Langsung ke konten utama

AKM ANBK P27

 



Senin,Selasa tanggal 19 sampai dengan 20 September 2022 aksi AKM ANBK dilaksanakan di SMPN 27 Malang.

Ada 50 murid kelas VIII mengikuti, data peserta yang turun langsung dari Kementerian. Pengkondisian persiapan dilakukan bersama semua guru, murid dan orang tua. 

Menu kue dan minuman pagi tersedia untuk peserta, wajah ceria dan bahagia tampak pada peserta. Tim panitia bersama dalam tugas masing-masing. 

Aksi ini ada satu sesi dengan pengawas silang AKM ANBK tiga orang  bpk ibu guru dari SMPN 22 Malang.

Kegiatan ANBK tujuannya adalah 

1. mengukur literasi membaca dan matematika (numerasi) murid. 

2. Survei Karakter yang mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter murid.  

3. Survei Lingkungan Belajar yang mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun tingkat satuan pendidikan.

Aksi Manfaatnya

1. Referensi utama sebagai dasar analisis, perencanaan dan tindak lanjut peningkatan kualitas pendidikan.

2. Satu-satunya platform untuk merujuk hasil Asesmen Nasional.

3. Sumber data yang objektif dan andal, laporan disajikan secara otomatis dan terintegrasi.

4. Instrumen pengukuran untuk evaluasi sistem pendidikan secara keseluruhan baik untuk evaluasi internal maupun eksternal.

Ada beberapa kendala aksi di P27;

Belum punya ruangan laboratorium yang layak sehingga dengan luas ruangan kelas yang terbatas telah menampung 50 peserta , tiga pengawas ruang serta proktor . Dengan demikian ruangan terasa panas dan tidak nyaman menimbulkan perilaku murid kurang konsentrasi, jenuh berada di dalam ruangan dan ingin cepat mengakhiri AKM meskipun belum waktunya log out. Namun karena pendampingan arahan semua tim peserta bisa melaluinya.

Aksi Solusi yang dilakukan ;

Mengaktifkan ac dan meningkatkan suhu dingin dalam ruangan sehingga mengurangi rasa panas dalam ruangan

Harapan dalam tahun depan kegiatan AKM ANBK ada tambahan ruang baru 



SW_20-9-2022


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diferensiasi di Ujian Praktek Relicmandaya

  Pembelajaran diferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar individu, termasuk kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajar mereka. Pendekatan ini memungkinkan guru untuk menggunakan berbagai metode dan strategi untuk memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda di antara siswa.  Terdapat tiga jenis diferensiasi yang dapat diterapkan, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk,  di SMPN 27 Malang  selama empat hari mulai tanggal 29 Januari hingga 1 Febuari 2024 telah dilaksanakan ujian praktek kelas 9 dengan Pendekatan diferensiasi, ini bertujuan untuk menciptakan kesetaraan dalam pembelajaran dan memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan untuk berkembang sesuai dengan potensinya Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat digunakan antara lain 1. Diferensiasi konten: menyediakan materi dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. 2. Diferensiasi proses: tekana...

LATSOL IPS VIII BAB III

  BAB III KEUNGGULAN DAN KETERBATASAN ANTARARUANGPENGARUHNYA TERHADAP KEGIATAN EKONOMI,SOSIAL,BUDAYA DI INDONESIA DAN ASEAN 3.3. Menganalisis keunggulan   dan keterbatasan ruang dalam permintaan  dan penawaran, teknologi sertapengaruhnya terhadap interaksi antar ruang bagi kegiatan ekonomi, sosial, budaya, di Indonesia dan negara-negara ASEAN. JAWABLAH DENGAN TEPAT DAN BENAR  ( silakan jawab di kolom komentar, beri nama, kelas dan no absensi ) 1.    Daerah berikut yang memiliki keunggulan komparatif pada barang-barang industri adalah .... A. Sumatera B. Jawa C. Kalimantan D. Papua   2.    Tingkat permintaan barang dan jasa masyarakat di pedesaan cenderung lebih sedikit dibandingkan dengan masyarakat di perkotaan. Cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan permintaan masyarakat pedesaan terhadap barang dan jasa adalah .... A. mengirimkan tenaga penyuluh dalam upaya meningkatkan hasil pertanian B. memberikan bantuan langsung ...

Mengapa Ada TL

  Mengapa ada taman bacaan masyarakat? Taman Bacaan Masyarakat (TBM) sebagai sumber informasi sangat berperan penting dalam menciptakan masyarakat yang literasi karena berfungsi sebagai sumber informasi ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan menunjang pelaksanaan pembangunan nasional dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Mengapa ada TBM Teras Tegal Literasi? TBM ( taman bacaan masyarakat ) Teras Tegal Literasi bisa dikategorikan sebagai perpustakaan masyarakat karena sasaran utamanya adalah warga masyarakat,  TBM TL hadir sebagai tempat baca yang asik untuk rekreasi tipis-tipis,mengapa? Yaa...karena  dengan suasana yang sederhana dan lebih fleksibel,TBM  Teras Literasi ( TL ) terbuka bagi siapa saja yang mau memanfaatkannya. TBM  TL didesain layaknya taman yang sarat dengan kehangatan susasana keluarga yang berada di lingkup perumahan dikelilingi perkampungan yang asri. Sehingga yang didapatkan oleh orang yang berku...