Langsung ke konten utama

Kajian Ramadhan




      Cerita Minggu 26 Mei 2019 dimulai jam 06.30 wib  sewaktu Pakdhe Eko perjalanan dari Malang menuju ke  kota Sidoarjo untuk menghadiri cara di PCM Sepanjang.  Acaranya sendiri adalah kajian Ramadhan dengan salah satu materinya adalah Pedoman Hidup Warga Muhammadiyah. Acaranya di mulai jam 08.00 wib sampai dengan 17.00 wib  ( waktu berbuka puasa ). Pakdhe Eko sendiri tidak bisa mengikuti sampai acara selesai, sehabis  menunaikan sholat dhuhur berjamaah Pakdhe Eko pulang ke Malang. Karena jam 16.00 wib ada kegiatan rutin di TL.
      Tepat pukul 14.15 wib Pakdhe Eko baru sampai rumah (TBM TL). Belum sempat Pakdhe Eko ganti baju ada sekitar 7 anak-anak TL yang datang untuk berkegiatan, mereka membaca dan bermain puszel, padahal kegiatan rutin selama bulan Ramadhan ini mulai dilakukan pada pukul 16.00 wib. Alhamdulillah antusias sekali anak-anak TL untuk berkegiatan memang tinggi.
      Tepat pukul 16.00 wib kegiatan TL dibuka oleh Pakdhe Eko yang di temani crew TL dengan doa dipimpin oleh Zainudin. Seperti biasa kegiatan TL hari ini di mulai dengan ec  breaking lima sikap tegap, tangkap upin ipin dan melatih konsentrasi dengan mengukur panjang tangan kanan  yang di pimpin budhe Yanti. Dengan acara utama adalah membuat ring-sebanyak banyaknya dari kertas bekas yang nanti dirangkai menjadi keranjang serbaguna."'pemanfaatan kertas yg tidak terpakai dan mengurangi sampah kertas kata budhe."
      Ditengah-tengah kegiatan berlangsung ada tamu dari orang tua anak TL Andre dan Putri, beliaunya mengantar es dawet untuk dibagikan kepada anak-anak TL yang hadir untuk menu berbuka nantinya."Terima kasih pak dan bu Jimmy" kata anak-anak TL serentak   (indahnya berbagi).
      Hampir satu jam anak-anak sibuk mengulung kertas untuk dijadikan ring. Tepat pukul 17.00 wib kegiatan TL diakhiri dan ditutup oleh Pakdhe Eko dengan doa penutup dipimpin Edo. Tapi sebelumnya Pakdhe Eko memberikan informasi kalau kegiatan TL libur hari raya Idul Fitri 1440 H pada hari Minggu tanggal 2 dan 10 Juni 2019. Tetapi anak TL yang ingin pinjam buku tetap bisa setiap saat. Setelah penutupan acara dilanjutkan dengan foto dan pengambilan vidio yel-yel bersama-sama, tidak lupa pembagian takjil untuk anak-anak TL dan tetangga TL.

By crew TL

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LATSOL IPS VIII BAB III

  BAB III KEUNGGULAN DAN KETERBATASAN ANTARARUANGPENGARUHNYA TERHADAP KEGIATAN EKONOMI,SOSIAL,BUDAYA DI INDONESIA DAN ASEAN 3.3. Menganalisis keunggulan   dan keterbatasan ruang dalam permintaan  dan penawaran, teknologi sertapengaruhnya terhadap interaksi antar ruang bagi kegiatan ekonomi, sosial, budaya, di Indonesia dan negara-negara ASEAN. JAWABLAH DENGAN TEPAT DAN BENAR  ( silakan jawab di kolom komentar, beri nama, kelas dan no absensi ) 1.    Daerah berikut yang memiliki keunggulan komparatif pada barang-barang industri adalah .... A. Sumatera B. Jawa C. Kalimantan D. Papua   2.    Tingkat permintaan barang dan jasa masyarakat di pedesaan cenderung lebih sedikit dibandingkan dengan masyarakat di perkotaan. Cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan permintaan masyarakat pedesaan terhadap barang dan jasa adalah .... A. mengirimkan tenaga penyuluh dalam upaya meningkatkan hasil pertanian B. memberikan bantuan langsung ...

Diferensiasi di Ujian Praktek Relicmandaya

  Pembelajaran diferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar individu, termasuk kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajar mereka. Pendekatan ini memungkinkan guru untuk menggunakan berbagai metode dan strategi untuk memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda di antara siswa.  Terdapat tiga jenis diferensiasi yang dapat diterapkan, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk,  di SMPN 27 Malang  selama empat hari mulai tanggal 29 Januari hingga 1 Febuari 2024 telah dilaksanakan ujian praktek kelas 9 dengan Pendekatan diferensiasi, ini bertujuan untuk menciptakan kesetaraan dalam pembelajaran dan memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan untuk berkembang sesuai dengan potensinya Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat digunakan antara lain 1. Diferensiasi konten: menyediakan materi dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. 2. Diferensiasi proses: tekana...

Mengapa Ada TL

  Mengapa ada taman bacaan masyarakat? Taman Bacaan Masyarakat (TBM) sebagai sumber informasi sangat berperan penting dalam menciptakan masyarakat yang literasi karena berfungsi sebagai sumber informasi ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan menunjang pelaksanaan pembangunan nasional dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Mengapa ada TBM Teras Tegal Literasi? TBM ( taman bacaan masyarakat ) Teras Tegal Literasi bisa dikategorikan sebagai perpustakaan masyarakat karena sasaran utamanya adalah warga masyarakat,  TBM TL hadir sebagai tempat baca yang asik untuk rekreasi tipis-tipis,mengapa? Yaa...karena  dengan suasana yang sederhana dan lebih fleksibel,TBM  Teras Literasi ( TL ) terbuka bagi siapa saja yang mau memanfaatkannya. TBM  TL didesain layaknya taman yang sarat dengan kehangatan susasana keluarga yang berada di lingkup perumahan dikelilingi perkampungan yang asri. Sehingga yang didapatkan oleh orang yang berku...