan terintegrasi.

4. Instrumen pengukuran untuk evaluasi sistem pendidikan secara keseluruhan baik untuk evaluasi internal maupun eksternal.

Ada beberapa kendala aksi di P27;

Belum punya ruangan laboratorium yang layak sehingga dengan luas ruangan kelas yang terbatas telah menampung 50 peserta , tiga pengawas ruang serta proktor . Dengan demikian ruangan terasa panas dan tidak nyaman menimbulkan perilaku murid kurang konsentrasi, jenuh berada di dalam ruangan dan ingin cepat mengakhiri AKM meskipun belum waktunya log out. Namun karena pendampingan arahan semua tim peserta bisa melaluinya.

Aksi Solusi yang dilakukan ;

Mengaktifkan ac dan meningkatkan suhu dingin dalam ruangan sehingga mengurangi rasa panas dalam ruangan

Harapan dalam tahun depan kegiatan AKM ANBK ada tambahan ruang baru 



SW_20-9-2022


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lepas rindu crew TL

  Kau Datang Dalam Aksi MSIB #4 M asa S ejenak I de B ersama Kata orang kita  G I L A, kita memang G I L A G iat I de L anjut A ksi Selalu ada dimanapun dan untuk siapapun Saat itu ada informasi untukku Ku terima ada koordinasi dulu Namun aku bingung kenapa ke aku Apa karena ada ikatan atau hanya kebetulan Ya .. aku yang saat ini bisa membantu mu Aku, Kau, dan Kita bisa menyatu Walau kau berasal dari daerah jauh   Aku hanya mendengar dan tak tau tentangmu Dunia baru yang hadirkan sebuah rasa bagiku Begitu ceria dan penuh warna Hingga pahitnya terbang entah kemana Siapa kau dan kau sebenarnya Pikirku terus menerka-nerka Akhirnya aku tahu dari perkenalanmu Waktuku habis bersamamu Tapi lama baru ku tahu Ada cerita ada gembira ada haru Ada gaya ada pesona ada lemah Ada gerak ada proses ada lambat Ada respon ada tanggap ada acuh Semua ada sebagai bumbu bersama Beberapa bulan kau dan aku alami itu Memantapkan asa untuk satu tujuan  Meski ku tahu keras kepalamu itu Tak pernah rendahkan ego

Meong Literasi di pisah kenang MSIB#4

  Aksi asik malam ini crew TL berkunjung ke acara pelepasan mahasiswa magang MSIB #4 RBA_Kampus Merdeka Kemenristek bertempat di obyek wisata Wonosari kebun teh Lawang. Tepat jam 16.30 wib crew TL Sampai dilokasi,melihat semua mahasiswa magang Independen Bersertifikat sedang berkegiatan kolaborasi dengan penempatan daerah lain di Aula wisata. Crew TL menunggu sambil menikmati pemandangan kebun teh Wonosari Lawang hingga jam istirahat isoma, crew TL hampiri lagi crew TL MSIB#4 kami bangun  refleksi cerita kebersamaan, ada senyum sipu,tawa dan canda dan ada tangis melepas perpisahan dengan peluk sayang dari Crew TL terutama dengan pakdhe Eko dan budhe Yanti. Surprise dari crew TL buket meong tersampaikan pada setiap crew TL MSIB4, sorak tawa haru menerimanya, oooo Kiki kata kak Yayang ,nama kucing kesayangan yang akan ikut serta ke daerah asalnya. Buket meong telah disiapkan oleh Crew TL dalam waktu sehari membuat enam buket meong, hasil praktik nyata dari pelatihan yang diikuti Minggu l

Diferensiasi di Ujian Praktek Relicmandaya

  Pembelajaran diferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar individu, termasuk kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajar mereka. Pendekatan ini memungkinkan guru untuk menggunakan berbagai metode dan strategi untuk memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda di antara siswa.  Terdapat tiga jenis diferensiasi yang dapat diterapkan, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk,  di SMPN 27 Malang  selama empat hari mulai tanggal 29 Januari hingga 1 Febuari 2024 telah dilaksanakan ujian praktek kelas 9 dengan Pendekatan diferensiasi, ini bertujuan untuk menciptakan kesetaraan dalam pembelajaran dan memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan untuk berkembang sesuai dengan potensinya Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat digunakan antara lain 1. Diferensiasi konten: menyediakan materi dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. 2. Diferensiasi proses: tekanan pada bagaimana si