Langsung ke konten utama

Merangkai Huruf


Ice breaking

Merangkai huruf


Menghitung koin

Foto bersama

      Seperti biasa kegiatan TBM TL dimulai jam 08.00 acara dibuka oleh Budhe Yanti di temani Pakdhe Eko, kakak Inayah, kakak Shafiyah, anak-anak TL yang hadir 22 anak dan Bu RW 05. Kegiatan hari ini dibuka dengan membaca surat Al-fatihah bersama-sama, yel-yel TL dan ice breaking. Yang pertama adalah lima sikap tegap, Tangkal tangan Upin Ipin, menyebutkan lima nama sahabat dan yang terakhir menyebutkan salah satu kegiatan yang sudah dilaksanakan di TBM TL.
      Kegiatan TBM TL hari ini adalah dimulai dengan menjumlah nilai uang koin dan menyusun huruf yang di jadikan kalimat. Kegiatan hari ini juga dalam rangka memperingati hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Mei. Adapun huruf yang di susun menjadi kalimat "Menguatkan Pendidikan dan Memajukan Kebudayaan", ini merupakan tema yang digunakan untuk memperingati hari pendidikan Nasional.
      Hampir 30 menit kegiatan ini berlangsung, dengan kreteria penyusunan hurufnya adalah kecepatan dan kerapian dalam penyusunan. Masing-masing kelompok terdiri dari dua anak.   
       Setelah selesai menyusun huruf kelompok yang tercepat akan mendapatkan giliran pertama mengambil gantungan kunci oleh-oleh Pakdhe Eko dari Jakarta.Sangat antusias dan senang sekali anak-anak menerima mengambilnya sesuai model yang mereka inginkan. 
       Tepat pukul 10.00 wib kegiatan selesai dan di tutup oleh Pakdhe Eko sekaligus memberikan informasi selama bulan puasa kegiatan TL di laksanakan pada jam 16.00 wib sampai dengan jam 17.00 wib berkegiatan ringan tema rahmadan dan pembagian takjil. Tidak lupa kegiatan foto bersama dan pengambilan vidio pendek yel-yel TL."anak TL menguatkan pendidikan memajukan kebudayaan". 
      Ada yang menarik dalam kegiatan hari ini, ditengah-tengah pengambilan Foto dan Vidio ada abang yang jualan es cream Campina. Dengan semangat Pakde Eko memanggil abang es cream untuk beli es cream. Dan kegiatan hari ini di akhiri dengan makan es cream Campina bersama-sama. "Waaa...aku ngak bawa uang   pakdhe? kata Edo sambil memegang tangan pakdhe Eko". Pakdhe Eko yang traktir silakan pilih es cream yang disuka, kata pakdhe Eko. Hari ini semua anak TL sangat gembira.

By Eko W

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LATSOL IPS VIII BAB III

  BAB III KEUNGGULAN DAN KETERBATASAN ANTARARUANGPENGARUHNYA TERHADAP KEGIATAN EKONOMI,SOSIAL,BUDAYA DI INDONESIA DAN ASEAN 3.3. Menganalisis keunggulan   dan keterbatasan ruang dalam permintaan  dan penawaran, teknologi sertapengaruhnya terhadap interaksi antar ruang bagi kegiatan ekonomi, sosial, budaya, di Indonesia dan negara-negara ASEAN. JAWABLAH DENGAN TEPAT DAN BENAR  ( silakan jawab di kolom komentar, beri nama, kelas dan no absensi ) 1.    Daerah berikut yang memiliki keunggulan komparatif pada barang-barang industri adalah .... A. Sumatera B. Jawa C. Kalimantan D. Papua   2.    Tingkat permintaan barang dan jasa masyarakat di pedesaan cenderung lebih sedikit dibandingkan dengan masyarakat di perkotaan. Cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan permintaan masyarakat pedesaan terhadap barang dan jasa adalah .... A. mengirimkan tenaga penyuluh dalam upaya meningkatkan hasil pertanian B. memberikan bantuan langsung ...

Diferensiasi di Ujian Praktek Relicmandaya

  Pembelajaran diferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar individu, termasuk kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajar mereka. Pendekatan ini memungkinkan guru untuk menggunakan berbagai metode dan strategi untuk memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda di antara siswa.  Terdapat tiga jenis diferensiasi yang dapat diterapkan, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk,  di SMPN 27 Malang  selama empat hari mulai tanggal 29 Januari hingga 1 Febuari 2024 telah dilaksanakan ujian praktek kelas 9 dengan Pendekatan diferensiasi, ini bertujuan untuk menciptakan kesetaraan dalam pembelajaran dan memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan untuk berkembang sesuai dengan potensinya Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat digunakan antara lain 1. Diferensiasi konten: menyediakan materi dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. 2. Diferensiasi proses: tekana...

Mengapa Ada TL

  Mengapa ada taman bacaan masyarakat? Taman Bacaan Masyarakat (TBM) sebagai sumber informasi sangat berperan penting dalam menciptakan masyarakat yang literasi karena berfungsi sebagai sumber informasi ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan menunjang pelaksanaan pembangunan nasional dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Mengapa ada TBM Teras Tegal Literasi? TBM ( taman bacaan masyarakat ) Teras Tegal Literasi bisa dikategorikan sebagai perpustakaan masyarakat karena sasaran utamanya adalah warga masyarakat,  TBM TL hadir sebagai tempat baca yang asik untuk rekreasi tipis-tipis,mengapa? Yaa...karena  dengan suasana yang sederhana dan lebih fleksibel,TBM  Teras Literasi ( TL ) terbuka bagi siapa saja yang mau memanfaatkannya. TBM  TL didesain layaknya taman yang sarat dengan kehangatan susasana keluarga yang berada di lingkup perumahan dikelilingi perkampungan yang asri. Sehingga yang didapatkan oleh orang yang berku...